Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Sangihe · 18 Mar 2023 06:33 WIB ·

Safari Kegiatan Bupati Kepulauan Sangihe di Akhir Pekan


 Safari Kegiatan Bupati Kepulauan Sangihe di Akhir Pekan Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Diakhir pekan Sabtu, (18/03) Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Silangen Tamuntuan (RST) melaksanakan safari kegiatan di tiga tempat yakni di kampung Petta Timur, Bira dan Mandoi di wilayah Tabukan.

Dimulai di Kampung Petta Timur, Bupati menyerahkan bantuan pasca bencana alam bagi 15 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 12 KK Kampung Petta Timur, 2 KK Kampung Mala dan 1 KK Kampung Kalekube 1, di wilayah Kecamatan Tabukan Utara.

Selain bantuan pangan dan logistik, Bupati juga menyerahkan bantuan berupa karung geobeg di terima langsung oleh Kapitalaung, untuk digunakan sebagai penahan abrasi pantai dan penahan ombak.

Pada kesempatan itu juga, secara simbolis Bupati menyerahkan bantuan Pamboat bagi  lima orang nelayan di Kampung Petta Timur, melalui program pemberdayaan masyarakat desa dari anggaran Dana Desa.

Di Kampung Petta Timur juga di adakan kerja bakti TNI/Polri, BPBD dan masyarakat untuk membuat talud darurat dari pasir yang diisi dalam karung geobeg.

Lanjut ke Kampung Bira Kecamatan Tabukan Tengah. Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan PKK Kampung se Kecamatan Tabukan Tengah, menggelar kegiatan penyerahan bantuan sosial, pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia, pembukaan lomba “Ba Kobong BaTanam” antar Kampung dan kegiatan menanam rica.

Kegiatan PKK tersebut dalam rangka hari kesatuan gerak PKK ke 51 tahun, yang dirangkai dengan kegiatan bakti sosial.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Emita Petahiang, mengatakan berbagai kegiatan yang dilakukan PKK, semata untuk menunjang program Bupati, sehingga terjadi sinergitas antar PKK dan Pemerintah.

“Melalui momentum hari kesatuan gerak PKK ke 51 tahun ini, kami melaksanakan kegiatan bakti sosial yang didalamnya kami mendukung program Bupati” ujar Petahiang.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK, sangat membantu Pemerintah, “Kami patut mengapresiasi terobosan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten maupun Kecamatan yang boleh menghadirkan kegiatan yang luar biasa ini” ungkap Bupati.

Sebelum bertolak ke Kampung Mandoi, Bupati menyempatkan diri untuk menanam bersama PKK sebagai bagian dukungan Progran PKK mendukung program Bupati “Mahie Mesuang”.

Tiba di Kampung Mandoi, Bupati disambut secara adat, nampak keceriaan terpancar di wajah masyarakat yang telah menunggu kehadiran orang nomor satu di Sangihe itu.

Di Mandoi, kegiatan yang dilaksanakan yakni peresmian Balai Kampung dan HUT Kampung ke 56 tahun, dilaksanakan di balai Kampung.

Bupati diminta menggunting pita sebagai tanda Balai Kampung telah resmi dan akan di gunakan untuk pelayanan bagi masyarakat. Setelah itu, Bupati memantau bangunan dua lantai itu, di lantai dua dijadikan kantor.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasinya bagi Kapitalaung yang boleh menggagas terbangunnya proyek yang di biayai dari dana Desa tersebut dengan nilai kurang lebih 900 juta.

“Ini pencapaian luar biasa dari Kapitalaung dan masyarakat, kurang lebih 3 tahun membangun bangunan representatif bagi kepentingan masyarakat, kami menyampaikan apresiasi untuk capaian ini” terang Tamuntuan.

Lanjut Bupati, bahwa apa yang di capai oleh Kapitalaung Mandoi kiranya menjadi motivasi bagi para Kapitalaung lainnya termasuk Dinas PMD agar bisa membangun Kantor yang representatif juga.

Mengahiri sambutannya Bupati, menyampaikan selamat HUT bagi Kampung Mandoi dan ia menyerahkan diakonia bagi panitia HUT dan peresmian Balai Kampung, di terima langsung oleh Kapitalaung, Azarya Frangky Areba.

Malamnya, Bupati masih melaksanakan kegiatan pemantauan kesiapan bakti sosial di wilayah perbatasan mengunakan kapal. Bupati tiba di pelabuhan Nusantara Tahuna, menuju KRI Kakap 811, di terima oleh Mayor Laut (P) Yacob Tri Raharjo sebagai pimpinan di kapal perang itu.

Bupati berdialog sambil melihat fasilitas kapal.

Kegiatan terakhir Bupati yakni Malam Bacirita Deng Menko Polhukam Mahmud MD, via zoom yang di ikuti oleh seluruh Kepala Daerah se Sulawesi Utara.

Kegiatan tersebut dalam rangka kunjungan kerja Menko Polhukam di wilayah Sulawesi Utara dengan tema “Menjaga Harmoni Kebhinnekan Untuk Mewujudkan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang Demokratis”.

Bupati di dampingi Asisten I dan kepala Kesbangpol mengikuti zoom meeting di ruangan serbaguna rumah dinas Bupati. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 76 kali

Baca Lainnya

Opo Manossoh Resmi Mendaftar di Gerindra dan Perindo

25 May 2024 - 23:03 WIB

KPU Sangihe Laksanakan Media Gathering

24 May 2024 - 11:13 WIB

Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

23 May 2024 - 20:00 WIB

Tamuntuan Kunker di Tabteng Bawa Bantuan

16 May 2024 - 20:14 WIB

Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

10 May 2024 - 20:26 WIB

UPP Kelas II Tahuna, Siap Benahi Ruang Tunggu Pelabuhan Kahakitang

30 April 2024 - 22:49 WIB

Trending di Sangihe