Kodim_Cilacap

Kodim_Cilacap (1783)

Cilacap,Sulutnews.com –  Bintara Pembina Desa (Babinsa) Karangrena, Koramil 07/ Maos Sertu Agus Suyoto bersama perangkat Desa Karangrena melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lingkungan rumah warga RT. 03 RW. 01 Desa Karangrena Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap yang terpapar covid 19 dan yang bersangkutan saat ini sedang menjalani  isolasi di Rumah Sakit Medika Lestari Banyumas, Selasa (08/06/2021).

Dijelaskan Babinsa Sertu Agus Suyoto bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan di wilayah binaanya ditargetkan pada pemukiman warga khususnya rumah warga yang terpapar Covid 19. Selain itu beberapa sarana umum yang sering digunakan warga juga turut disterilkan.

"Apa yang kami lakukan adalah upaya preventif guna melokalisir dan mencegah penyebaran virus agar tidak menular kepada warga sekitarnya. Inilah tugas kita bersama Satgas Covid Desa untuk memberi melindungi dan rasa aman terhadap warga dari covid 19," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan pihaknya bersama pemdes melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di  rumah warga yang positif covid-19, secara teknis pelaksanaan penyemprotan juga melibatkan bersama warga setempat dengan menggunakan sebuah tengki sepreyer gendong sesuai target yang ditentukan.

"Selain upaya sterilisasi pemukiman, yang tak kalah penting adalah mengedukasi warga agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan dangan sabun dan air mengalir. Karena ini adalah hal yang sangat penting untuk proteksi bersama," imbuhnya.

lingkungan harus steril agar terhindar dari covid 19, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan itu akan mampu menangkal penularan covid-19 dan memutus penyebaran virus serta tidak menular kepada warga lainnya.(/Sugeng)

Cilacap,Sulutnews.com - Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P dan Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P mendampingi kunjungan kerja (Kunker) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, dan Kapolri dalam hal ini diwakili Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto terkait meninjau program Serbuan Vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Cilacap, yang bertempat di Gedung Patra Graha Convention Hall, Pertamina RU IV Cilacap Jln. M.T Haryono No.77, Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jumat (4/6).

Turut mendampingi Panglima TNI, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr., Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E, Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, S. Sos., M. Si.,M. Tr. (Han), Kababek TNI Marsma TNI  Sugeng Wiwoho, Mayjen TNI (Purn) Gunawan Pakki dan beberapa perwira menengah lainnya.

Sementara Kabaharkam Polri didampingi oleh Kapusdokkes Mabes Polri Brigjen. Pol. dr. Rusdianto, M.M., M.Si., DFM, Karumkit Bhayangkara TK 1 Raden Said Sukanto Brigjen Pol. dr. Asep Hendradiana, SP.AN.,KIC, M.Kes., Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono, Kabag Penum Div. Humas Polri Kombes Pol Dr. Ahmad Ramadhan SH,MH. M.Si. dan Koorsmin Kabaharkam AKBP Boy Jackson Situmorang.

Tampak hadir, Kepala BNPB RI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II Marsekal Madya TNI Imran Baidirus, S.E., Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin S.I.P, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Dan Lanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi S.I.P, Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H., M.H., Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol Cpm (K) Asmin Tapahing, dan GM Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI dan Kabaharkam Polri melihat langsung kegiatan vaksinasi yang dipandu oleh Kadinkes Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griyana Dewi dan berdialog dengan warga yang sedang menjalani vaksinasi maupun para vaksinator.

Di Depan awak media, Panglima TNI mengatakan tujuannya datang ke Cilacap adalah untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi lansia dan pra lansia yang ada di Kabupaten Cilacap.

"Saya lihat pelaksanaan vaksinasi bagus, tertib dan lancar, sesuai dengan target ada 140.000 orang, yang sudah divaksin 40.000 orang dan kekurangannya akan dilakukan secara bertahap dari total penduduk 1,9 juta jiwa. Alhamdulillah dengan pelaksanaan kegiatan di Cilacap untuk memitigasi varian baru yang ditakutkan dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak sampai bermutasi ke masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, "Terus laksanakan tracing dan laksanakan 3M, terutama penggunaan masker agar terus digelorakan kepada masyarakat sehingga kasus positif Covid dapat ditekan, dengan kolaborasi yang baik antara forkopimda Cilacap dengan aparat terkait, diharapkan dapat menekan penyebaran covid 19 dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tutup Panglima TNI.

Perlu diketahui, kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid 19 di Pertamina RU IV Cilacap digelar selama 2 hari yaitu Jumat dan Sabtu (4-5/6/21) menargetkan 1000 orang masyarakat yang diprioritaskan kepada para lansia dan program ini didukung oleh 200 vaksinator. Dalam vaksinasi per hari ditargetkan sebanyak 500 orang warga, yang dipusatkan di Gedung Patra Graha. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Gedung Patra Ria dan GOR Avtur  Pertamina RU IV Cilacap.

Tujuan dari Serbuan Vaksinasi Covid 19 yaitu untuk menurunkan angka kematian akibat Covid 19, vaksin dapat menciptakan kekebalan kelompok guna mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat. Selain itu vaksinasi diharapkan dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat.(/Sugeng)

Cilacap,Sulutnews.com  - Jelang kunjungan kerja Panglima TNI ke wilayah Kabupaten Cilacap, sejumlah persiapan kian dimatangkan oleh jajaran Kodim 0703/ Cilacap. Sebagai langkah preventif guna pencegahan penyebaran Covid-19, Kodim 0703 Cilacap menggandeng Diskominfo dan Rumah Sakit Pertamina Cilacap melakukan pemeriksaan kesehatan awak media melalui tes swab Antigen yang dilakukan di Rumah Sakit Pertamina Cilacap, Kamis (3/6/21).

Puluhan pegawai maupun jurnalis di wilayah Kabupaten Cilacap ini diikutsertakan dalam pemeriksaan kesehatan yakni melalui tes swab Antigen dan hasil test kesehatan ini nantinya digunakan sebagai persyaratan pengambilan ID Card untuk meliput kegiatan Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kabarhakam Polri di Gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap.

Sebelumnya Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P dalam kesempatannya menegaskan, bahwa kunjungan kerja Panglima TNI ke wilayah Kabupaten Cilacap guna meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi kepada seribu warga masyarakat Kabupaten Cilacap.

Dalam pengarahannya, Dandim juga menekankan totalitas terhadap setiap tugas yang diemban oleh setiap prajuritnya serta sinergitas dengan instansi terkait lainnya demi suksesnya kegiatan tersebut.

“Niatkan semuanya untuk Ibadah, dan yakinkan itu. Yakinkan juga untuk segala kesiapannya dan pelaksanaannya untuk dicek dan diperhatikan,” tegas Dandim.

Sementara jurnalis LPPL Bercahaya FM, Guruh Yuda mengatakan, bahwa langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dengan swab rapid antigen merupakan hal yang cukup baik dan harus didukung oleh semua pihak. Terlebih dalam hal ini, setiap peserta kegiatan mendatang juga mendapatkan manfaat lebih. Yakni mendapatkan update terbaru terkait informasi maupun kondisi kesehatan saat ini.

“Alhamdulilah hasilnya cukup baik, negatif dari Covid-19. Semoga dalam pelaksanaan kegiatan besok seluruh rekan rekan yang terlibat juga diberikan kesehatan dan keselamatan,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan sebanyak 50 orang yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan serta swab rapidtes Covid-19 dinyatakan Negatif. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, mengikuti Upacara Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual yang dipimpin oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, di Pendopo Wijayakusuma Sakti, Kantor Pemda Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman Cilacap, Selasa (1/6).

Upacara secara virtual tersebut dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Unsur Forkopimda yang mengikuti Jalannya peringatan Hari Lahir Pancasila di Pendopo Wijayakusuma Sakti duantaranya Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si., Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Tri Ari Mulyanto, SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Hidayat, dan Setda Drs. Farid Ma'ruf ST., M.M

Dalam amanatnya, Presiden Republik Indonesia mengatakan, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Dalam menghadapi ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Saya juga mengajak seluruh elemen bangsa di mana pun berada, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong-royong, serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang. Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju. Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki, harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri yang berdiri di atas kaki sendiri.

Terkait dengan pelaksanaan upacara peringatan hari Lahir Pancasila, Dandim Letkol Inf Andi Afandi mengatakan, Upacara Peringatan lahirnya Pancasila tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Upacara ini dilaksanakan secara virtual dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19. Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari peringatannya itu sendiri", ungkapnya.

Dandim berharap di hari lahir Pancasila ini, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus bisa hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Dihadapkan pandemi Covid-19 ini, kita juga harus optimis dan mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan, kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah  pandemi Covid-19  ini," Jelasnya  (Urip).

Cilacap,Sulutnews.com - Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P berikan Jam Komandan kepada Prajurit dan ASN Kodim dan Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan) yang berada dalam naungan Kodim 0703/Cilacap di halaman Markas Kodim, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Kamis (27/5/21).

Satuan Dinas Jawatan yang berada di naungan Kodim 0703/Cilacap diantaranya Subdenpom IV/1-1 Cilacap, Subden Zibang, Minvetcad, Tim Harpal Cilacap dan Rumkitban 04.08.01 Cilacap.

Dalam pengarahannya, Letkol Inf Andi Afandi mengucapkan terima kasih kepada organik Kodim 0703/Cilacap, dan Satdisjan yang tepat waktu hadir di halaman Makodim. Masih suasana Idul Fitri, dalam kesempatan tersebut Dandim juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, dan mengajak seluruh prajurit dan ASNnya untuk saling memaafkan. Menurutnya, momentum hari raya Idul Fitri ini menjadi refleksi diri tentang apa yang sudah dilakukan, dan tentang apa yang harus dilaksanakan di tahun depannya.

"Dalam memimpin, ada keinginan saya, ada kemauan saya untuk lebih baik, untuk bagaimana berbuat tetapi apabila tidak ada diskusi, tidak ada kerjasama, tidak ada kekompakan, ya belum tentu bisa benar, jadi harus saling kerjasama dan harus kompak," Ucap Dandim.

Lebih lanjut, diluar Satuan Kodim 0703/Cilacap, baik Minvetcad, Subdenzibang, Tim Harpall, Rumkitban 04.08.01 dan Subdenpom IV/1-1 Cilacap, untuk pembinaan organik ada dibawah Kodim 0703/Cilacap namun untuk pembinaan secara fungsional, kembali ke satuannya masing-masing. Jadi jangan berpikir sendiri sendiri, kita di Cilacap adalah bersama," Kata Dandim

Dandim juga menyampaikan rencana Kunjungan Kerja Pangdam IV Diponegoro ke wilayah Kabupaten Cilacap. Dalam kapasitasnya sebagai Pangdam, Mayjen TNI Rudianto ingin bertatap muka dengan seluruh prajurit dan ASNnya serta ingin mengetahui kondisi wilayahnya. Selain itu, yang paling penting adalah untuk melihat bagaimana perkembangan Covid-19 di Cilacap. Karena Cilacap dalam 3 minggu terakhir ini menjadi pemberitaan nasional terkait klaster baru Covid-19," Ujar Dandim.

Dandim menjelaskan, dalam rapat terbatas, Presiden Jokowi, Menteri, Panglima dan Kepala BNPB, semua membahas perkembangan klaster baru di Cilacap. Karena klaster barunya datang dari India yang dibawa oleh Anak Buah Kapal (ABK) MV Hilma Bulker yang di rawat di RSUD Cilacap. Permasalahannya adalah klaster baru ini menularkan pada Nakes di RSUD dan jumlahnya tidak sedikit, ada 33 orang dan ini menjadi acuan, Cilacap menjadi barometer perkembangan covid varian baru," Jelas orang nomor satu di Satuan Teritorial di Cilacap ini.

"Oleh karena itu, waspadai jangan kendor terapkan protokol kesehatan, ingatkan diri kita, keluarga kita, Anak istri kita, tetangga dan lingkungan di sekitar untuk tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan. Covid itu nyata, kalo Covid tidak nyata tidak mungkin angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sampai hari ini indonesia hampir menembus angka 50 ribu jiwa. Hati hati, tetap waspada karena Covid-19 varian baru ini tidak hanya berkembang di Cilacap namun sudah menyebar di wilayah lain" Tegas Dandim.

Terkait kunjungan Pangdam IV Diponegoro, Dandim mengajak kepada seluruh prajurit dan ASNnya untuk memberikan penyambutan yang terbaik. "Mari kita siapkan yang terbaik, berbuatlah yang terbaik karena Pimpinan kita akan datang, silaturahmi ini tidak boleh putus, kita harus senang karena yang datang adalah bapak kita, jadi sekali lagi mari kita harus siapkan penyambutan yang terbaik," Pungkas Dandim. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Pandemi Covid-19 belum berakhir, banyak upaya yang harus dilakukan agar bisa terhindar dari wabah yang meresahkan dunia tersebut. Salah satunya dengan kegiatan olahraga agar imun tubuh kuat dan kondisi badan menjadi bugar dan sehat.

Seperti yang dilakukan oleh Satuan Kodim 0703 Cilacap, guna menjaga kebugaran tubuh prajurit dan PNSnya. Kodim Cilacap kembali giatkan olahraga yang dilaksanakan di halaman Markas Kodim 0703/Cilacap, Jln. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Selasa (25/5/21).

Kegiatan tersebut juga merupakan program kerja Kodim Cilacap khususnya bidang operasi untuk membina jasmani prajurit dan PNSnya. Pembinaan jasmani ini tidak hanya dilaksanakan oleh Satuan Kodim Cilacap saja, namun juga dilaksanakan di seluruh Koramil Jajaran. Olahraga ini dijadwalkan setiap hari Selasa dan Kamis dengan menggunakan seragam olah raga yang sudah ditentukan.

Kegiatan olah raga/Aerobik ini diawali Apel Bersama, sebagai sarana untuk mengecek kekuatan personel serta menyampaikan berbagai hal tentang kegiatan satuan maupun kebijakan kebijakan pimpinan yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota. 

"Kesehatan menjadi syarat utama bagi seorang prajurit TNI dan PNS AD untuk bertugas. Oleh karenanya olahraga ini sangat penting dilaksanakan guna menjaga kebugaran dan kesehatan para prajurit dan PNS sebelum aktivitas kerjanya sehingga diharapkan berdampak bagi pelaksanaan tugas satuan," Jelas Pasi Intel Lettu Inf Jurizal.

Selanjutnya, diawali dengan peregangan dan pemanasan, kegiatan olahraga dilanjutkan dengan lari aerobik memutari wilayah kota Cilacap dengan jarak kurang lebih 3 KM. dilanjutkan dengan pelemasan dan push up serta pull up.(Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Program "Jogo Tonggo" yang digulirkan Pemprov Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu ditujukan untuk mengajak warga masyarakat, peduli dan saling menjaga tetangga dari ancaman Covid-19. Hal inilah yang terus dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap dalam meminimalisir Penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Termasuk Kodim 0703/Cilacap dan Jajarannya. Selaku Tim Satgas Penanganan Covid-19, terus gemborkan "Jogo Tonggo" terhadap warga terkonfirmasi Covid-19 yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di wilayahnya. Salah satunya di wilayah Kecamatan Kawunganten, jogo tonggo dilakukan kepada satu keluarga di Dusun Sidamulya RT 01/04 Desa Ujungmanik, Senin (24/5/21).

Kegiatan jogo tonggo diikuti oleh Tim Satgas Covid 19 Kecamatan Kawunganten diantaranya Kasi Trantibum Suroso, S.I.P, Babinsa Koramil 09 Kawunganten Serma Sugiyanto, Ps. Kanit IK Polsek Kawunganten Aipda Yunta Mustofa, SH, Kepala Desa Ujungmanik Sugeng Budiyatno, Bidan Desa Ujungmanik Haryati, A.Md.Keb dan Ketua RT 01/04.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk jaring pengaman sosial dan keamanan lainnya dimana pelaku isolasi mandiri diharuskan tidak melakukan aktifitas lainnya di luar rumah, menumbuhkan kepedulian dan membangun kesadaran warga dalam mencegah penularan Covid-19.

"Hal ini terbukti berbagai bantuan datang baik berupa sembako dan bantuan lainnya. Dalam kegiatan ini, kita bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kawunganten juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," kata Babinsa Serma Sugiyanto.

Menurutnya, pendekatan ini dinilai lebih tepat ketimbang pembatasan sosial berskala besar khususnya di tingkat pedesaan. Satgas Jogo Tonggo yang terbentuk ini nantinya ditempatkan di setiap RW untuk menjaga dan melakukan pemantauan kepada tetangga masing-masing. Tugas anggota gerakan ini juga memastikan bantuan dan dukungan dari luar wilayah yang masuk ke daerahnya tepat sasaran dan tepat guna," Pungkasnya. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Babinsa Ketanggung Kecamatan Sampang yang juga merupakan salah satu anggota Koramil 07/Maos Sertu Tofik Ngatokhurohman bersama petani setempat melaksanakan kegiatan Gropyok Tikus di Area Persawahan Desa Ketanggung Kecamatan Sampang, Selasa (18/5/21).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Ketanggung Joko Susanto bersama Kepala Dusunnya turun langsung membantu warganya memberantas hama padi yang meresahkan petani di desanya.

Selaku Kepala Desa, Joko Susanto mengungkapkan, kegiatan gropyok tikus ini sudah direncanakan sejak awal untuk memberantas hewan pengerat yang merusak tanaman padi, namun terkendala dengan kesibukan lainnya. Dengan hadirnya anggota TNI dari Koramil 07/Maos yang datang membantu, membuat dirinya turun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan gropyok tikus.

”Selaku Kepala Desa Ketanggung, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa dari Koramil Maos yang peduli dengan nasib para petani. Semoga dengan kegiatan ini, panen padi kelompok tani di desa kami, hasilnya akan meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Babinsa Sertu Tofik Ngatokhurohman, hama tikus ini sangat meresahkan para petani karena selain merusak tanaman padi juga berdampak fatal terhadap hasil panen nantinya sehingga harus segera ditanggulangi agar tidak meluas.

"Untuk itu agar serangan hama pengerat itu tidak terus meluas maka harus segera diatasi, dan salah satu upaya penanggulangannya yaitu dengan cara gropyok tikus," ujarnya.

kegiatan gropyok tikus dengan cara pengemposan asap belerang di lubang tikus yang dilakukan oleh para petani ini hasilnya terbukti cukup efektif. Sebab dengan cara ini banyak tikus yang dapat dibasmi. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Ketua Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi memimpin penandatanganan berita acara pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Koorcab Purwokerto Daerah D unsur Jalasenastri, bertempat di Kantor Dharma Pertiwi Cabang Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (17/5).

Hadir dalam kegiatan, Ketua Cabang 3 Korcab V DJA II Ny. Sri Sugeng Subagyo, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703 Korcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Ninda Andi Afandi, wakil ketua Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703 Ny. Aziz Lallo dan Pengurus Cabang 3 Korcab V DJA II dan pengurus Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703 Cilacap.

Dengan ditandatanganinya berita acara pengangkatan jabatan Wakil Ketua yang dijabat Ny. Sri Sugeng Subagyo dan beberapa pengurus dari unsur Jalasenatri  Lanal Cilacap maka secara resmi pengurus  Dharma Pertiwi Cabang Cilacap telah dikukuhkan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi mengatakan masih dalam suasana lebaran dirinya mengucapkan selamat hari raya idul Fitri 1442 H kepada segenap pengurus yang hadir.

Penandatangan berita acara pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Koorcab Purwokerto Daerah D unsur Jalasenastri, sangat penting sebagai bentuk sinergi antar Persit dan Jalasenatri Cilacap dalam satu atap organisasi yaitu Dharma Pertiwi.

"Dengan adanya wakil Ketua yang baru dari unsur Jalasenastri diharapkan kedepannya keorganisasian akan semakin solid dan berjalan dengan kompak meskipun memiliki perbedaan latar belakang organiasi, ini menjadi warna dan tantangan bersama agar Dharma Pertiwi semakin maju kedepanya," kata dia.

Sementara itu, Ketua Cabang 3 Korcab V DJA II Ny. Sri Sugeng Subagyo dalam sambutanya menuturkan ucapan terimaksih kepada jajaran Persit yang telah memfasilitasi kegiatan penandatanganan berita acara pengangkatan pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Koorcab Purwokerto Daerah D unsur Jalasenastri.

"Kami mewakili Jalasenatri Lanal Cilacap mengucapkan terimaksih atas kerjasama dan dukunganya selama ini dalam berbagai kegiatan. Harapanya kedepan kita bisa saling membantu dalam berbagai  kegiatan dibawah organisasi Dharma Pertiwi ini, sehingga organisasi ini semakin hidup dan keberadaanya dapat bermanfaat untuk masyarakat," tandasnya.(/Dyah)

Cilacap,Sulutnews.com - Diakhir bulan ramadhan, umat muslim di seluruh dunia merayakan kemenangannya setelah sebulan penuh berpuasa. Perayaan tersebut awali dengan sholat Idul Fitri dan saling bermaaf maafan untuk melebur dosa diantara sesama umat muslim. Namun ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perayaan hari kemenangan umat Islam berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Seperti halnya di Cilacap, di tengah pandemi Covid-19 ini, Forkopimda Kabupaten Cilacap menyelenggarakan perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M secara sederhana. Pelaksanaan sholat Idul Fitri yang hanya diikuti oleh unsur Forkopimda, Setda, Asisten serta Kepala OPD Kabupaten Cilacap dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Chakti, Kantor Pemda Kabupaten Cilacap, Jln.  Jenderal Sudirman, Cilacap, Kamis (13/5).

Pelaksanaan sholat Idul Fitri ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P. Dalam tausiyahnya, Dandim mengatakan, dalam merayakan hari raya Idul Fitri ini sudah sepantasnya umat Islam untuk berbahagia dan tetap bersyukur untuk merayakan momen kemenangan ini. Namun dibalik itu semua, banyak pelajaran hikmah faedah dan Fadhilah yang dapat dipetik untuk menjadi bekal dalam kehidupan yang akan datang.

Dandim juga mengajak untuk senantiasa meningkatkan iman, taqwa dan imun tubuh agar terhindar dari wabah Covid-19. Menurutnya, segala yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari skenario Allah SWT yang telah mengatur semua yang sedang dan akan terjadi di alam semesta ini.

"Satu hal yang perlu digaris bawahi dengan datangnya bencana yang silih berganti ini adalah bahwa tidaklah Allah menginginkan keburukan terjadi kepada kita semua. Untuk itu perlunya selalu mengingat kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan untuk tetap berada di jalan-Nya tentunya dibarengi dengan doa, upaya dan tawakal," Ujarnya.

"Kita harus selalu mengingat bahwa wabah ini adalah sebagian kecil dari ujian diantara ujian ujian Allah yang didatangkan kepada manusia di mana sejatinya kehidupan dan kematian adalah ujian bagi setiap umat. Ketika seseorang yang sedang diuji maka yang dilihat bukan seberapa besar ujian tersebut melainkan siapa yang paling baik ibadah atau amalnya," terang orang nomer satu di Satuan Kodim Cilacap tersebut.

"Meskipun Idul Fitri kali ini kita rayakan dengan cara yang berbeda karena menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi seperti biasanya, saya merasakan hal ini terasa berat tetapi keselamatan handaitolan dan sanak saudara tentu lebih penting dan harus menjadi prioritas kita semua, saya yakin kita bersama akan mampu melalui ujian berat ini," Pungkasnya.

Diakhir khotbahnya, Dandim mengucapkan Taqobalallahu Minna wa minkum taqobbal taqobbal ya karim Minal aidin wal faizin wa Kullu Aamin Wa Antum Bi Khoir. Selamat merayakan Idul Fitri 1 syawal 1442 Hijriyah 2021 masehi Mohon maaf lahir dan batin.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri, Dandim beserta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap berkumpul bersama di Pendopo menyampaikan ucapan Hari Raya Idul Fitri serta menyampaikan situasi terkini perkembangan Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji secara pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, mengucapkan "Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah" kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap, teriring doa, Taqobbalallohu minna wa minkum, Taqobal Ya Karim, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Dia juga mengatakan, warga masyarakat Kabupaten Cilacap masih harus melewati hari-hari berat karena pandemi Covid-19 yang sangat terasa dampaknya bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial. Tak hanya dirasakan oleh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Cilacap pun harus bekerja keras mengambil langkah pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19 yang melanda sejak tahun lalu.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan. Jajarannya bersama unsur Forkopimda, juga terus berjuang dan bekerja keras menanggulangi wabah Covid-19 lewat berbagai upaya, dengan merawat yang sakit dan menyelamatkan yang sehat melalui pencegahan penyebaran dari wabah ini, termasuk menyalurkan berbagai bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

"Saya secara pribadi dan atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten  Cilacap dan semua pihak, yang telah mendukung suksesnya berbagai program pembangunan di Kabupaten Cilacap. Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Bathin," ucap Tatto.(Urip)