Menu

Mode Gelap
Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon

Sulut · 11 Jun 2024 10:49 WIB ·

Koalisi PDIP – Golkar Dipastikan Usung SK-MEP di Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2024


 Koalisi PDIP – Golkar Dipastikan Usung SK-MEP di Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 Perbesar

MANADO, Sulutnews.Com – Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati Walikota se Sulut tahun 2024, Partai Golkar bakal menjalin koalisi bersama PDIP. Informasi yang beredar, PDIP dan Golkar akan berkoalisi tidak hanya Pilgub tetapi hingga ke Kabupaten Kota se Sulut.

“Steven Kandouw (Calon Gubernur) akan dipasangkan dengan Michaela Elsiana Paruntu (calon Wagub). Bisa dipastikan SK-MEP akan menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang kuat,” kata Raski Mokodompit Sekertaris DPD Golkar Sulut.

Menelisik figur Steven Kandouw yang saat ini sebagai Wagub Sulut dua periode, Wakil Ketua DPD PDIP ini merupakan mantan Ketua DPRD Sulut yang sukses. Sedangkan MEP sendiri mendapat kepercayaan rakyat khususnya dari Dapil Minsel-Mitra duduk di DPRD Sulut periode 2024-2029. MEP terpilih sebagai Anggota DPRD Sulut pada Pileg 2024.

Jika koalisi ini terjadi, bisa dipastikan akan berlanjut hingga ke kabupaten dan kota.“Koalisi PDIP dan Golkar berpeluang besar terwujud. Saat ini sudah ditingkat elit parpol. Apabila PDIP-Golkar resmi berkoalisi, tak hanya di Pilgub tapi turun ke kabupaten/Kota. Mungkin saat ini sudah 90 persen. Tinggal finalisasi,” kata sumber kepada wartawan.

Dalam koalisi ini paling hangat dibahas adalah calon Gubernur-Wakil Gubernur yang akan diusung PDIP-Golkar.“Yang paling mungkin pasangan SK-MEP. Jika sudah fix, mungkin Pilgub sudah selesai karena pasangan SK-MEP sangat kuat dan dicintai rakyat serta memiliki mesin parpol yang solid,” sebut sumber.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulut Raski Mokodompit saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini Partai Golkar sedang intens melakukan komunikasi politik dengan partai politik lain termasuk PDIP.“Saat ini sedang komunikasi politik dengan banyak parpol, target Partai Golkar tentu suka menang di Pilkada 2024. Tunggu saja hasil akhir soal koalisi yang akan ditetapkan oleh DPP parpol masing-masing,” ungkap Raski yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut.

Sebelumnya diberitakan, Bendahara Umum DPP PDIP, Olly Dondokambey memberikan sinyal bahwa Wakil Gubernur Steven Kandouw akan diikutkan dalam kontestasi Pilgub Sulut 2024 sebagai calon gubernur (cagub).

Olly mengatakan, ada aturan atau surat keputusan (SK) di DPP, kepala daerah yang berprestasi wajib diusung kembali. “OD-SK (Olly Dondokambey-Steven Kandouw) berprestasi tidak? Itu aja yang jadi alat ukurnya. Jadi, kepala daerah berprestasi tetap kita dukung,” ujarnya usai rapat koordinasi di Sekretariat DPD PDI-P Sulut.(josh tinungki)

 

Artikel ini telah dibaca 1,266 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hadapi Pilkada Serentak 2024, Dr. Ardiles Mewoh Ingatkan KPU Soal Rekrutmen Pantarli

20 June 2024 - 06:16 WIB

Petahana Yang Maju Ulang Hanya Cuti, Aleg Terpilih Wajib Mundur

19 June 2024 - 11:31 WIB

Diduga lahan Bukit Sasayaban sudah memiliki Sertifikat Hak Milik Ahli Waris, Bakal Digugat.

18 June 2024 - 16:08 WIB

Penyerahan Hadiah Lomba HAPSA PK/B Sinode GMIM, Berikut Daftar Para Juara

17 June 2024 - 14:27 WIB

Kepemimpinan OD-SK Sukses Jadikan Sulut Semakin Hebat, ini Kata Ketua DPRD Sulut

17 June 2024 - 08:11 WIB

Fransiscus Andi Silangen : HUT PI-PK GMIM Momentum Bangun Kebersamaan

17 June 2024 - 07:15 WIB

Trending di Sulut