Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Bisnis · 15 Feb 2024 14:17 WIB ·

Kepala Otoritas Fish Port Gensan Dorong Kerjasama G to G


 Kepala Otoritas Fish Port Gensan Dorong Kerjasama G to G Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Pihak otoritas pelabuhan perikanan Fish Port General Santos (Gensan) Filipina, menyambut baik kerjasama antara Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan Filipina.

Hal itu pun menjadi atensi khusus dari Kepala Otoritas Fish Port Gensan, Mr. Paris Uldarico. Ayon.

Pada pertemuan belum lama ini di kantor Otoritas Fish Port Gensan, di hadiri oleh Koperasi Maming, Glaucos Trading Cotporation, Sea Bell Ship Service Inc (agen Pelayaran) membicarakan kelanjutan kerjasama ekspor Samgihe-Filipina.

Pada kesempatan itu, pihak koperasi Maming di hadiri langsung oleh Hariminggu Sasebohe, Glaucos Trading Cotporation perusahaan milik Manny Pacquiao, dihadiri oleh Ariel K. Sarayo (Executive Director) pihak agen pelayaran Sea Bell Ship Service Inc Uriel B. Librinca, dan petinggi Fish Port Gensan serta wartawan media ini.

Kepala Fish Port Gensan menjelaskan mekanisme di pelabuhan perikanan mereka, ia mengatakan apresiasinya terhadap pemerintah Daerah Sangihe yang sudah menjalin kerjasama, menurut dia Kerjasama tersebut akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Mr. Paris, sapaan akrabnya mendorong agar pihak Pemerintah Daerah Sangihe bisa segera melaksanakan kerjasama G to G atau Government to Government (pemerintah dengan pemerintah) yaitu Bupati Sangihe dengan Mayor Gensan.

“Kami berharap kerjasama ekspor ini di tindak lanjuti dengan kerjasama G to G, sehingga hubungan diplomasi yang sudah terjalin ini akan semakin baik, hal ini tentunya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak” kata Mr. Paris.

Bukan hanya itu, ia berharap kerjasama ini juga bisa terjalin di wilayah Borders Crossing Aggrimen (BCA) yang meliputi wilayah perbatasan Indonesia-Filipina yakni Saranggani, Balut, kecamatan Marore dan Nusa Tabukan.

Menurut Mr. Paris, hubungan diplomasi di bidang ekspor tersebut akan menjadi perekat hubungan Pemerintah Indonesia dan Filipina.

“Harapan saya, kedepannya kerjasama ini akan semakin mempererat hubungan diplomasi antar Indonesia-Filipina” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Silangen Tamuntuan (RST) menyambut baik sinyal kerjasama tersebut, menurut Bupati pihaknya akan segera menyiapkan mekanisme kerjasama dengan pihak Filipina khususnya pemerintah di Gensan City.

“Tentunya hal ini kabar yang sangat baik bagi daerah kita, dimana kegiatan ekspor menjadi gerbang untuk kita bisa menjalin kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah” kata Bupati.

Sementara itu Camat Marore, Marcos Sasiang juga menyambut baik kerjasama tersebut, menurut dia apabila kerjasama di wilayah BCA terbuka lebar dampak positifnya adalah masyarakat perbatasan akan bisa mrlakukan aktifitas ekonomi, hal itu akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan. “Ini kanar baik bagi kami, kami akan berkoordinasi dengan Ibu Bupati sehingga segera kami tindaklanjuti kerjasama tersebut” pungkas Sasiang. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 1,074 kali

Baca Lainnya

Fifgroup Hadir Di Festival Foodies Palembang 2024

14 April 2024 - 22:47 WIB

Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT. Enjeka Ferronusa

10 April 2024 - 09:43 WIB

Kampanye Amal, Maxim Manado Berikan Bantuan Pengganti THR untuk Mitra Driver dan Santunan untuk Panti Asuhan

6 April 2024 - 20:59 WIB

Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat Menang dalam Ajang Corporate Secretary Champion 2024

5 April 2024 - 20:38 WIB

Polnustar Bangun Kemitraan Dengan Sinode GMIST

4 April 2024 - 20:46 WIB

BSG Siapkan Uang Tunai Rp1 Triliun Untuk Kebutuhan Idul Fitri 1445 H 2024 M

3 April 2024 - 22:57 WIB

Trending di Bisnis