Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bisnis · 21 Nov 2023 21:18 WIB ·

Mahasiswa Universitas Airlangga Berkunjung ke FIFGROUP Bahas Jenjang Karir Hingga Operasional Bisnis


 Foto : 59 Mahasiswa yang tergabung dalam Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM), Universitas Airlangga (UNAIR) berkunjung ke Menara FIF, Jakarta Selatan, Senin (20/11) dalam program Company Visit. Perbesar

Foto : 59 Mahasiswa yang tergabung dalam Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM), Universitas Airlangga (UNAIR) berkunjung ke Menara FIF, Jakarta Selatan, Senin (20/11) dalam program Company Visit.

Jakarta,Sulutnews.com Dinamika isu politik, ekonomi, sosial, lingkungan, hingga perkembangan teknologi yang terjadi saat ini menuntut para akademisi dan pelajar cepat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui aktivitas company visit atau kunjungan perusahaan sebagai bagian dari cara kalangan akademik dalam mempelajari implementasi nyata pengetahuan yang dipelajari di perkuliahan pada perusahaan dan dunia kerja.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM), Universitas Airlangga (UNAIR) yang belajar mengenai jenjang karir hingga operasional bisnis pembiayaan di PT Federal International Finance (FIFGROUP).

Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia dengan jaringannya yang luas dan tersebar dari Sabang hingga Merauke, FIFGROUP menjadi perusahaan yang memiliki potensi besar dalam menghadapi sejumlah tantangan pada operasional bisnisnya.

Hal itu diungkapkan oleh Human Capital Learning and People Development Department Head FIFGROUP, Dhian Nurvita Halim, dalam sambutannya pada Senin (20/11) yang diselenggarakan di Menara FIF, Jakarta Selatan. Dhian menyebutkan bahwa FIFGROUP dengan umurnya yang sudah mencapai 34 tahun telah melalui berbagai tantangan dan rintangan besar dalam menjalankan roda bisnisnya.

“Di umur yang ke-34 pada tahun ini, FIFGROUP menjadi perusahaan yang tergolong berhasil dalam mempertahankan bisnis dan tetap bertumbuh di tengah perubahan yang terjadi. Mulai dari krisis moneter pada tahun 1998, krisis ekonomi 2008, hingga pandemi Covid-19 yang melanda pada tahun 2020 hingga 2022 lalu. Bahkan pada tahun ini, FIFGROUP memproyeksikan akan mencapai profit melampaui target Rp4 triliun,” kata Dhian.

Dhian menuturkan aktivitas company visit yang dilakukan oleh mahasiswa UNAIR diharapkan dapat membuka cakrawala pengetahuan mereka bagaimana sebuah roda bisnis dijalankan. “Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk cari tahu bagaimana strategi dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis sebuah korporasi hingga menelisik jenjang karir yang ada di dalam perusahaa,” tutur Dhian.

Sesi company tour yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM), Universitas Airlangga (UNAIR) yang sedang mempelajari informasi mengenai overview Business Development dipandu oleh salah seorang karyawan FIFGROUP.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa mempelajari proses bisnis FIFGROUP mulai dari marketing, pengajuan kredit, hingga prosedur penagihan dilakukan pada perusahaan pembiayaan. Hal ini menjadi siklus penting yang dilakukan untuk mempertahankan perusahaan pembiayaan seperti FIFGROUP agar terus bertahan dan bertumbuh. Pentingnya berbagai inovasi yang dapat mendorong efektivitas dan optimalisasi proses juga jadi kunci pembelajaran yang dibagikan kepada mahasiswa pada kegiatan Company Visit tersebut.

Tidak hanya itu, FIFGROUP turut memberikan peluang terbuka bagi mahasiswa untuk belajar bagaimana bekerja secara produktif sehingga dapat mengembangkan karir di FIFGROUP. Mahasiswa diajarkan mengenai program-program rekrutmen yang dihadirkan, mulai dari program magang dengan branding FIFGROUP Internship and Development Program (FRIENDS), program Management Trainee yang ada, hingga beasiswa yang FIFGROUP tawarkan bagi mahasiswa setiap tahunnya.

FRIENDS merupakan program internship atau magang yang diberikan kepada mahasiswa/i tingkat akhir (semester 6-8) yang ingin mencari pengalaman bekerja secara profesional. Untuk program Management Trainee itu sendiri, FIFGROUP memiliki program Management Trainee Head Office yang ditujukan untuk pengembangan karir di kantor pusat dan Branch Management Development Program (BMDP) serta Junior Officer Development Program (JODP) yang diperuntukan untuk pimpinan di Cabang FIFGROUP.

Sedangkan, FIFGROUP Young Leader merupakan program pemberian beasiswa secara finansial dan pengembangan kapasitas kepada mahasiswa semester 5-7 berupa rangkaian development journey dan program magang di FIFGROUP.

Indah Fahmiyah selaku Dosen Pendamping yang hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi pelaksanaan Company Visit yang dilakukan di FIFGROUP. Kegiatan tersebut menjadi bentuk implementasi dari yang dipelajari mahasiswa di dunia perkuliahan. Di antaranya yaitu bertambahnya wawasan mahasiswa mengenai industri pembiayaan, karir, dan juga implementasi pengelolaan big data pada perusahaan pembiayaan, serta memahami secara langsung praktik dunia kerja.

“Kami sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa FTMM UNAIR untuk menambah wawasan tentang dunia kerja sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kami. Kami berharap kegiatan ini juga semakin meningkatkan kerja sama yang baik antara UNAIR dan FIFGROUP, sebagai bentuk implementasi kolaborasi antara Perguruan Tinggi Nasional dengan Perusahaan di Indonesia yang berkelanjutan,” ucap Indah.

Melalui kegiatan ini FIFGROUP berkomitmen untuk memaksimalkan peran dalam mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan  tanggung jawab sosial perusahaan.

Artikel ini telah dibaca 1,026 kali

Baca Lainnya

Dua Dari Tiga Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri

25 February 2024 - 17:50 WIB

Begini Cara SSDM Polri Pulihkan Psikologi Anggota Operasi Damai Cartenz

24 February 2024 - 12:49 WIB

Kadiv Humas Buka Pelatihan Kompetensi Anggota, Tekankan Peran Penting Kehumasan

22 February 2024 - 19:01 WIB

Realisasi Investasi di Sulut Tahun 2023 Mencapai Rp 10,17 Triliun Naik 64 Persen Dibandingkan Tahun 2022

21 February 2024 - 21:45 WIB

Pj Bupati Rote ndao Oder Maks Sombu Sidak Langsung Harga Bahan Pokok di Pasar Busa Langga

21 February 2024 - 12:08 WIB

Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

20 February 2024 - 21:39 WIB

Trending di Jakarta