Menu

Mode Gelap
Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine HCB Tunaikan Janjinya, 28 Desember 2023, Kick-off UKW PWI Bantuan BUMN Dimulai di Aceh, NTT dan Sulut

Uncategorized · 2 Jan 2023 00:48 WIB ·

Karang Taruna Talaud Apresiasi Penjabat Bupati Sangihe


 Karang Taruna Talaud Apresiasi Penjabat Bupati Sangihe Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Drisant Gumolung, Ketua Karang Taruna Kepulauan Talaud, mengapresiasi Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntua (RST).

Hal itu kata Gumolung dikarenakan sambutan Bupati terhadap “AnaU Banua” atau warga Talaud/Porodisa yang berdomisili di Kabupaten Sangihe, saat mengunjungi Pendopo rumah jabatan Bupati, Selasa (02/01).

Kunjungan komunitas warga juga keturunan Suku Talaud tersebut disambut dengan sukacita oleh Bupati dan suami yang juga Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Fransiscus Andi Silangen.

Warga Talaud membentuk barisan sambil bergoyang mengikuti irama musik. Sementara alat saundsistem di tempatkan pada sebuah truk, kebiasaan tersebut membudaya di masyarakat Talaud saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kami masyarakat maupun keturunan Porodisa di tanah Sangihe mengapresiasi sambutan Bupati bersama Ketua DPRD Provinsi atas keramah tamahan mereka, juga mereka begitu welcome bahkan berjoget bersama kami” kata Gumolung.

Lanjut Gumolung, keakraban warga Talaud dengan Pemerintah Sangihe, patut di apresiasi, apalagi selama ini warga Talaud di Sangihe mendapat perlakuan sama dengan warga Sangihe, tidak ada pengotak-ngotakan.

Jadi kata Gumolung, warga Talaud maupun keturunan Talaud di Sangihe tetap mendukung program Pemerintah Sangihe dan siap berkolaborasi untuk kemajuan Sangihe. Selain itu lanjut dia, meski di rantau mereka tetap mempererat tali persaudaraan dan memupuk terus kebudayaannya.

Kata Bupati, ia sangat welcome kepada siapapun di Sangihe, sesuai dengan adat istiadat dimana suku Sangihe sangat menghormati para pendatang atau tamu, apalagi terjalin kerjasama untuk membangun “Kami tentu menyambut baik siapapun dari manapun” ucap Tamuntuan.

Apalagi di momen Nataru, kata Bupati, rumah jabatan selalu terbuka untuk menyambut masyarakat bertamu atau bersilahturahmi. Selain itu Bupati juga menyampaikan terima kasih atas dukungan warga Talaud maupun keturunan Talaud, selama ini terus mendukung Pemerintah Sangihe.

“Kan bukan hanya warga Talaud ada di Tahuna, kita juga punya warga di Talaud, dimana kita sebagai Pemerintah saling menghargai dan welcome baik di Talaud maupun di Sangihe, ini juga tak lepas dari keterkaitan kultur budaya dan persaudaraan Sangihe dan Talaud” pungkas Tamuntuan.

Diketahui juga, Ketua DPRD Sulut, Frasnsiscus Andi Silangen, masih bagian dari AnaU Banua atau masih memiliki garis keturunan Talaud, tak heran warga Talaud di Sangihe begitu menokohkan Silangen. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 108 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dinilai Berprestasi, Pemkab Mitra Terima Penghargaan K3

7 February 2024 - 15:11 WIB

Pemkab Mitra Anggarkan Rp 2,1 Miliar Untuk SPALD

21 January 2024 - 18:36 WIB

Pj Bupati Mitra Ir Ronald Sorongan Himbau Wajib Pilih Jangan Golput

17 January 2024 - 13:57 WIB

Pulang Kampung, James Sumendap Perkuat Basis Dukungan Menuju Senayan

30 December 2023 - 22:03 WIB

Kecipratan Dana Desa Tambahan, Kampung Apelawo Bangun Sarana Air Bersih

14 December 2023 - 05:38 WIB

Peduli Nelayan Kampung Balirangeng, Antameng Bakal Salurkan 11 Mesin Katinting Berforma Tangguh

12 December 2023 - 03:15 WIB

Trending di Sitaro