Veteran Cilacap Kembali Berduka, Peltu (Purn) Soerachman Tutup Usia

Written by  Sugeng Apr 22, 2021

Cilacap,Sulutnews.com - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cilacap kembali kehilangan anggota, sahabat dan rekan terbaik mereka yaitu Peltu (Purn) Soerachman.

Prosesi persemayaman dan pemakaman Militer Almarhum Peltu (Purn) Soerachman dipimpin oleh Komandan Koramil (Danramil) 01/Cilacap Kapten Inf Saidin ke tempat peristirahatanya terakhir di Taman Bahagia Surengrono, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Kamis (22/4).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Danramil 01/Cilacap Kapten Inf Saidin, pejabat Perwira Upacara Pasipers Kodim 0703 Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso dan peserta upacara terdiri dari pasukan gabungan dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap dan anggota Legiun Veteran RI (LVRI) Cilacap.

Diketahui, Almarhum Peltu (Purn) Soerachman pernah tercatat sebagai anggota TNI dengan Nomor Registrasi Pusat (NRP) 293751, dengan jabatan terakhir sebagai Danrumin Sub Denpom IV-I-I Cilacap.

Berbagai bintang jasa dan tanda jasa yang dimilikinya antara lain Bintang LVRI, Satya Lencana LVRI, Gelar Kehormatan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, Satya Lencana Teladan, Satya Lencana Penegak dan Purnakarya dari Bupati Cilacap.

Pria kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1932 itu meninggal pada rabu, 21 April 2001 pukul 12.00 WIB karena sakit di kediamanya yang beralamat di RT.02/RW. 04 Kelurahan Sidanegara  Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP melalui Inspektur Upacara Kapten Inf Saidin mengungkapkan pada kesempatan yang penuh rasa bela sungkawa ini, atas nama pemerintah dan yang hadir disini mengucapkan ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya.

"Kepada seluruh hadirin marilah kita bersama-sama memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga segala kesalahan dan kekhilafan dosa diampuni dan amal baiknya diterima di sisiNya dan kepada keluarga yang ditinggalkan  hendaknya dapat menerima kepergian almarhum dengan ikhlas," ungkapnya.

Kita sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaanNya tentu kita menyadari benar bahwa kepergian itu sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Pencipta.

Lebih lanjut, "Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil sehingga acara ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar," tutupnya.(/Sugeng)