Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Minut · 19 Jan 2023 06:56 WIB ·

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan


 Foto : Presiden RI Joko Widodo, saat menyapa para tamu, termasuk di antaranya para pelajar SD, SMP, SMA dari berbagai daerah di Sulawesi Utara yang turut hadir, Kamis, 19/01/2023 Perbesar

Foto : Presiden RI Joko Widodo, saat menyapa para tamu, termasuk di antaranya para pelajar SD, SMP, SMA dari berbagai daerah di Sulawesi Utara yang turut hadir, Kamis, 19/01/2023

Minut,Sulutnews.com -Mengawali sambutannya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan beberapa pertanyaan ringan dan membagi-bagikan sepeda kepada masyarakat saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/12023).

Sebelum menyampaikan sambutan dalam peresmian itu, Jokowi menyapa para tamu, termasuk di antaranya para pelajar SD, SMP, SMA dari berbagai daerah di Sulawesi Utara yang turut hadir.

“Anak-anakku semuanya selamat pagi. Sehat semuanya? pagi hari ini kepanasan tidak?,” kata Jokowi menyapa para pelajar.

“Panas,” kata para pelajar.

Jokowi mengatakan dirinya juga kepanasan. Biasanya, kata Jokowi, Manado itu dingin, namun kali ini justru panas.

“Pak Presiden juga panas. Biasanya Manado itu dingin, tapi pagi hari ini panas, tapi panas yang sehat,” ujar Jokowi.

Melanjutkan  sambutannya, Presiden menegaskan bahwa air merupakan kunci dari sejumlah sektor mulai dari pariwisata hingga pertanian. Dengan makin banyak bendungan yang dibangun, Presiden berharap kesejahteraan para petani Indonesia makin membaik.

“Bendungan Kuwil merupakan salah satu proyek bendungan di Sulawesi Utara yang mulai dibangun sejak tahun 2016 dengan nilai investasi mencapai Rp1,9 triliun. Bendungan tersebut, kata Presiden, memiliki kapasitas tampung yang sangat besar yaitu 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektar yang bisa menjadi pembangkit listrik, kemudian mengurangi banjir di Kota Manado dan mengairi pertanian, mestinya yang di bawah yang nanti terairi” ujar Presiden .

“Kapasitas tampung dari bendungan ini sangat besar sekali, 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare yang kurang lebih akan mengairi sawah, bisa untuk pembangkit listrik tanaga mikro hidro 2 x 0,70 mega watt” lanjutnya.

Presiden pun berharap Bendungan Kuwil dapat memberikan manfaat bagi para petani khususnya di Kabupaten Minahasa Utara. Bendungan Kuwil diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian para petani dengan jumlah panen yang lebih tinggi dari biasanya.

“Dengan mengucapkan bismilahi rahmani rahim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, terima kasih wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu, semoga Tuhan memberkati kita semua” ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian Bendungan Kuwil yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan turut hadir Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw, Bupati/Wakil Bupati serta Walikota/Wakil Walikota se Provinsi Sulawesi Utara.(Merson)

Artikel ini telah dibaca 690 kali

Baca Lainnya

Setwan DPRD Sulut Gerak Cepat, Inilah Syarat Kunker Luar Negri Sesuai Kemendagri 59 Tahun 2019

24 February 2024 - 11:08 WIB

Laporkan Hasil Reses, Braien Waworuntu Nyatak Petani Perlu Perhatian Khusus

22 February 2024 - 15:03 WIB

Laporkan Hasil Kinerja Secara Transparan, MJP Dapat Apresiasi

22 February 2024 - 14:37 WIB

Kaesang Pangerap, Dorong MJP Maju Bupati Minahasa Utara

22 February 2024 - 14:25 WIB

Nick Lomban : Komisi II Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

22 February 2024 - 12:23 WIB

Produksi Beras Sulut Turun, Anggota DPRD Sulut Kritisi Kinerja SDA

22 February 2024 - 12:13 WIB

Trending di Sulut