Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Manado · 5 Jan 2023 12:40 WIB ·

Bapenda Sulut Berhasil Tingkatkan Penerimaan Pajak Mobil Mewah Sepanjang Tahun 2022


 Bapenda Sulut Berhasil Tingkatkan Penerimaan Pajak Mobil Mewah Sepanjang Tahun 2022 Perbesar

Manado,SulutNews.Com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berhasil perluas pembayaran pajak dengan menggandeng perbankan. Sistim transaksi perbankan BSGtouch dan transaksi tunai di ATM BSGo dinilai sukses tingkatkan penerimaan pajak mobil mewah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulut June Silangen mengatakan realisasi pembayaran pajak melalui bank dari mulai Agustus hingga Desember 2022 terjadi ratusan ribu transaksi, dengan capian (Januari hingga Desember) amat memuaskan.

Hal tersebut di atas diluar dugaan sebelumnya pemerintah sedikit pesimis mampu capai target karena program vaksinasi masih belum selesai. Kenyataannya hingga akhir tahun 2022 sukses capai 100,14 persen dari target awal. Pembayaran pajak PKB, BBNKB, sukses bisa dilakukan selain melalui transaksi di BSGo Samsat Induk di Manado. “Di gerai-gerai Samsat BSGo seperti di daerah perbatasan Sulut di Gogaloman Bolaang Mangondouw Utara pun ternyata sukses,” ujarnya dikesempatan bersama media beberapa waktu lalu.

Tahun 2023, tambah Kepala Bidang Pembinaan Pajak Bapenda Prov Sulut Filma Kepel, sistim pembayaran pajak akan dipertahankan melalui perbankan bahkan akan didorong dengan program High Five untuk membantu membangkitkan kepatuhan.

Tak Hanya Fokus Mobil Mewah

Perluasan pajak masyarakat melalui bank merupakan upaya pendekatan pemerintah kepada wajib pajak, terutama yang masuk dalam kategori penduduk menengah keatas. Namun ternyata ada penerimaan PKB dan BBNKB dari kalangan menengah kebawah yang bayar tunai juga cukup besar,” tambah Filma Kepel.

Pembayaran melalui bank menjadi langkah yang bagus karena hal ini selain menabung dan bertransaksi para wajib pajak juga langsung bisa membayar pajak. Selain itu pihak perbankan juga bisa menjadikan kesempatan ini bagian melakukan edukasi perbankan dan lain sebagainya.

Pemberian Diskon sebesar 50 Persen.

Ia mengatakan pajak akan disetor kepada pemerintah profinsi untuk dibawa di DPRD selanjutnya dibahas pada APBD khusus penerimaan daerah/negara. Keuntungannya akan bermuara pada perekonomian dan kemakmuran masyarakat di Sulawesi Utara.

“Pada 2021 kita memberikan potongan sebesar 50 % dari pokok pajak bagi yang menunggak dua sampai tiga tahun. Tahun 2022 kita juga beri diskon 50 % Dan ini kita beri kepada wajib pajak yang memiliki kontribusi besar pada pajak negara,” urainya.

Perolehan PAD dari sektor pajak PKB menjadi bahasan berbagai media online, televisi dan suratkabar di Manado, Sulawesi Utara sejak akhir Desember 2022.

Selain itu, beberapa media juga menyoroti sistim pelayanan pengambilan surat pengesahan kendaraan atau stnk di Kantor Samsat Induk di Manado dan di Kantor Gerai Samsat BSGo di Kabupaten Minahasa Utara, Bitung, Minahasa Induk dan Minahasa Selatan pada tahun 2022.

Pasalnya transaksi kadang bisa terlambat dilakukan karena jaringan internet bahkan listrik padam. Pemerintah harus menjadikan hal ini sebagai bahasan dengan DPRD pada tahun 2023, terutama berkaitan harapan di bagian ini kegiatan edukasi antara pemilik kendaraan dengan petugas Samsat bisa dilakukan. Potensi penghangusan data kendaraan penunggak pajak dapat disosialisasi di kantor ini.
(yayuk wullur)

Artikel ini telah dibaca 1,144 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono Bersama Masyarakat Sulut Sholat Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 20:41 WIB

Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT. Enjeka Ferronusa

10 April 2024 - 09:43 WIB

Jelang Idul Fitri 1445 H, Kapolda dan PJU Sambangi 5 Pos Pengamanan Hari Raya di Kota Manado

8 April 2024 - 23:34 WIB

Danrem 131/Stg Pimpin Apel Pemberangkatan Cuti Lebaran

7 April 2024 - 16:00 WIB

Luar Biasa, Puluhan Ribu Remaja GMIM Hadiri Ibadah Agung dan Lomba Alegori Paskah. Pnt dr Richad Sualang : Remaja Gereja Diharapkan Membina Persatuan

6 April 2024 - 21:38 WIB

Kampanye Amal, Maxim Manado Berikan Bantuan Pengganti THR untuk Mitra Driver dan Santunan untuk Panti Asuhan

6 April 2024 - 20:59 WIB

Trending di Bisnis