Cilacap,Sulutnews.com - Diakhir bulan ramadhan, umat muslim di seluruh dunia merayakan kemenangannya setelah sebulan penuh berpuasa. Perayaan tersebut awali dengan sholat Idul Fitri dan saling bermaaf maafan untuk melebur dosa diantara sesama umat muslim. Namun ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perayaan hari kemenangan umat Islam berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Seperti halnya di Cilacap, di tengah pandemi Covid-19 ini, Forkopimda Kabupaten Cilacap menyelenggarakan perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M secara sederhana. Pelaksanaan sholat Idul Fitri yang hanya diikuti oleh unsur Forkopimda, Setda, Asisten serta Kepala OPD Kabupaten Cilacap dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Chakti, Kantor Pemda Kabupaten Cilacap, Jln.  Jenderal Sudirman, Cilacap, Kamis (13/5).

Pelaksanaan sholat Idul Fitri ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P. Dalam tausiyahnya, Dandim mengatakan, dalam merayakan hari raya Idul Fitri ini sudah sepantasnya umat Islam untuk berbahagia dan tetap bersyukur untuk merayakan momen kemenangan ini. Namun dibalik itu semua, banyak pelajaran hikmah faedah dan Fadhilah yang dapat dipetik untuk menjadi bekal dalam kehidupan yang akan datang.

Dandim juga mengajak untuk senantiasa meningkatkan iman, taqwa dan imun tubuh agar terhindar dari wabah Covid-19. Menurutnya, segala yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari skenario Allah SWT yang telah mengatur semua yang sedang dan akan terjadi di alam semesta ini.

"Satu hal yang perlu digaris bawahi dengan datangnya bencana yang silih berganti ini adalah bahwa tidaklah Allah menginginkan keburukan terjadi kepada kita semua. Untuk itu perlunya selalu mengingat kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan untuk tetap berada di jalan-Nya tentunya dibarengi dengan doa, upaya dan tawakal," Ujarnya.

"Kita harus selalu mengingat bahwa wabah ini adalah sebagian kecil dari ujian diantara ujian ujian Allah yang didatangkan kepada manusia di mana sejatinya kehidupan dan kematian adalah ujian bagi setiap umat. Ketika seseorang yang sedang diuji maka yang dilihat bukan seberapa besar ujian tersebut melainkan siapa yang paling baik ibadah atau amalnya," terang orang nomer satu di Satuan Kodim Cilacap tersebut.

"Meskipun Idul Fitri kali ini kita rayakan dengan cara yang berbeda karena menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi seperti biasanya, saya merasakan hal ini terasa berat tetapi keselamatan handaitolan dan sanak saudara tentu lebih penting dan harus menjadi prioritas kita semua, saya yakin kita bersama akan mampu melalui ujian berat ini," Pungkasnya.

Diakhir khotbahnya, Dandim mengucapkan Taqobalallahu Minna wa minkum taqobbal taqobbal ya karim Minal aidin wal faizin wa Kullu Aamin Wa Antum Bi Khoir. Selamat merayakan Idul Fitri 1 syawal 1442 Hijriyah 2021 masehi Mohon maaf lahir dan batin.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri, Dandim beserta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap berkumpul bersama di Pendopo menyampaikan ucapan Hari Raya Idul Fitri serta menyampaikan situasi terkini perkembangan Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji secara pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, mengucapkan "Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah" kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap, teriring doa, Taqobbalallohu minna wa minkum, Taqobal Ya Karim, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Dia juga mengatakan, warga masyarakat Kabupaten Cilacap masih harus melewati hari-hari berat karena pandemi Covid-19 yang sangat terasa dampaknya bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial. Tak hanya dirasakan oleh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Cilacap pun harus bekerja keras mengambil langkah pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19 yang melanda sejak tahun lalu.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan. Jajarannya bersama unsur Forkopimda, juga terus berjuang dan bekerja keras menanggulangi wabah Covid-19 lewat berbagai upaya, dengan merawat yang sakit dan menyelamatkan yang sehat melalui pencegahan penyebaran dari wabah ini, termasuk menyalurkan berbagai bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

"Saya secara pribadi dan atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten  Cilacap dan semua pihak, yang telah mendukung suksesnya berbagai program pembangunan di Kabupaten Cilacap. Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Bathin," ucap Tatto.(Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kodim 0703 Cilacap masih terus berlanjut, yang dilaksanakan pada hari hari ganjil di 10 hari akhir bulan Ramadhan, dan saat ini Baksos memasuki hari ke 4, Minggu (9/5).

Seperti biasanya, Kodim Cilacap menyiapkan makanan siap saji dan memasak di Dapur Lapangan untuk kemudian dikemas dalam wadah nasi box/sterofom, dan menunya juga bervariasi.

Biasa pada sore hari setelah shalat ashar, Tim Distribusi dengan mengendarai sepeda motor dinas sudah mulai bergerak untuk membagikan makanan tersebut kepada warga setempat utamanya orang yang kurang mampu yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Diungkapkan Serma Tarjono salah satu prajurit yang turut membagikan makanan, semenjak adanya covid 19 ini, semua sektor terkena dampaknya, mulai dari ekonomi, industri, pendidikan dan lainya, yang mana sebagian dari warga kehilangan pekerjaan dan kebingungan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Terutama masyarakat kurang mampu, yang sehari-hari berjualan kaki lima, tukang becak, tukang parkir, kaum dhuafa, dan fakir miskin yang sangat merasakan dampaknya, bahkan diantara mereka kadang pulang dengan tangan kosong, tanpa membawa uang untuk keluarganya," ungkapnya.

Terkait hal itu, sebagai wujud empati atas kondisi saat ini, Kodim Cilacap melaksakan bakti sosial dengan membagikan ratusan nasi box kepada warga terdampak pandemi. Kegiatan ini juga mendapat respon yang baik dari masyarakat dan aksi ini diikuti oleh warga lainya.

"Mungkin yang kita berikan tidak seberapa, namun apa yang kita lakukan ini akan memotivasi warga lain untuk ikut peduli dan berpartisispasi guna membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan. Inilah nilai-nilai ramadhan yang kita bangun ditengah masyarakat sehingga akan tumbuh kepedulian kepada sesama," tandasnya.(/Dyah)

Cilacap,Sulutnews.com - Masih dalam rangkaian kegiatan Kodam IV Berbagi, Kodim 0703 Cilacap kembali melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) hari kedua berupa pembagian nasi box dan juga masker gratis kepada warga di wilayah Kabupaten Cilacap, Rabu (5/5/2021)

Seperti biasanya, kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel yang terlibat dalam bakti sosial mulai dari Tim Memasak (koki), Tim packing dan Tim Distribusi, yang dipimpin Perwira Sandi (Pasandi) Kodim 0703 Cilacap Letda Czi Gunadi.

Usai pengecekan, para anggota melaksanakan pekerjaanya sesuai tugasnya masing-masing. Mulai dari memasak bahan-bahan sayuran, lauk pauk, memasak nasi dan  terakhir dikemas dalam wadah box/sterofom.

Dikatakan Pasipers Kodim 0703 Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso selaku Koordinator distribusi pembagian nasi box, bahwa target pemberian nasi box untuk Makodim lebih dari 100 box dan jajaran Koramil sejumlah 18 Koramil masing masing lebih dari 40 box dengan total keseluruhan target sebanyak 780 box per hari.

"Adapun sasaran distribusi adalah warga masyarakat yang terdampak covid-19, seperti kaum dhuafa, tukang becak, tukang parkir, pemulung, pegawai kebersihan, gelandangan dan masyarakat kurang mampu lainnya," kata dia.

Lebih lanjut dia menambahkan, dalam Bakti sosial yang bertajuk Kodam IV Berbagi itu pihaknya juga membagikan masker gratis kepada warga kurang mampu dan warga lainnya yang tidak memakai masker.

Ini merupakan upaya kita untuk membantu pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, disamping itu kita juga mengedukasi masyarakat. Selain itu karena ini momennya bulan ramadhan harapannya kegiatan ini menjadi berkah bagi kita semua.(/Sugeng)

Cilacap,Sulutnews.com - Ditinggal penghuninya pergi berjualan keliling, rumah milik Basiran (52) warga RT 01/08 Dusun Sidamulya Desa Banjarwaru Kecamatan Nusawungu ludes terbakar dilalap si Jago Merah, Rabu (5/5/21).

Kejadian bermula ketika salah satu warga, Misman (50) melihat kepulan asap di rumah Basiran dan  kemudian dia berteriak minta tolong ke tetanganya untuk berusaha memadamkan kobaran api yang sudah mulai menjalar ke seluruh bagian rumah.

"Sebelumnya muncul kepulan asap dari dalam rumah. Dengan alat seadanya kita bersama warga lain berusaha memadamkan api namun tidak cukup untuk menjinakkan api sehingga dengan cepat membakar rumah beserta isinya," terang Misman.

Sementara itu saat kejadian Basiran tidak berada di rumah karena sebelumnya pada pukul 08.00 WIB dia berangkat untuk berjualan gula merah keliling ke sekitar desanya. Saat kembali, rumahnya sudah dalam keadaan terbakar.

Pukul 09.10 WIB Mobil Damkar Kroya bersama Aparat TNI Koramil 05/Nusawungu datang ke lokasi kejadian dan langsung berusaha memadamkan. Api dengan cepat padam, namun rumah beserta isinya tidak bisa di selamatkan. Diduga, kebakaran terjadi akibat konsleting arus listrik. Musibah ini tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai 200 juta rupiah.

"Kejadian ini sudah kita laporkan ke Komando Atas. Kita juga telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk membantu korban atas musibah yang menimpanya," terang Sertu Tarwanto.

Kita juga menghimbau kepada warga lainnya, agar setiap bepergian untuk memastikan rumahnya dalam keadaan aman termasuk jaringan instalasi listriknya, agar kejadian serupa tidak menimpa rumah warga lainnya. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Bulan ramadhan yang penuh berkah telah menumbuhkan empati sebagian orang untuk membantu warga lainya yang sedang kesusahan akibat terdampak pandemi.

Seperti halnya yang dilakukan, para prajurit dan PNS Kodim 0703 Cilacap yang menggelar Bakti Sosial guna membantu warga yang kurang mampu maupun warga lainya yang sedang beribadah di bulan suci Ramadhan.

Terkait hal itu, Kodim Cilacap mendirikan Dapur lapangan di Komplek Makodim, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (3/1/2021) sebagai tempat memasak menu makanan yang akan disajikan. Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serempak oleh Satuan jajaran Kodam IV Diponegoro sesuai wilayahnya masing - masing.

Dijelaskan pejabat Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Kodim 0703 Cilacap Kapten Cba Gunawan, bahwa kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan mengambil waktu 10 hari akhir bulan Ramadhan yaitu di hari hari ganjil dimana di hari tersebut dinilai sarat akan makna keberkahan karena pada malamnya terdapat satu malam kemuliaan.

"Terkait kegiatan Bakti Sosial ini kita menyiapkan menu masakan siap saji sekitar 4000 paket nasi box yang akan kita bagikan sesuai waktu yang kita tentukan dengan sasaran warga yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap," jelasnya.

Lebih lanjut, kegiatan bakti sosial serupa juga dilaksanakan serempak oleh Satuan Koramil jajaran Kodim 0703 Cilacap. Sebanyak 18 Koramil di 22 Kecamatan wilayah Kabupaten Cilacap juga turut melaksanakannya, dalam satu hari ditargetkan sebanyak 780 paket nasi box.

"Secara teknis pembagian nasi kita lakukan secara serempak di tanggal 3, 5, 7, 9 dan 11 Mei 2021, waktunya sekitar pukul 15.00 sampai 16.00 Wib. Dengan sasaran warga yang ada di wilayah masing-masing, kalau Kodim sendiri sektornya wilayah Kota Cilacap dan Koramil jajaran sesuai wilayahnya masing-masing," imbuhnya.

Lebih lanjut, "Kegiatan ini merupakan gagasan Kodam IV Diponegoro yang melibatkan berbagai elemen yang bertujuan untuk berbagi terhadap sesama utamanya warga yang saat ini sedang kesusahan karena terdampak pandemi Covid-19.(/Sugeng)

Cilacap,Sulutnews.com - Harapkan keberkahan di bulan suci ramadhan, Aparat TNI Koramil 18/Cilacap Utara bersama anggota Pramuka Saka Wira Kartika mengadakan kegiatan Amaliyah Ramadhan, dengan membagi Takjil sebanyak 200 bungkus kepada pengguna jalan yang melintas di perempatan Jln. Setia Budi Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara, Sabtu (1/5/2021).

Dipimpin langsung Serka Teguh Hadi Suwiknyo tersebut dalam rangka melatih anggota Saka Wira Kartika Koramil 18/Cilacap Utara agar memiliki rasa kepedulian terhadap sesama.

"Kegiatan ini juga untuk melatih agar mereka peduli dengan lingkungan di sekitarnya terutama warga yang kurang mampu. Ini salah satu tujuan kegiatan bagi takjil pada sore hari ini," Kata Serka Teguh Hadi Suwiknyo.

Dia berharap bisa memudahkan para pengguna jalan untuk berbuka puasa sehingga ketika waktu berbuka puasa tiba, mereka yang belum sampai ke rumahnya bisa langsung berbuka puasa, Ini harapan kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan ini selain Pamong juga didampingi Pembina Nardi dan Instruktur Bekti Ismail Prakoso serta para Pengurus dan anggota Saka Wira Kartika kurang lebih 15 orang. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Sebanyak 53 kru KRI Nanggala 402 telah dinyatakan gugur dalam tugas. Hal itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di beberapa hari yang lalu di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali. Dari 53 kru, Sertu Yoto Eki Setiawan termasuk didalamnya.

Berbagai harapan dan doa pun digelar oleh keluarga korban tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402. Di kampung halamannya, di Jln. Pertamina No 45 RT 04/03 Desa Segaralangu Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, keluarga Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan menggelar doa dan pembacaan surat Yasin untuk mengiringi Almarhum menghadap kepada sang Kholik, Selasa (27/4/21) malam.

Doa bersama dihadiri oleh pihak keluarga Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan, Babinsa Jajaran Koramil 11/Sidareja Kodim 0703/Cilacap yaitu Sertu Suharja dan Serda Jumoro, Perangkat Desa Segaralangu serta warga masyarakat sekitar. Selain mendoakan, keluarga pun meminta agar segala kesalahan almarhum untuk dimaafkan.

"Apabila ada kesalahan baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja, kami mewakili keluarga memohon maaf  yang sedalam dalamnya seraya berdoa semoga Almarhum diampuni atas segala dosanya, dan ditempatkan disisih terbaik Allah S.W.T," pinta Rusiti, salah satu keluarga Alm. Sertu Yoto Eki Setiawan.

Sementara itu, selaku Babinsa Segaralangu, Sertu Subarja menjelaskan, pihaknya selama beberapa hari kedepan bersama warga sekitarnya akan menggelar doa dan pembacaan surat Yasin untuk mendoakan kepergian Almarhum.

"Tentunya kita semua sangat kehilangan atas berpulangnya Sertu Yoto Eki Setiawan dan awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 lainnya. Kita yang masih hidup cuma bisa mendoakan semoga Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan dan awak KRI Nanggala 402 lainnya diterima segala anak ibadahnya dan ditempatkan disisi Allah SWT, Amin," ucap Sertu Subarja. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Sebagai ungkapan duka cita atas gugurnya Almarhum Sertu (Bah) Yoto Eki Setiawan, Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P mengunjungi rumah keluarga duka korban kapal selam tenggelam KRI Nanggala 402  di Jln. Pertamina No 45 RT 04/03 Desa Segaralangu Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, Selasa (27/4/21).

Kedatangannya didampingi Pasi Pers Kodim 0703/Cilacap Kapten CPM Agus Santoso, Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Tasino, Anggota Persit KCK Ranting 12 Koramil 11/Sidareja dan Ranting 13 Koramil 12/Kedungreja, Perwakilan Dinsos Kabupaten Cilacap Tindar Pratama Aji. Camat Cipari Achmad Husin, S.Sos. juga turut hadir mendampingi bersama Kepala Desa Segaralangu, Ismail. Maksud kedatangan Dandim beserta rombongan adalah untuk melayat dan menyampaikan bela sungkawa yang sedalam dalamnya kepada pihak keluarga Almarhum  Sertu Yoto Eki Setiawan.

Diketahui, Almarhum Sertu Yoto Eko Setiawan merupakan kesatria bangsa kelahiran Cilacap, 23 Januari 1994. Jabatan terakhir adalah Ba Awak Kasel Nanggala 402 di Satuan Koarmada II. Almarhum beserta ABK lainnya dinyatakan gugur setelah Kapal Selam KRI Nanggala 402 tenggelam kurang lebih 850 meter dibawah permukaan laut. Almarhum meninggalkan seorang istri. Selain sebagai Kepala keluarga, Almarhum juga menjadi tulang punggung adik adiknya yaitu Devi Elisa Fajar (16 thn) Pelajar Kelas 1 SMU dan Wahyuningsih (7 thn) Pelajar kelas 1 SD.

Dalam kesempatan tersebut Dandim Letkol Inf. Andi Afandi, S.I.P menjelaskan, Almarhum adalah putra terbaik bangsa dan kebanggaan keluarga, warga Desa Segaralangu dan Kabupaten Cilacap. Saat ini Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan juga telah mendapat kenaikan pangkat anumerta dari negara.

Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan adalah ksatria bangsa, kebanggaan bangsa dan keluarga. Dia mengabdi sebagai anggota TNI dan telah mengabdikan diri kepada bangsa dan menjadi tulang punggung keluarga. Untuk itu, saya mewakili keluarga besar Kodim 0703/Cilacap termasuk Forkopimda menitipkan pesan bahwa baik TNI, Pemda, dan lapisan masyarakat, ini adalah keluarga besar kita bersama yang menjadi tanggungjawab bersama dan harus kita kawal bersama.

Boleh kita kehilangan satu kesatria bangsa tetapi tugas kita disini adalah bagaimana yang hidup ini mendoakan dan membantu keluarga yang ditinggalkan. Itulah pesan kami yang terbaik.Dan tentunya kita akan berkoordinasi secara ketat dengan Forkopimda dan menyiapkan masa depan adik adiknya untuk bisa meneruskan cita-cita kakaknya.

Sementara itu, Ibu Rusiti selaku keluarga Almarhum memohon doa agar bisa mendapat mujizat dari Allah SWT untuk keselamatan Yoto Eki Setiawan. Meskipun telah dikabarkan kapal selam telah pecah menjadi tiga bagian, namun dirinya masih berharap ada mukjizat karena sampai saat ini belum ada kabar berita ditemukannya ABK kapal selam satu orang pun. Oleh karenanya kami keluarga berdoa semoga ada mukjizat dari Allah SWT," Ucapnya.

Gugurnya Alm. Sertu Yoto Eki Setiawan juga mendapat perhatian dari Dinas Sosial Kabupaten Cilacap. Melalui perwakilannya Tingar Pratama Aji, Dinas Sosial Kabupaten Cilacap akan membantu proses bantuan sosial hingga ke Kementrian Sosial RI. Diakhir kunjungannya tersebut, Dandim 0703/Cilacap juga memberikan santunan dari Keluarga besar Kodim 0703/ Cilacap dan dari Komandan Korem 071/ Wijayakusuma yang diserahkan Letkol Inf. Andi Afandi, S.I.P kepada Ananda Devi Elisa Fajar, adik Alm. Sertu Yoto Eki Setiawan. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Sementara Babinsa jajaran Koramilnya memastikan kegiatan sholat tarawih terapkan protokol kesehatan Covid-19, ini yang dilakukan Babinsa Karangjati Koramil 07/Maos Sertu Tofik Ngatokhurohman, Minggu (25/4/21). Melihat beberapa warganya tidak memakai masker, dia membagikan masker kepada jamaah sholat tarawih Masjid Nurul Iman, Jln Masjid RT 01/05 Desa Karangjati Kecamatan Sampang.

Menurut Sertu Tofik, panggilan akrabnya, pembagian puluhan masker gratis ini dalam rangka menerapkan protokol kesehatan serta kembali menyosialisasikan pentingnya memakai masker guna mencegah klaster baru Penyebaran Covid-19. Selain hal tersebut, sosialisasi ini sesuai dengan imbauan pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 1442 H.

"Selain memang imbauan dari pemerintah, kita ingin kembali mendisiplinkan masyarakat tentang protokol kesehatan sehingga mereka tetap memakai masker ketika menunaikan shalat tarawih, ini penting karena mereka sering lupa membawa maskernya,” Kata Babinsa Karangjati.

Terkait pembagian masker, dia menjelaskan bahwa program pembagian masker gratis ini sebagai bentuk pelayanan TNI kepada masyarakat agar terhindar dari ancaman Covid-19. Sekali lagi, kita ingin mendisiplinkan masyarakat tentang aturan Protokol kesehatan Covid-19 dan pembagian masker ini salah satu upaya kita untuk mencegah penyebaran Covid-19 sehingga para jamaah dapat beribadah dengan aman dan khusu," Tandas Sertu Tofik Ngatokhurohman. (Urip)

Cilacap,Sulutnews.com - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cilacap kembali kehilangan anggota, sahabat dan rekan terbaik mereka yaitu Peltu (Purn) Soerachman.

Prosesi persemayaman dan pemakaman Militer Almarhum Peltu (Purn) Soerachman dipimpin oleh Komandan Koramil (Danramil) 01/Cilacap Kapten Inf Saidin ke tempat peristirahatanya terakhir di Taman Bahagia Surengrono, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Kamis (22/4).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Danramil 01/Cilacap Kapten Inf Saidin, pejabat Perwira Upacara Pasipers Kodim 0703 Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso dan peserta upacara terdiri dari pasukan gabungan dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap dan anggota Legiun Veteran RI (LVRI) Cilacap.

Diketahui, Almarhum Peltu (Purn) Soerachman pernah tercatat sebagai anggota TNI dengan Nomor Registrasi Pusat (NRP) 293751, dengan jabatan terakhir sebagai Danrumin Sub Denpom IV-I-I Cilacap.

Berbagai bintang jasa dan tanda jasa yang dimilikinya antara lain Bintang LVRI, Satya Lencana LVRI, Gelar Kehormatan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, Satya Lencana Teladan, Satya Lencana Penegak dan Purnakarya dari Bupati Cilacap.

Pria kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1932 itu meninggal pada rabu, 21 April 2001 pukul 12.00 WIB karena sakit di kediamanya yang beralamat di RT.02/RW. 04 Kelurahan Sidanegara  Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP melalui Inspektur Upacara Kapten Inf Saidin mengungkapkan pada kesempatan yang penuh rasa bela sungkawa ini, atas nama pemerintah dan yang hadir disini mengucapkan ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya.

"Kepada seluruh hadirin marilah kita bersama-sama memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga segala kesalahan dan kekhilafan dosa diampuni dan amal baiknya diterima di sisiNya dan kepada keluarga yang ditinggalkan  hendaknya dapat menerima kepergian almarhum dengan ikhlas," ungkapnya.

Kita sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaanNya tentu kita menyadari benar bahwa kepergian itu sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Pencipta.

Lebih lanjut, "Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil sehingga acara ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar," tutupnya.(/Sugeng)