Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Kepolisian · 12 Dec 2022 09:47 WIB ·

Kapolda Sulut Buka Kolaborasi Pendidikan Terintegrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri T.A. 2022


 Foto. Irjen Pol. Setyo Budiyanto, Perbesar

Foto. Irjen Pol. Setyo Budiyanto,

Manado,Sulutnews.com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, membuka Kolaborasi Pendidikan Terintegrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri T.A. 2022.

Upacara pembukaan diklat terintegrasi tersebut berlangsung di Secaba Rindam XIII/Merdeka, Amurang, Minahasa Selatan, pada Senin (12/12) pagi. Ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan pernyataan resmi pembukaan serta penyematan tanda peserta oleh inspektur upacara.

Kapolda Sulut usai upacara pembukaan mengatakan, diklat ini dilaksanakan selama beberapa hari ke depan.

“Hari ini tanggal 12 dibuka, kemudian nanti sampai dengan tanggal 16 Desember 2022,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Lanjutnya, ada beberapa materi yang akan disampaikan antara lain, wawasan kebangsaan, wawasan juang, wawasan alsus termasuk juga interpersonal skill.

“Melalui pelaksanaan pendidikan terintegrasi ini, antara TNI dan Polri mulai dari bibit awalnya, mulai dari pendidikannya, mereka diharapkan bisa berinteraksi dan berkomunikasi sehingga tujuan untuk melakukan penjagaan pengamanan terhadap NKRI betul-betul bisa dilaksanakan oleh TNI-Polri,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Selain itu, sambungnya, diharapkan juga diklat terintegrasi ini akan berlanjut dan ke depan jumlah pesertanya semakin banyak.

“Diklat ini diikuti oleh perwakilan siswa Dikmaba TNI AD dan siswa Diktukba Polri tahun anggaran 2022. Jadi perwakilan itu kita anggap sebagai sebuah kader, yang kemudian mereka bisa meneruskan kepada teman-temannya yang tidak berkesempatan untuk mengikuti diklat terintegrasi untuk menyampaikan apa saja yang didapatkan dalam pelaksanaan diklat ini,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta menambahkan, diklat terintegrasi ini memegang peranan penting di masa yang akan datang.

“Sebetulnya ini sudah kita laksanakan sejak dulu, sehingga apa yang akan kita lakukan sekarang ini akan bermanfaat untuk hari-hari yang akan datang,” singkatnya.

Sementara itu Inspektur Kodiklatad Mayjen TNI Tjaturputra Gunadi Genah menerangkan, kedatangannya adalah untuk melaksanakan pengawasan kegiatan diklat yang tersebar di seluruh jajaran TNI AD maupun jajaran Polri.

“Jadi saya datang ke sini untuk melihat kegiatan apa yang sudah dilakukan oleh Polda Sulut dengan Kodam XIII/Merdeka. Hari ini saya melihat ada hal positif yang bisa saya jadikan catatan. Pertama, ada ikrar yang dibangun antara TNI-Polri, yang semenjak mereka di pendidikan ini sudah harus merasuk dalam diri mereka masing-masing. Kemudian tadi ada ciptaan lagu mars, juga kemudian ada beberapa kegiatan yang sangat menarik,” terangnya.

Intinya, lanjut Mayjen TNI Tjatur, garda terdepan dari sistem pertahanan keamanan kita yaitu TNI-Polri akan kuat apabila TNI-Polri solid, bersatu, dan terintegrasi dengan baik.

“Oleh karena itu embrionya kita lakukan mulai dari pendidikan, baik di tingkat tamtama, bintara maupun perwira. Saat ini yang dilaksanakan oleh Kodam XIII/Merdeka dengan Polda Sulut yaitu di tingkat bintara. Namun di tingkat tamtama dan perwira juga sudah dilaksanakan dan ini kita lakukan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Diharapkan ke depan pada pelaksanaan tugas kita setiap saat ini TNI-Polri akan terintegrasi dengan baik dan solid. Sehingga negara kita akan aman, baik dalam sistem pertahanan maupun keamanan,” tutupnya.

Turut hadir dalam upacara pembukaan diklat tersebut di antaranya, para pejabat dari Polda Sulut, Lemdiklat Polri, Kodam XIII/Merdeka dan jajaran, Forkopimda serta tamu undangan lainnya. (**/ARP)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Dua Dari Tiga Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri

25 February 2024 - 17:50 WIB

Kegiatan Barbar-Religi Polsek Pantai Baru: Berkisah Kepada Masyarakat Lewat Kata Renungan

25 February 2024 - 17:30 WIB

Polisi Amankan Pelaku dan BB 8000 Liter BBM Solar Bersubsidi di 2 Lokasi di Manado

24 February 2024 - 19:55 WIB

Begini Cara SSDM Polri Pulihkan Psikologi Anggota Operasi Damai Cartenz

24 February 2024 - 12:49 WIB

Setwan DPRD Sulut Gerak Cepat, Inilah Syarat Kunker Luar Negri Sesuai Kemendagri 59 Tahun 2019

24 February 2024 - 11:08 WIB

BNN Gandeng Pemkot Manado Adakan Rakor Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba

23 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Manado