Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Mitra · 25 Apr 2024 12:39 WIB ·

Pemkab Mitra Gelar Upacara Peringatan Hari Otda ke XVIII


 Pemkab Mitra Gelar Upacara Peringatan Hari Otda ke XVIII Perbesar

Mitra, Sulutnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII pada Kamis (25/04/2024) di Halaman Kantor DPRD Kelurahan Wawali Pasan.

 

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Pejabat Bupati Minahasa Tenggara, Ir. Arnold Sorongan, M.Si.

 

 

 

 

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Bupati Ronald Sorongan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan tema tahun ini adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

 

 

 

 

Tema ini dipilih untuk menguatkan komitmen serta tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu, tema tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan guna menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

 

Otonomi daerah dijelaskan sebagai hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat, sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

 

“Berangkat dari prinsip dasar inilah, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 (dua) tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi,” sebut Tito Karnavian dalam sambutan tertulisnya.

 

Mendagri Tito Karnavian menekankan bahwa otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

 

“Dari segi kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien, dan ekonomis melalui inovasi kebijakan pemerintahan,” tutupnya.

 

 

Upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Waka Polres Mitra Kompol Franky Ruru, SPd, Danramil Ratahan, Kepala Dinas, Kepala Badan, Sekretaris, Camat, Lurah, serta seluruh ASN dan Satpol-PP yang turut serta mengikuti acara tersebut.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peduli Kasih , DLR Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Banjir di Pusomaen

21 June 2024 - 19:56 WIB

Lomba Hapsa P/KB GMIM Selesai, Selasa Penyerahan Hadiah Pemenang

16 June 2024 - 22:40 WIB

Kadiv Rendatin KPU Mitra Hadiri Rakor Bersama Bawaslu Sulut

15 June 2024 - 11:17 WIB

Aklamasi, 4 Fraksi DPRD Mitra Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

10 June 2024 - 21:13 WIB

Minta Seriusi Pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023, PJ Bupati Mitra Warning Terkait Tugas Luar

10 June 2024 - 20:54 WIB

Amalitra Salurkan Bantuan Sembako Bagi Korban Terdampak Banjir

10 June 2024 - 12:32 WIB

Trending di Mitra