Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Kesehatan · 23 Jun 2023 18:39 WIB ·

RS Mata Sulut Setiap Hari Melayani 400 Pasien, 30 Diantaranya Oprasi Mata


 Foto - Erna Egetan .S.Pd .M.Kes .Ners Sekretaris Rumah Sakit Mata Sulut Perbesar

Foto - Erna Egetan .S.Pd .M.Kes .Ners Sekretaris Rumah Sakit Mata Sulut

Manado, Sulutnews.com – Rumah Sakit Mata ( RSM) milik Pemda Sulut di Kerurahan Pakowa Manado setiap hari melayani pasien antara 300 hinga 400. Dari jumlah tersebut 30 diantaranya dilakukan oprasi mata  baik sakit Retina dan sakit Katarak serta sakit lainnya.

“Jadi mulai meningkat pasien yang kami layani karena RSM dilengkapi peralatan cangih dengan 15 dokter ahli mata berkualitas” kata Sekretaris RSM Sulut Erna Egetan S.Pd. M.Kes Ners kepada Sulutnews.com Jumat (23/6) pekan lalu dikantornya.

Menurut Erna Egetan, pasien yang kami layani itu kan hanya dari warga Kota Manado namun dari berbagai 15 Kabupaten dan Kota. Karena RSM sudah melakukan kerja sama atau sudah ada MOU dengan 15 Kabupaten dan Kota. Bahkan ada juga dari Provinsi tetanga.

Menurut Erna pihaknya juga sudah ada rawat nginap bagi pasien yang jauh. Artinya kalau ada oprasi pasien harus istirahat tidak bisa jalan jauh. Jadi RSM sejak diresmikan oleh Gubernur Olly Dondokambey minta harus tingkatkan pelayanan.

RSM juga menurut Erna Egetan melakukan program jemput bola. Artinya kami menyemput pasien yang jauh tapi miskin dan tidak mampu seperti di Kabupaten Bolmut, Bolsel dan Bolmong lainnya. Sementara dari Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sitaro dan Talaud dari pasien datang langsung. Karena tergantung dana.

Terkait fasilitas sangat baik. Karena Gubernur terus mendorong agar pelayanan harus lebih baik. Dan fasilitas peralatan kesehatan semakin lengkap. Untum dokter tidak ada masalah 15 dokter yang ada sangat memadai.

800 Pasien Dari Luar Sulut

Erna Egetan menambahkan karena semakin baik pelayanan ada sekitar 800 pasien dari luar Peovinsi Sulut yang datang berobat tahun 2022 lalu di RSM Sulut. Pasien tersebut dari Provinsi Gorontalo, Maluku Utara , Sulawesi Tengah dan daerah lainnya. RSM memang diharapkan menjadi rujukan bagi pasien dari luar Sulut. ” Jadi kami sangat siap melayani pasien dari mana saja karena kami ingin tetap melayani dengan baik” kata Erna yang juga lebih lima tahun menjadi Sekretaris RSM.

RSM Sulut juga melayani dengan asuransi BPJS.. Jadi tidak ada masalah terkait pengurusan administrasi lewat BPJS. Tidak ada masalah karena kita terus koordinasi dan selama ini klaim BPJS tetap berjalan lancar sehinga tidak ada masalah. (fanny)

Artikel ini telah dibaca 1,340 kali

Baca Lainnya

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya Pimpin Upacara Bendera 17an di Makodam

18 July 2024 - 23:37 WIB

Kabid SMK Dikda Sulut Vecky Pangkerego Kecewa Banyak Kepsek Malas   Ikut  Pertemuan MKKS  Se-Sulut

18 July 2024 - 22:33 WIB

Polda Sulut Gelar Operasi Patuh 2024 Ini Sasarannya

18 July 2024 - 10:04 WIB

Berjalan Lancar Pelaksanaan ” MATSAMA” 400 Siswa Baru di Sekolah MAN Model Manado Pada 15-17 Juli

18 July 2024 - 10:00 WIB

Yulius Selvanus Komaling Resmikan Rumah Pemenangan, Signal Kolisi Gerindra Dan Nasdem Kian Erat

17 July 2024 - 23:57 WIB

Ditresnarkoba Polda Sulut Tangkap Tersangka Pengedar Sabu di Winangun Satu Manado

17 July 2024 - 22:08 WIB

Trending di Hukrim