Foto: Kondisi Proyek Stadion Babe Palar saat di guyur hujan deras dan Tarcisius N.I Tuju SST (foto Insert) Foto: Kondisi Proyek Stadion Babe Palar saat di guyur hujan deras dan Tarcisius N.I Tuju SST (foto Insert)

PUPR Tomohon Tegaskan Proyek Stadion Babe Palar 2021 Tidak Ada Masalah

Written by  Jul 19, 2022

Tomohon,Sulutnews.com - Hasil Pekerjaan pada Proyek Stadion Babe Palar Kota Tomohon yang dibangun pada tahun 2021, sampai saat ini kerap menuai kritikan dari sejumlah masyarakat dan para penggiat anti korupsi di Kota Tomohon. Pasalnya setiap diguyur hujan deras Stadion yang terletak di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon selatan ini langsung digenangi air bagaikan kolam.

Muncul sejumlah spekulasi bahwa hasil pekerjaan pada proyek ini diduga  tidak sesuai dengan Standard pekerjaan yang tertera dalam spesifikasi proyek dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Menyikapi dugaan miring pada pekerjaan proyek yang dibandul 4, 5 Milyar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, M.Si. melalui PPK Tarcisius N.I Tuju SST selaku  Pejabat pembuat komitmen (PPK) membantah keras jika hasil pekerjaan pada Proyek Stadion Babe Palar Kota Tomohon tidak sesuai Standard pekerjaan yang tertera dalam spesifikasi dan RAB.

Proyek tersebut sudah selesai diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dan Dinas Inspektorat Tomohon, ucap Tarcisius, Selasa (19/7/2022).

"Memang benar di temukan ada kekurangan dalam volume pekerjaan pada proyek tersebut, yakni garis di lapangan, "Itu saja kekurangannya, tutur Tarcisius.

"Tapi setelah kami tinjau kembali pada minggu yang lalu, kekurangan volume yang menjadi temuan BPK sudah diselesaikan oleh pihak perusahaan timpalnya.

Diterangkan Tarcisius proyek tersebut belum di bayarkan 100% dan masi tersisa lagi 5% pembayaran untuk diberikan kepada pihak ketiga selaku pelaksana pekerjaan.

Hal ini dilakukan karna Proyek tersebut masi terhitung dalam Masa Pemeliharaan yang diketahui adalah jangka waktu untuk melaksanakan kewajiban pemeliharaan oleh Penyedia, selama masa pertanggungan yaitu terhitung sejak tanggal penyerahan pertama pekerjaan (Provisional Hand Over) sampai dengan tanggal penyerahan akhir pekerjaan (Final Hand Over), Tandasnya.

Penulis: ARP

Last modified on Tuesday, 19 July 2022 14:35