Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Kotamobagu · 16 Jan 2023 16:39 WIB ·

Bilalang satu Gelar Musrembang


 Bilalang satu Gelar Musrembang Perbesar

 SN.com,KOTAMOBAGU-Pemdes Bilalang I (satu), Kecamatan Kotamobagu Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang), Gedung Aula Bontean, Senin (16/1/2023).

Musrenbang tersebut digelar dalam terkait  Penyususnan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kotamobagu 2024.

Kegiatan itu dihadiri, Kepala Bapelitbang Adnan Masinae, Perwakilan Camat Kotamobagu Utara, dan Sangadi Desa Bilalang Satu, Badaria A. Mokoginta.

Kepala Bapelitbangda Kotamobagu, Adnan Massinae mengatakan Musrenbang merupakan wadah untuk mengakomodir aspirasi dari tingkatan desa hingga nasional.

“Akan tetapi, aspirasi dari tingkat kecamatan dikawal sampai ke tingkat kecamatan. Nantinya di tingkat kecamatan akan dirumuskan juga skala prioritas,” terangnya.

“Contohnya, usulan bibit kelapa. Hari ini banyak kebutuhan atas bibit kelapa muda atau kita kenal dengan simbuyung. Dari sisi efektifitas, waktu produksi dan pasarnya lebih menguntungkan hari ini. Ini hanya contoh saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bilalang Satu, Badaria A. Mokoginta dalam Musrenbang tahun 2024 pihaknya mengajukan delapan usulan. Salah satunya pembangunan fisik yang menjadi kewenangan pemerintah tingkat kota.

“Salah satu usulan yang kami sampaikan adalah drainase sepanjang jalan protokol jalan Amok Raya. Ini kami usulkan untuk pembangunannya, mengingat ini menjadi kewenangan pemerintah tingkat daerah,” terangnya.

Selain dari usulam drainase, ada juga usulan berupa pembuatan dalam hal ini seperti tanggul dan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Selain itu, ada juga usulan di bidang pertanian. Dimana, diusulkan adanya permintaan bantuan bibit kelapa. Hal ini selaras dengan mayoritas latar belakang masyarakat Desa Bilalang Satu yang berprofesi sebagai petani,” pungkasnya(*)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

Baca Lainnya

Hingga Juni 2024, Investasi Kotamobagu 2024 Tembus Rp1,6 Triliun

15 July 2024 - 09:18 WIB

Wali kota Cup 2024 Resmi Di Tutup

14 July 2024 - 00:04 WIB

Pj Wali Kota Hadiri RUPS-LB PT. Bank SulutGo Tahun 2024

12 July 2024 - 17:50 WIB

Respon Keluhan Warga Triwulan III, PUPR Kotamobagu Laksanakan Pemeliharaan Jalan

12 July 2024 - 16:08 WIB

Curah Hujan Intensitas Tinggi Landa Wilayah Kotamobagu,Berdampak Pada Pelaksanaan Proyek Pemerintah

11 July 2024 - 18:49 WIB

Pj Hi. Asripan Nani. Ikuti Evaluasi Triwulan III Kinerja Penjabat Kepala Daerah Di Kemendagri

11 July 2024 - 17:41 WIB

Trending di Kotamobagu