Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Sangihe · 7 Nov 2023 17:22 WIB ·

Breaking News : Bataha Santiago Akan Digelari Pahlawan Nasional Dihari Pahlawan


 Breaking News : Bataha Santiago Akan Digelari Pahlawan Nasional Dihari Pahlawan Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Penantian panjang dan perjuangan tak henti untuk pengusulan Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional, kini membuahkan hasil.

Melalui surat nomor : R -12 /KSN/SM/GT.02.00/2023, tertanggal 3 November 2023, yang di keluarkan oleh Kementerian Sekretaris Negara RI Sekretariat Militer Presiden, yang di tandatangani oleh, Laksda TNI Hersan, SH, MSi, M.Tr.Opsla, nama Bataha Santiago masuk diantara 6 nama yang dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional.

Bataha Santiago, nantinya akan di nobatkan sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Sulawesi Utara, di usulkan melalui Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara, melalui proses panjang yang memakan waktu.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Rinny Silangen Tamuntuan (RST) yang juga Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, kepada media ini menyampaikan terima kasih kepada Presiden yang telah menyetujui Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional.

“Tentunya ini sebuah hasil dari perjuangan kita bersama, sehingga Bataha Santiago dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional, melalui Dinas Sosial Provinsi kami terus mendorong agar perjuangan masyarakat Sangihe mengusulkan Bataha Santiago bisa terwujud” ucap Tamuntuan.

Lanjut Bupati, Bataha Santiago dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional, merupakan kebanggan masyarakat Sangihe, yang tentunya dari Nusa Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah ada Pahlawan atau memiliki gelar Pahlawan Nasional.

Di sampaikan juga oleh Bupati, pada hari Pahlawan 10 November ini, acara penganugrahan gelar Pahlawan Nasional, keluarga ahli waris Bataha Santiago akan turut hadir di Istana negara. “Jadi kami pemerintah Daerah dan Gubernur Sulut juga pihak ahli waris Bataha Santiago akan hadir di Istana Negara untuk menerima gelar Pahlawan Nasional yang diberikan kepada Bataha Santiago” pungkas Istri Ketua DPRD Provinsi Fransiscus Andi Silangen itu.

Menyikapi hal itu, Tokoh masyarakat Sangihe, Jhonny Rompas menyampaikan bahwa memang sewajarnya Bataha Santiago digelari Pahlawan Nasional, mengingat perjuangannya dalam melawan penjajah, sehingga penggelaran Pahlawan Nasional merupakan keharusan.

“Kami juga sebagai masyarakat Sangihe berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memperjuangkan Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional, kami menilai Bataha Santiago pantas menerima gelar Pahlawan Nasional, jika kita melihat kegigihan beliau saat melawan penjajah” tutur Rompas.

Senada juga dilontarkan oleh Tokoh Agama, Atohema Medea bahwa pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Bataha Santiago, nantinya akan mengangkat harkat masyarakat Sangihe dan mengukir sejarah bahwa Sangihe perna punya pejuang yang Gagah berani melawan penjajah.

“Kita patut bersyukur, semoga sampai pada hari pahlawan tanggal 10 November ini, acara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Bataha Santiago berjalan lancar, dan kami masyarakat Sangihe bangga atas pemberian gelar tersebut” kata Medea.

Diketahui, Bataha Santiago merupakan raja Manganitu yang tidak mau tunduk pada penjajahan Belanda, sampai akhirnya ia di pancung oleh Belanda. Kubur Bataha Santiago berada di kampung Karatung 1 Kecamatan Manganitu dan menjadi salah satu objek wisata sejarah, dijaga oleh pihak keluarga. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 1,099 kali

Baca Lainnya

Opo Manossoh Resmi Mendaftar di Gerindra dan Perindo

25 May 2024 - 23:03 WIB

KPU Sangihe Laksanakan Media Gathering

24 May 2024 - 11:13 WIB

Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

23 May 2024 - 20:00 WIB

Tamuntuan Kunker di Tabteng Bawa Bantuan

16 May 2024 - 20:14 WIB

Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

10 May 2024 - 20:26 WIB

UPP Kelas II Tahuna, Siap Benahi Ruang Tunggu Pelabuhan Kahakitang

30 April 2024 - 22:49 WIB

Trending di Sangihe