Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Bolmut · 27 Jan 2024 22:20 WIB ·

Musrenbang Desa Sonuo Tahun 2025 Fokus Bangun Tanggul Cegah Bencana Banjir & Sarana Air Bersih


 Musrenbang Desa Sonuo Tahun 2025 Fokus Bangun Tanggul Cegah Bencana Banjir & Sarana Air Bersih Perbesar

Bolmut, Sulutnews.com –  Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) di Desa Sonuo Kecamatan Bolaang Mongondow Utara Tahun 2025 merupakan sebuah forum partisipatif yang melibatkan semua elemen masyarakat desa, seperti warga, pemuda, tokoh adat, dan tokoh agama, untuk membahas dan merumuskan rencana pembangunan desa. Acara ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Desa Sonuo. Sabtu (27/01/2024).

Sambutan Sangadi Sonuo Harsono Puasa mengatakan Musrenbangdes bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan di desa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

“Musrenbangdes dianggap sebagai bentuk demokrasi langsung, dimana masyarakat desa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan terkait pembangunan desa.” ujarnya.

Kepala Seksi Kantor Camat Bolangitang Barat Ny. Talha Mokoalung, SP mewakili Camat, dalam arahannya tentang program penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2024, dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2025, serta keputusan penting menyangkut kehidupan warga desa tidak hanya diputuskan oleh pemerintah desa atau turun dari langit, melainkan  menampung seluruh aspirasi oleh seluruh komponen masyarakat. Apalagi saat ini forum musrembang dihadiri wakil rakyat kita Imran Hulalango dari Komisi II DPRD Bolmut.

“Kegiatan musrenbangdes merupakan agenda rutin tahunan Desa untuk menentukan program pembangunan desa, kegiatan-kegiatan desa dan menentukan penggunaan dana-dana desa, seperti pendapat asli desa (PAD), alokasi dana desa (ADD), dan dana desa (DD), serta anggaran-anggaran lainnya.

Menurut Sangadi Sonuo, dalam program Dana Desa Sonuo 2024 belum ada pos anggaran untuk pembangunan phisik. Dana Desa Sonuo Tahun 2024 Rp. 758.934.000,- Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 442.470.000,- Terdiri dari bantuan langsung tunai, ketahanan pangan, dana operasional pemerintah desa, insetif kelembagaan; untuk kader posyandu, guru TK & PAUD, guru ngaji, dasawisma, pegawai sya’rii, PKK/Pokja, makanan tambahan untuk balita, ibu hamil, lansia, stunting.

Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara dengan jumlah penduduk 1. 619 jiwa, wajib pilih dalam DPT Pemilu 2024 berjumlah 1.257 orang.

Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Sonuo Tahun 2025 dalam forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan desa telah menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.

Musrenbang Desa Sonuo dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM Desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Hasil kesepakatan bersama, ada dua usulan menjadi prioritas dalam Musrenbang Desa Sonuo Tahun 2025 yaitu pertama membangun drainase dan tanggul mencegah banjir tahunan berlokasi di Dusun 1. Prioritas kedua, membangun bak penampung air bersih agar debit air dapat melayani distribusi seluruh kebutuhan air minum masyarakat Sonuo.

Tokoh masyarakat Sonuo Drs. Hi. Toni Talibo mengungkapkan kembali setiap tragedi bencana banjir tahunan melanda Desa Sonuo, puncaknya pada tahun 1995, jalan trans sulawesi tidak dapat dilewati kendaraan bermotor, banyak hewan ternak hanyut terbawa air bandang, kerugian materil tidak dapat dihitung lagi.

“Oleh sebab itu pembangunan drainase dan tanggul penahan bencana banjir menjadi prioritas pertama di Dusun 1, harus menjadi perhatian dari Pemda Bolmut dan Pemprov Sulut, karena setiap banjir tahunan datang, lokasi di belakang rumah warga dusun 1 Desa Sonuo menjadi danau kecil menampung curah air hujan dan air mata warga, karena hantaman banjir masuk ke dalam rumah,” ungkapnya.

Ditambahkannya, setiap paska banjir, bantuan kerusakan rumah penduduk akibat bencana banjir tidak ada ganti rugi dari pemerintah, hanya terlihat para staf teknis dari Dinas PUPR Bolmut dan Balai Sungai PUPR Sulut bolak balik datang bawa meteran, sehingga ia sering bercanda ke petugasnya, apakah meteran tahun lalu tidak sama dengan tahun ini.

Prioritas kedua, menambah volume bak penampungan air bersih di bukit sebagai sumber alami mata air menjadi prioritas guna memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam sanitasi, hal ini pernah ditinjau langsung Pj. Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, apakah akan dibangun tahun 2024 atau menjadi skala prioritas tahun 2025.

Hal lainnya usul dan saran dari peserta musrembang Desa Sonuo, antara lain; dari warga Dusun V, Lantai dasar jembatan gantung mulai kropos rawan putus. Penyebabnya karena jembatan gantung ini telah sering dilalui sepeda motor.

Menurut Sangadi Sonuo, berkurangnya debit air bersih ini karena ulah dari konsumen membiarkan air mengalir bebas karena kran sudah rusak dan ada yang menggunakan air bersih mengairi sawah, ada pembiaran air bersih melalui pipa dibiarkan mengalir sampai jauh. Dampaknya sudah kita rasakan bersama pada musim kemarau kemarin.

Solusinya kita akan buat meteran air.

Ketua BPD Sonuo J.B. Puasa atau sering dipanggil Papa Leti bercanda tentang masalah air bersih; kita bersyukur karena pipa air sudah melewati rumah, airnya nanti menyusul.

Karena periode kepengurusan BUMDES Sonuo telah berakhir, tahun 2024 akan ada pengurus baru, untuk aset penyertaan modal belum ada, tetap melanjutkan usaha awal tentang sewa menyewa kursi plastik, atap seng tetap diteruskan.

Usulan lainnya tentang pelatihan beternak kambing untuk dana pelatihan serta terbentuknya kelompok peternak, serta usulan dari Karang Taruna Sonuo untuk dibuatkan ruang sekretariat.

Bantuan untuk pedagang kuliner antara lain bahan baku, peralatan masak, bantuan modal menjadi perhatian dari Dinas Perindag Bolmut.

Acara Musrenbang Desa Sonuo 2025, diakhiri dengan pesan singkat Babinsa Koramil Bolangitang Candra Talibo tentang stabilitas keamanan. Kesekian kalinya setiap peristiwa pidana dengan penggunaan sejata tajam dipicu dari minuman keras.  Ditegaskan kembali kepada para orangtua dan tokoh masyarakat, mari bersama-sama mencegah anak-anak kita mengkonsumsi miras melalui komunikasi lintas lembaga aparat keamanan. (/Gandhi Goma).

Artikel ini telah dibaca 1,259 kali

Baca Lainnya

Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Kebakaran

18 July 2024 - 09:20 WIB

Kinerja Pantarlih Bolmut Dievaluasi Dalam Tahapan Pilkada Serentak 2024

18 July 2024 - 02:00 WIB

Presiden Joko Widodo Lantik 906 Perwira TNI-Polri Dalam Upacara Praspa 2024

17 July 2024 - 00:02 WIB

Putra Totabuan Capaja Rahmat Caesar Irfandi Monoarfa Menyelesaikan Pendidikan Taruna Tingkat IV/ Sermatutar Akmil 2024

8 July 2024 - 08:06 WIB

Kapolres Bolmut Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

2 July 2024 - 00:50 WIB

Etika Politik Dalam Pilkada Serentak 2024

30 June 2024 - 16:04 WIB

Trending di Bolmut