Kodim Pati

Kodim Pati (8)

Pati,Sulutnews.com - Dalam mengantisipasi kekurangan persediaan darah ditengah mewabahnya Covid-19 Satgas TMMD ke-107 yang sedang melaksanakan tugas pengabdian untuk negeri ikut serta dalam kegiatan donor darah kali ini untuk Kemanusiaan. (8/6/21)

Donor darah dilaksanakan di Pendopo Kec. Juwana ruang data Makodim 1002/Barabai Jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Selasa, (7/4).

Kapten Kav Budi Karyadi S.E Selaku Dan Ssk TMMD Reguler Ke 111 mengatakan Kegiatan sosial ini dilakukan guna mengantisipasi kekurangan persediaan darah ditengah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pati, Tengah akibat dari penerapan physical distancing maka berdampak berkurangnya partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah. “Upaya kita membantu PMI Kab. dalam membantu ketersediaan stok darah,” pungkasnya. (Syaiful)

Pati,Sulutnews.com - Anggota Satgas TMMD Reg Ke 111 Kodim 0718/Pati, Melanjutkan pekerjaan program Bedah rumah tidak layak huni (RTLH) dirumah Syukur, Bersama Warga mulai memasang pondasi.

Dibantu warga dan anggota Satgas TMMD yang lainya, Serka Masykur, Yang bertugas sebagai tenaga tehnis (Tukang) memasang pondasi di rumah milik Bpk. Syukur, Pondasi rumah adalah hal yang paling penting dalam membuat bangunan, sebab pondasi merupakan dasar yang menopang tegaknya sebuah rumah atau gedung.

Sementara Dan SSK Satgas TMMD 111 Kodim 0718/Pati Kapten Budi Karyadi S.E, yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan,

membantu kegiatan warga dilokasi TMMD mempunyai tujuan agar lebih dekat dengan masyarakat serta guna menjaga hubungan dan memelihara silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik, sehingga tercipta sinergitas TNI bersama masyarakat, TNI Kuat ujarnya.(Syaiful).

Pati, Sulutnews.com - Bukti nyata TNI bisa dalam segala bidang bukan hanya kemampuan berperang saja.

Seperti di gelarnya Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati, beberapa personil Satgas juga membantu warga dalam mengangkut material berupa Semen gunakan melanjutkan pekerjaan warga yg mendapat bantuan Rumah Today Layak Huni (RTLH), Milik Bpk Syukur di Desa Tamansari , Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. (8/6/2021)

Kapten Kav Budi Karyadi S. E menyampaikan Hal itu dilakukan Satgas, di luar tugas utama mengerjakan sasaran fisik pengecoran jalan yg menghubungkan antar Desa Satgas TMMD 111 juga dituntut untuk meringankan beban masyarakat sekitarnya dengan berbagai aksi nyata.

 “Meksipun itu diluar proyek pembangunan jalan dan jembatan, akan tetapi tidak ada salahnya kita harus saling membantu sesama, (Syaiful)

Pati, Sulutnews.com - Sebelum Digali, pondasi harus di ukur terlebih dahulu, terkait lebar, dalam, hingga panjangnya.Hal ini Agar material dan bahan yang digunakan mencukupi dan sesuai.jumlah titik pondasi juga sebelumnya dipastikan aman.(07/06/2021)

Satuan tugas TMMD Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati,  bertempat di Desa Tamansari Kecamatan Jaken, terlihat dua Orang Satuan Tugas TMMD Serda Sunardi Bersama Koptu Mintarji yang sedang Asyik menggali lubang untuk pembuat pondasi rumah milik Bapak Syukur (50) Ds. Tamansari. menjadi salah satu warga yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah, karena rumah yang dihuni puluhan tahun itu dinilai tidak layak huni.

Satgas TMMD Renovasi rumah itu juga dilakukan sebagai bentuk kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Hal itu sesuai dengan tujuan dilaksanakannya TMMD tersebut.

"Lewat program TMMD diharapkan bisa terbangun kemanunggalan TNI dengan masyarakat," katanya.(Syaiful).

Pati, Sulutnews.com - Dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran fisik prajurit, Kodim 0718/Pati  menggelar kegiatan jalan santai yang mengambil titik star dan finish di halaman Makodim, Jalan Jenderal Sudirman, No 79 Pati. Rabu (12/02/2020)

Pasi Ops Kodim Pati Lettu Kav. Budi Karyadi S.E  menghimbau kepada seluruh peserta agar selalu mengutamakan faktor keamanan selama pelaksanaan  jalan santai, karena melalui jalan umum yang banyak penguna jalan dan jangan sampai menganggu,  matuhi dan mengikuti segala arahan.

Ditambahkannya, ada banyak manfaat olah raga jalan ini. Di antaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh dan tentunya untuk menjaga kesehatan badan.

Bagi prajurit TNI, merupakan suatu keharusan memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Salah satu mendapatkan kesehatan adalah dengan olahraga. Men Sana In Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Dandim Pati Letkol CZI Adi Ilham Zamani S.E,  menuturkan, bahwa kegiatan yang dilakukan, bukan semata – mata untuk menjaga kesehatan saja, tetapi lebih dari itu sebagai sarana hiburan atau refreshing bagi personel Kodim yang notabene selalu bergulat dengan tugas kewilayahan, Tentunya kegiatan ini akan memberikan dampak psikologis yang signifikan bagi  kita, karena dengan kondisi jasmani yang bugar dan jiwa yang sehat, maka akan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjalankan tugas yang semakin dinamis,  terkait pembinaan teritorial  dapat tercapai dengan maksimal,” jelas Dandim. (nartopendimpati)

Pati, Sulutnews.com - Sebanyak 300 bibit tanaman  buah dan pohon keras ditanam di area lapangan tembak Sirwendo milik Kodim 0718/Pati desa Wangunrejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati hari ini. Jumat,24/01/2020.

Penanaman pohon yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0718/Pati bersama Kantor Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Kabupaten Pati dan Polres Pati ini adalah Program penghijauan tahun 2020 yang diikuti oleh Prajurit Kodim 0718/Pati, anggota Polres Pati dan segenap Karyawan/pegawai cabang Dinas Kehutanan bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan yang kosong/reboisasi guna memperbaiki kualitas udara serta mengurangi dampak pemanasan global yang mengancam.

Gerakan penghijauan ini sangatlah penting karena banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut, diantaranya adalah manfaat yang dihasilkan dari pohon-pohon yang sudah besar diselain bisa diambil buah yang bisa dikonsumsi, kualitas udara akan semakin membaik karena oksigen (O2) yang dihasilkan dari proses fotosintesis dari pohon-pohon tersebut menyerap karbondioksida (C02) dari knalpot kendaraan maupun dari cerobong pabrik disekitar lingkungan sekitar kita sehingga secara otomatis akan memperbaiki kondisi udara.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE mengatakan bahwa Vetiver rumput asli dari India sedang dikembangkan untuk ditanam di lereng-lereng guna menahan longsor karena jenis rumput ini memiliki akar yang sangat kuat untuk menahan tanah sehingga dapat menahan pergerakan tanah yang disebabkan gerusan air.

Lebih lanjut,  Dandim mengatakan pelaksanaan  penanaman pohon sangat tepat  karena masih dalam musim penghujan dan nantinya  pohon ini dapat membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.”tegas Dandim. (/Narto)

Pati, Sulutnews.com - Pembukaan Pati Education Expo 2020 (Gebyar Menuju Cita Cita Anak Bangsa) oleh MGBK  (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling) SMA - SMK - MA sekabupaten Pati hari ini di Gedung Korpri Kabupaten Pati.Selasa,7/1/2020.

Acara yang rencana dibuka selama dua hari dimulai hari ini dan hari rabu besok dihadiri oleh Kepala Dinas Wilayah 3 Prov Jateng Drs. Sunoto, MM, Ketua MKKS Prov Jateng Kaslan, SPD, MAD, MM, Kasi SMA Prov Jateng Haryanto, SPd, MM, Ketua Musyawarah Guru Mujiani, S. Pd, Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Achmad Solichin, S,AG, M. Si, Kabag Ren Polres Pati Kompol Budi S. dan Perwakilan Kepala OPD Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin S.Ag, M.Si menyampaikan Puji Syukur kehadirat Allah SWT walaupun cuaca kurang bersahabat namun Insya Allah berkah bagi kita.

"Dan ucapan terima kasih kepada para Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif ini,"

"Kegiatan ini sangat positif bagi anak-anak SMA yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yg lebih tinggi yaitu perkuliahan, konseling ini bisa memberikan bimbingan, informasi, dan arahan bagi mereka yg akan melanjutkan kuliah,"

Kasdim juga menyampaikan atas nama Kodim 0718/Pati,  memberikan apresiasi dan penghargaan yg tinggi, orang nomor dua di Kodim Pati ini juga menjelaskan bahwa Kodim sudah melaksanakan kegiatan bersama dengan masyarakat, seperti kegiatan bareng dengan anak-anak SMA yg bertujuan ingin bersama sama andil dalam mendidik generasi muda.

"Selamat, mudah- mudahan acara ini berhasil dan sukses sampai dengan selesai, semoga bimbingan dan informasi tentang perguruan tinggi dapat dirasakan langsung oleh anak-anak SMA - SMK - MA kususnya  klas 12,"tutur Sholihin.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan peninjauan ke stand peserta pameran termasuk didalamnya juga ada satu stand yang dihiasi dengan background loreng militer milik Kodim 0718 Pati.

Stand yang dibuka oleh Kodim ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya siswa siswi kelas 12 yang sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Ini merupakan salah satu promosi kreatif yang dilaksanakan oleh Kodim 0718 Pati untuk memberi informasi sekaligus supaya menarik minat generasi muda bergabung menjadi anggota TNI AD.

Bukan hanya brosur yang dibagikan di stand Kodim, ada juga  layar Tv untuk menampilkan kegiatan seputar TNI AD mulai dari proses pendaftaran, penerimaan prajurit, video tutorial jasmani Angkatan Darat, jenis dan urutan pangkat dalam TNI-AD, jenis dan urutan Pangkat Taruna Akmil sampai dengan video latihan perang TNI AD.

Para peserta dan pengunjung pada hari pertama cukup antusias, terbukti dari ketertarikan peserta dan pengunjung yang mampir di stan Kodim Pati yang langsung disambut dengan penjelasan singkat oleh petugas Pelda Susanto dan Sertu Handik yang melayani pertanyaan para pengunjung. (Nartopendimpati)

Pati, Sulutnews.com - Dalam rangka menyambut Hari Juang TNI Angkatan Darat yang diperingati tanggal 15 desember 2019 mendatang, Kodim 0718/Pati melaksanakan kegiatan bhakti sosial donor darah yang digelar di Aula Suluh Bakti Kodim 0718/Pati. Selasa,10/12/2019.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan hari ini bekerja sama dengan PMI cabang Kabupaten Pati dan diikuti oleh seratus orang yang terdiri dari Prajurit TNI bersama anggota Persit KCK cabang XXXIX Kodim 0718/Pati.

Orang nomor satu di Kodim 0718/Pati yang baru saja dilantik tanggal 4 desember kemarin, Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXXIX  Ny. IIng Adi Ilham berbaur dengan para Prajurit dan Persit mengikuti proses pengambilan darah yang dilaksanakan oleh para petugas dari PMI Kabupaten Pati.

Ada beberapa kegiatan sosial serta kegiatan lainnya yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan untuk menyambut hari lahirnya TNI Angkatan Darat di jajaran Kodim 0718/Pati ini, diantaranya adalah kegiatan sosial donor darah di aula Kodim Pati hari ini, pengobatan gratis yang akan dilaksanakan besok hari rabu di desa Gadudero kecamatan Sukolilo bekerja sama dengan RS. KSH Pati dan kegiatan kerja bakti yang akan dilaksanakan di kecamatan Wedarijaksa hari kamis mendatang.

Ditemui media disela kegiatan donor darah, Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE mengatakan, “Kegiatan bakti sosial yang kita laksanakan hari ini adalah untuk menyambut hari kelahiran TNI Angkatan Darat yang sekarang dikenal dengan Hari Juang TNI Angkatan Darat,”Ucap Aldi.

“Bukan hanya itu saja kegiatan yang kita laksanakan, masih ada rangkaian kegiatan lainnya, besok rabu ada bakti sosial pengobatan gratis di desa Gadudero Sukolilo bersama Rumah sakit KSH Pati, hari kamis kita akan melaksanakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat di desa Nguren Siti kecamatan Wedarijaksa,”

“Semoga kegiatan sosial ini bermanfaat untuk masyarakat, karena sesuai dengan tema peringatan Hari Juang Angkatan Darat Tahun 2019 adalah TNI AD adalah kita, dan kita berasal dari masyarakat sehingga semua kegiatan yang kita laksanakan adalah semata-mata untuk masyarakat,”terangnya.   

Dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada hari ini yang diikuti oleh sebanyak 100 orang berhasil dihimpun sebanyak 50 kantong darah yang secara simbolis diserahkan oleh Dandim 0718/Pati kepada asisten transfusi darah PMI Cabang Kabupaten Pati ibu Yuliati.(/nartopendimpati)