Menu

Mode Gelap
Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine HCB Tunaikan Janjinya, 28 Desember 2023, Kick-off UKW PWI Bantuan BUMN Dimulai di Aceh, NTT dan Sulut

Kepolisian · 21 Dec 2022 01:26 WIB ·

Di Bawah Guyuran Hujan, Kapolda Sulut Lantik 261 Bintara Remaja


 Di Bawah Guyuran Hujan, Kapolda Sulut Lantik 261 Bintara Remaja Perbesar

Manado,Sulutnews.com – Di bawah guyuran hujan cukup deras, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melantik secara resmi 261 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II T.A. 2022 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, menjadi anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Pelantikan berlangsung dalam rangkaian upacara penutupan Diktukba Polri Gelombang II T.A. 2022, pada Rabu (21/12) pagi, di lapangan Tribrata SPN Polda Sulut. Ditandai dengan pernyataan penutupan pendidikan, penanggalan pangkat siswa dan pemasangan pangkat efektif secara simbolis oleh Kapolda Sulut kepada perwakilan, dilanjutkan pengambilan sumpah janji anggota Polri.

Dalam upacara penutupan Diktukba sekaligus pelantikan para bintara remaja tersebut, Kapolda Sulut membacakan amanat tertulis Kalemdiklat Polri.

Sementara itu Kapolda Sulut usai kegiatan, mengatakan, upacara penutupan dan pelantikan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh SPN yang ada di Polda-polda se-Indonesia.

“Dan khususnya di Polda Sulut, melaksanakan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 261 siswa yang sekarang sudah menjadi bintara remaja dengan pangkat Bripda, yang sebelumnya mengikuti pendidikan pembentukan selama kurang lebih lima bulan di SPN Polda Sulut,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Menurutnya, pelantikan bintara remaja tersebut merupakan suatu pencapaian yang sangat luar biasa.

“Khususnya kepada mereka (bintara remaja). Setelah melalui tahapan seleksi, kemudian ada pendidikan pembentukan, dan sekarang resmi secara dinas dilantik dengan pangkat Bripda kemudian diambil sumpah janji anggota Polri. Maka selanjutnya mereka siap untuk melaksanakan tugas di seluruh wilayah NKRI,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Informasi diperoleh, dari 261 bintara remaja yang dilantik tersebut, ada yang ditugaskan di Densus 88 dan Baintelkam Polri masing-masing 1 orang, kemudian Polda Kalimantan Timur 15 orang, sedangkan 244 lainnya bertugas di Polda Sulut.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Setyo Budiyanto pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sulut.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sulut mulai dari Pejabat Utama, dan lebih khusus lagi kepada Kepala SPN Polda Sulut, yang sudah mendidik mereka dengan baik selama lima bulan, tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang menonjol, dan dapat melaksanakan kegiatan yang sudah dikurikulumkan dengan tepat waktu,” ucap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dari pendidikan pembentukan tersebut, sambungnya, kemudian menghasilkan para bintara remaja yang diharapkan berkualitas.

“Ada siswa yang mendapat predikat sebagai siswa cendikia, siswa trengginas, dan siswa tertabah. Kemudian harapannya setelah mereka berdinas di Polda Sulut maupun di kesatuan yang lain, semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik terutama dalam memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada seluruh masyarakat, sebagaimana amanat Kalemdiklat Polri,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Usai upacara penutupan dan pelantikan, dilanjutkan dengan beberapa kegiatan hiburan. Berturut-turut yakni, Tari Kabasaran, Masamper, dan Tari Kecak yang dipersembahkan oleh para bintara remaja. Kemudian yel-yel dan diakhiri dengan tradisi sujud syukur serta pertemuan para bintara remaja dengan orang tua maupun keluarga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Wakapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, juga Ketua, Wakil Ketua dan Pengurus Bhayangkari Sulut. (**/ARP)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Realisasi Investasi di Sulut Tahun 2023 Mencapai Rp 10,17 Triliun Naik 64 Persen Dibandingkan Tahun 2022

21 February 2024 - 21:45 WIB

Kepolisian Rote Ndao Serius Tangani Kasus Penganiayaan Kepala Desa Saindule

21 February 2024 - 20:43 WIB

Presiden Joko Widodo Kunker Ke Sulut Pada 24 Pebruari 2024

21 February 2024 - 12:21 WIB

Bermasalah!! 4 TPS di Sulut Kembali Lakukan PSU

21 February 2024 - 08:20 WIB

Dianggap Bertanggungjawab Atas Dugaan Kecurangan Pemilu,Koalisi Masyarakat Sulut Pro Demokrasi,Tuntut Presiden Jokowi Turun Tahkta,

19 February 2024 - 12:09 WIB

Zulkifly Densi : Pelanggar Hasil Pemilihan Umum Diancam Pidana

18 February 2024 - 10:22 WIB

Trending di Manado