Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut, SE menghadiri Ibadah Perayaan Hari Persatuan Wanita/Kaum Ibu GMIM Tahun 2021.

Tempat : Aula Lt.3 Kantor Sinode GMIM, Sabtu,15 Mei 2021.

Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dalam sambutannya mengatakan Hari Persatuan (Hapsa) WKI GMIM saat ini masih dalam suasana memperingati Kenaikan Yesus Kristus ke Sorga.

Maka dari itu perayaan ini memiliki nilai, arti dan makna tersendiri. Dengan semangat Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Sorga, WKI di semua aras, profesi dan aktivitas terpanggil untuk terus menjadi alat Tuhan mengabarkan injil kebenaran kepada sesama manusia pada situasi dan kondisi apapun."kata Walikota Caroll".

"Ya Situasi ini membawa perubahan besar terhadap tatanan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Berbagai kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sesuai dengan fase dan kondisi masyarakat dalam upaya menanggulangi penyebaran covid-19. Namun demikian, dalam situasi apapun WKI GMIM harus mampu tampil dan menunjukkan diri menjadi sarana memberitakan injil Yesus Kristus."kata Walikota Caroll".

Lanjut nya, Tentunya,WKI harus mengambil bagian dalam  berbagai organisasi, baik organisasi gereja, organisasi pemerintahan, organisasi politik, dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

Dan diharapkan melalui organisasi tersebut, WKI dapat membuktikan diri untuk menjadi saluran berkat bagi masyarakat maupun jemaat. Saat ini banyak WKI GMIM yang menjadi publik figur, diantaranya Ketua WKI GMIM penatua Dra. Adriana Ch. Dondokambey, M.Si sebagai anggota DPR RI, Sekretaris WKI GMIM Penatua Ir. Miky Junita L. Wenur MAP, sebagai Anggota DPRD Kota Tomohon, dan masih banyak lagi WKI yang menjadi publik figur di organisasi, pemerintahan, politik, sosial kemasyarakatan, profesional, pengusaha dan lain sebagainya. Diharapkan ke depan lebih banyak lagi WKI GMIM yang bisa menjadi pemimpin publik."ucapnya".

Tentunya,"Saya selaku Walikota Tomohon memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini, karena dalam situasi dan kondisi yang dibatasi oleh protokol kesehatan akibat pandemi covid-19, WKI dapat menyelenggarakan ibadah syukur. Kita sama-sama berdoa semoga covid-19 segera hilang dari muka bumi ini sehingga ke depan kegiatan Hari Persatuan WKI GMIM dapat dilaksanakan  seperti yang lalu-lalu."jelas Wawali Caroll.

Sementara Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE juga mengucapkan selamat merayakan Hari Persatuan Wanita/Kaum Ibu GMIM, Proficiat,serta mengatakan "saya hanya ingin berpesan kepada Ibu-ibu berbuat baiklah maka kebaikan akan mendatangimu. Ada suatu nasehat, jika kita berbuat baik walaupun rejeki belum kita dapatkan tapi yakin dan percaya malapetaka sudah menjauh, jika kita berbuat jahat rejeki pasti akan menjauh dan malapetaka akan semakin mendekat."ucap Wawali Wenny.

Wenny Kembali mengingatkan ,sesibuk apapun WKI  tidak boleh melupakan kodrat sebagai seorang istri yang memiliki tanggung jawab terhadap suami dan anak-anak. Hormati dan hargailah suami serta sayangilah anak-anak kita. Harus mampu membagi dan mengorganisir peran sebagi pelayanan Tuhan dan pelayan publik maupun seorang istri dalam keluarga, niscaya tugas dan tanggung jawab dalam berbagai peran akan selalu diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus. WKI GMIM harus menjadi teladan bagi masyarakat dan keluarga, mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan antar sesama WKI GMIM, mengasihi sesama manusia, mampu berinteraksi, berkreasi dan berinovasi demi kemajuan WKI dan jemaat sinode GMIM secara umum dan dapat membawa damai bagi semua orang."tutupnya.

Ibadah dipimpin oleh kadhim Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. Hein Arina.

Dihadiri oleh Ketua Komisi Pelayanan WKI Sinode GMIM Pnt. Dra. Adriana Ch. Dondokambey, M.Si, Sekretaris Pnt. Ir. Miky J. L. Wenur, MAP, Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Jani Rembang, Wakil Bupati Mitra Drs. Jesaya Joke Legi, Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, SE, Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand'arc Senduk-Karundeng, Mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania, para Ketua dan Sekretaris TP-PKK se-Sulawesi Utara, dan Komisi Pelayanan WKI Sinode GMIM.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. mengukuhkan Kelompok Tani Manasa Kelurahan Talete Satu. Pelaksnaan Pengukuhan dilakukan di perkebunan Pa' Kasingen Kelurahan Talete Satu Kecamatan Tomohon Utara, yang dilaksanakan penandatanganan berita acara pengukuhan serta penyerahan sertifikat.Selasa,11 Mei 2021.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Tomohon mengatakan "ya tentunya kelompok tani memiliki peranan penting dan merupakan wadah yang bertujuan untuk dapat meningkatkan perekonomian para petani secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan Kota Tomohon."ucapnya".

lanjutnya,dengan melalui kehadiran kelompok tani, harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani dengan tujuan utama adalah tercapainya kesejahteraan petani dan terciptanya keadaulatan pangan."kata Wawali Wenny.

Wawali berharap "Semoga kepengurusan ini dapat mengemban amanah bekerja dengan baik, bekerja dengan ikhlas serta bekerja berkualitas sehingga dapat mengelola kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, sekaligus menjadi mitra bagi pemerintah Kota Tomohon untuk mencapai misi “memajukan sistem pertanian dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan” di Kota Tomohon."kata Wawali Wenny.

"Ya tentunya diharapkan juga kelompok tani ini benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi, akses permodalan, pemasaran dan sebagainya."ajak Wawali Wenny.

Turut hadir Kadis Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP. bersama para penyuluh pertanian, Camat Tomohon Tengah Edvin Joseph, SSTP., M.Si. dan Lurah Talete Satu Early Legi, SSTP. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH melakukan peninjauan lokasi objek wisata air panas belerang lahendong Kecamatan Tomohon Selatan pada hari Selasa 11 Mei 2021.

Walikota Caroll mengatakan "Ya Kota Tomohon yang di kenal sebagai segudang potensi wisata,dan  salah satunya Wisata Air Panas Bumi Lahendong. " Kami optimis jika dikelolah dengan baik Wisata “Hot Spring” ini dapat menandingi Pemandian Air Panas kelas dunia seperti yang ada di Jepang ataupun Islandia. "Kata Walikota Caroll.

Lanjutnya,Tentunya,ini sudah merupakan visi-misi kami dalam menuju Tomohon Kota Pariwisata dunia, dan cita-cita pembuatan wisata air panas Lahendong juga menjadi salah satu prioritas.serta Efek ekonomi untuk masyarakat Tomohon terlebih masyarakat Lehendong lewat program ini kami optimis dapat terwujud."ucapnya.

"Maka dari itu,bersama instansi terkait kami optimis pembangunan ini boleh dimulai paling lambat tahun 2022. "Mari bersama, torang melangkah pasti untuk Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera."ajak Walikota Caroll".

Ikut juga dalam peninjauan Ketua TP PKK Kota Tomohon Ibu drg Jean D'Arc Senduk Karundeng, Kepala Dinas Pariwisata Masna Pioh S.sos, Camat Tomohon Selatan Stenly Mokorimban.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Ketua GABSI Provinsi Sulut Joune J E Ganda SE, juga sebagai Bupati Minahasa Utara melantik GABSI (Gabungan Bridge Seluruh Indonesia) Kota Tomohon Periode 2021-2025, Oktavianus Mende SH M Kn sebagai ketua GABSI Kota Tomohon, bertempat Anugerah Hall Tomohon, Rabu,12 Mei 2021.

Dalam sambutan Bupati Minahasa Utara Joune J E Ganda SE,yang juga selaku Ketua GABSI Prov.Sulut, mengatakan " Ya tentunya salah satu esensi permainan bridge adalah kejujuran.Maka diharapkan kepada pengurus maupun atlet bridge kota Tomohon agar mempunyai semangat dan integritas yang tinggi dalam pembinaan untuk meraih prestasi"ucapnya ".

Lanjutnya,Dan diharapkan kepada para atlet atau pemain bridge, perlu diingat bahwa hal yang penting dalam bertanding yaitu prinsip kejujuran.

Karena Aspek kejujuran dalam bertanding bridge harus dikedepankan."harapnya".

Tambahnya," Semoga melalui kepengurusan ini akan lebih memajukan bridge di Kota Tomohon dan lebih berprestasi lagi dalam berbagai tingkatan."ungkap Joune".

"Dan Selamat kepada seluruh pengurus yang sudah dilantik serta selamat menjalankan tugas

kepengurusan, selamat bekerja dan semoga kedepan semakin berprestasi."ucapnya".

Sementara itu Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, yang didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut SE menegaskan pihaknya  mensuport akan kepengurusan bridge di Kota Tomohon agar kedepan semakin hebat.

"Ya tentunya,atas nama pemerintah Kota Tomohon mengucapkan selamat kepada pengurus gabungan bridge yang baru dilantik, kiranya saudara-saurdara yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dalam membina dan menghasilkan atlet-atlet bridge yang dapat menorehkan prestasi gemilang untuk membawa dan meningkatkan kemajuan olahraga bridge di Kota Tomohon"ucap Walikota Caroll.

"Semoga Tuhan memberkati kita semua dalam setiap kerja dan karya membangun Kota Tomohon semakin maju, berdaya saing dan sejahtera."kata Walikota Caroll

Ketua GABSI Kota Tomohon Oktavianus Mende SH M Kn yang baru saja dilantik berharap adanya dukungan dan suport dari Pemerintah Kota Tomohon bersama jajaran pengurus Provinsi Sulut, sehingga kedepan bridge di Kota Tomohon akan semakin maju dan sukses.

Dikatakannya pihaknya telah berkomitmen kedepan akan melaksanakan program bridge masuk sekolah salah satu tujuannya adalah agar boleh tumbuh dari tingkat sekolah, dan kami yakin akan sangat berpegaruh dalam kemajuan dan perkembangan bridge di Kota Tomohon. Hal ini merupakan salah satu program prioritas kami.

Pelantikan ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan bendera pataka kepada pengurus yang baru, disaksikan Walikota Tomohon sebagai pelindung dalam kepengurusan tersebut, dan Wakil Walikota Tomohon sebagai penasehat.

Kesempatan itu, ketua GABSI Sulut membuka kegiatan pertandingan bridge persahabatan yang diikuti berbagai peserta.

Tampak hadir Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, Caretaker KONI Tomohon Drs Eliert Paat, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur M Kes, Kadis Kepemudaan dan Olahraga Kota Tomohon Drs Ventje Karundeng.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com,- DPRD kota Tomohon menggelar rapat paripurna dalam rangka penandatanganan nota kesepakatan rancangan awal pembangunan jangka menengah (RPJMD) kota Tomohon tahun 2021-2026.Jumat,7 Mei 2021.yang bertempat di Ruang sidang DPRD kota Tomohon.

Pergelaran rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, SE dan yang didampingi Wakil Ketua Erens Kereh, AMKL dan Drs. Johny Runtuwene, DEA.

Dalam sambutan  Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH menyatakan "Ya pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon yang telah mengagendakan kegiatan rapat paripurna DPRD ini sebagai langkah percepatan dalam tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2021-2026". ucapnya.

Lanjut,RPJMD Kota Tomohon merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang disusun secara bersama-sama dengan pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing, serta dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki daerah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Walikota dan Wakil Walikota yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun. "Katanya

"Maka dari itu selaku Walikota Tomohon menyampaikan banyak terima kasih atas kerjasama yang harmonis antara pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon dengan tahapan yang sudah sesuai dengan alokasi waktu yang telah diatur dalam regulasi. Sebagaimana melalui  pembahasan yang sudah dilakukan baik dengan tim penyusun RPJMD Kota Tomohon maupun dengan perangkat daerah yang dibahas bersama komisi DPRD, sehingga apa yang menjadi saran dan masukan bahkan rekomendasi akan menjadi catatan strategis yang dapat dijadikan masukan perbaikan dalam penyempurnaan atas dokumen rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 dan akan langsung di tindaklanjuti oleh pemerintah selaku tim penyusun."ucapnya".

Tambahnya,perlu juga diketahui dokumen rancangan awal RPJMD ini nantinya akan dikonsultasikan ke provinsi. Tahapan selanjutnya adalah pengajuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kota Tomohon. Rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD yang berpedoman pada visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. Sehingga saya selaku Walikota bersama Wakil Walikota terpilih Kota Tomohon ingin menyampaikan visi dan misi kami untuk di implementasikan dalam kurun waktu masa kepemimpinan kami yang dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2021-2026. visi kami adalah “Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera” yang dijabarkan dalam 5 misi :

  1. Menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius
  2. Peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor
  3. Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia
  4. Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan
  5. Mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas

"Ya tentunya besar harapan kami kiranya sinergitas yang baik antara Pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat dapat terjalin demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon yang kita cintai.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya mintakan kepada seluruh pejabat dan kepala perangkat daerah di jajaran pemerintah Kota Tomohon untuk bekerjasama dalam penyempurnaan dokumen rancangan awal RPJMD Kota Tomohon ini berdasarkan fungsi masing-masing serta dalam menjalankan program dan kegiatan agar senantiasa sejalan dengan perencanaan pembangunan strategis 5 (lima) tahun ke depan, serta turut berkontribusi dalam memberikan evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data sesuai dengan tanggung jawab, tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah. "Harap Walikota".

Sehingga RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 dapat dikatakan sebagai hulu dari seluruh alur pelaksanaan pembangunan yang wajib dijadikan pedoman bagi seluruh stakeholders yang terkait dengan pembangunan di Kota Tomohon. RPJMD Kota Tomohon ini nantinya juga akan menjadi pedoman bagi seluruh perangkat daerah dilingkup pemerintah Kota Tomohon untuk merumuskan dokumen rencana strategis (Renstra) perangkat daerah tahun 2021-2026, yang kemudian akan dijabarkan setiap tahun selama periode RPJMD ini dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), rencana kerja (Renja) perangkat daerah dan akan menjadi dasar dalam penyusunan RKA perangkat daerah; KUA-PPAS sampai pada penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Tomohon."tutup Walikota Caroll".

Hadir Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE, Anggota DPRD Kota Tomohon, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP, MSi, serta para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E.  menghadiri pelantikan Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin, 10 Mei 2021

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mewakili Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado terpilih periode 2021-2024

“Saya Gubernur Sulut atas nama Presiden RI dengan resmi melantik saudara Andrei Angouw sebagai Walikota Manado dan saudara dr. Richard Sualang sebagai Wakil Walikota Manado,” ucap Olly saat melakukan pelantikan.

Gubernur mengingatkan bahwa sumpah janji yang diucapkan merupakan pertanggung jawaban bukan hanya kepada masyarakat Kota Manado tetapi juga kepada Tuhan.

“Sumpah janji ini disaksikan Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan baik-baiknya,” ujarnya.

Seusai pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Manado kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Manado oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan.

“Saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Sulut dengan resmi melantik nyonya Irene Angouw-Pinontoan sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kota Manado,” ucap ibu Rita.

Hadir juga dalam kegiatan pelantikan tersebut jajaran Forkopimda Sulut, Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O. E. Kandouw, Para Kepala Daerah Se- Sulawesi Utara, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, jajaran anggota TP-PKK dan Dekranasda Sulut.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com,- Walikota caroll dan Wakil Walikota Wenny hadiri Launching aplikasi Sloath dan implementasi

yang merupakan progam unggulan walikota dan wakil walikota dalam kegiatan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan,yang bertempat di Lantai III MPP, Jumat,7 Mei 2021.

Dalam sambutan Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH menyatakan "Ya tentunya ini adalah salah satu program unggulan walikota dan wakil walikota tomohon yang merupakan pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal, yang mampu menjangkau pelayanan dasar baik dalam pemberian hak-hak sipil penduduk maupun dokumen kepedudukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah yang dituangkan dalam sebuah konsensus nasional melalui undang-undang no. 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, termasuk regulasi pelaksanaan dari undang-undang tersebut."kata Wali kota Caroll ".

Lanjut,Dan program ini pula sengaja kami tuangkan dalam program unggulan guna merespons dan melegitimasi status dan eksistensi  kependudukan dan hak-hak sipil penduduk melalui pemberian dokumen kependudukan yang disadari akan dimanfaatkan dalam semua sendi kehidupan. Sebuah komitmen di dalam kepemimpinan kami kini dan kedepan, dalam  soliditas semua stekholder bersama komponen masyarakat baik lembaga keagamaan, pemerintah, kaum wiraswasta dan  lainnya. Untuk menjadikan tomohon mampu bekompetisi dengan daerah-daerah dan kota lainnya baik di dalam negeri dan bahkan di tingkat internasional. Dimana sasaran kami adalah tidak hanya menggali dan memperkenalkan potensi serta kemampuan daerah, namun lebih di titik beratkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan."ucapnya".

Maka dari itu ada beberapa saran yang perlu diketahui yakni ;

  1. Program akselerasi pelayanan yang terintegrasi kepada semua perangkat daerah sampai di tingkat kelurahan adalah sasaran utama untuk mampu merespons kebutuhan masyarakat, seperti halnya pencetakan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat yang diawali dengan pencetakan dokumen oleh petugas registrasi kelurahan yang sudah melalui proses pelatihan atau bimbingan teknis. Termasuk pelayanan intengratif yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan aparatur sipil negara.
  2. Guna menjawab masukan-masukan dari kalangan masyarakat, terutama dalam pelayanan pencatatan perkawinan, dimana amanat undang-undang yang memungkinkan pelayanan kepada masyarakat menggunakan “stelsel aktif” atau jemput bola untuk pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, maka penting diterapkan kembali pola pencatatan perkawinan di tempat terjadinya perkawinan itu sendiri.
  3. Dilaporkan tadi oleh kepala dinas terkait aplikasi e-office, maka hal ini pun dapat di implementasikan di tingkat perangkat daerah lainnya termasuk sekretariat daerah dan sekretariat dprd dalam rangka percepatan pengolahan administrasi pemerintahan dan kepegawaian.
  4. Pelayanan dokumen kependudukan yang baru, dibatasi pada penerbitan dokumen akta-akta (akta kelahiran, perkawinan, kematian, pengesahan anak dan kartu keluarga, maka perlu dilakukan penerbitan dokumen ktp-el dan kartu identitas anak (kia) melalui anjungan dukcapil mandiri (adm). Mengingat belum tersedianya alat anjungan dukcapil mandiri tersebut, maka sekiranya dimungkinkan bapak dirjen dapat menfasiltasinya melalui direktorat dukcapil kementerian dalam negeri republik indonesia.
  5. Kegiatan saat ini diharapkan memberi dampak terhadap penyelenggaran administrasi kependudukan yang dilaksanakan sampai di tingkat kelurahan, kecamatan termasuk perangkat daerah terkait dan lembaga-lembaga lainnya, maka dapat pula dilakukan kerja sama pemanfaatan data kependudukan melalui pemberian hak akses yang atas rekomendasi menteri dalam negeri melalui direktorat dukcapil, yang telah memberi kesempatan pemanfaatan data kependudukan kepada

Kegiatan ini pula dirangkaikan penyerahan 1000 KIA kepada beberapa perwakilan dan parah Lurah se Kota Tomohon, Penyerahan sertifikat.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Permainan persembunyian yang di lakukan NP (27) alias Nopeng, asal Tomohon, dengan kebejatannya lakukan Persetubuhan terhadap anak dibawah umur kini telah berakhir diamankan Team URC Totosik yang dinakhodai Aipda Yanny Watung, Kamis 6 Mei 2021.

Kapolres Tomohon, AKBP Bambang A Gatot SIK MH didampingi Katim URC Totosik Polres Tomohon, Aipda Yanny Watung menjelaskan "Ya kami mendapat laporan Senin tanggal 19 April 2021 mendapatkan informasi, kami pun langsung bergegas menuju ke TKP dan lakukan Pulbaket dilanjutkan bersama warga sekitar TKP melakukan pencarian pelaku disekitar TKP namun tidak menemukan pelaku. Saat itupun kami lakukan pengembangan akan keberadaan pelaku dari rumah maupun perkebunan milik keluarga pelaku yang ada di seputaran Kota Tomohon namun tidak berhasil juga bertemu dengan pelaku."kata Yanny"

"Kami pun terus lakukan pencarian, pada hari Jumat tanggal 23 April 2021, mendapat informasi bahwa pelaku bersembunyi di Tondano Kab. Minahasa, ketika sampai di lokasi tidak berada lagi di tempat itu.

"Dan pada hari kemarin Kamis 6 Mei 2021, didapati informasi sekira jam 01.00 Wita, pelaku sementara berpesta miras bersama rekannya di salah satu rumah di Kel. Talete Satu Kec. Tomohon Tengah. Kami langsung mengamankan pelaku tanpa adanya perlawanan, keesokan harinya kami membawa pelaku ke wilayah Minahasa yang tepatnya di kelurahan Rinegetan guna mencari barang bukti berupa baju yang ia gunakan dalam melakukan aksinya, namun saat itu pelaku hendak ingin melarikan diri, dengan cepat saat itu kami lakukan tegas terukur dengan cara melumpuhkan pelaku dengan tembakan sebanyak 1 kali ke arah kaki, dan mengenah pada tubuh bagian kaki sebelah kiri tepatnya betis, saat itupun kami membawa pelaku ke RS Bhayangkara Karombasan untuk mendapatkan perawatan."kata Yanny".

Yanny pun menjelaskan  kronologi kejadian tersebut berawal dari pelaku datang ke rumah korban sebut saja Mawar (7) mengajak Mawar mengobrol sambil mengawali pembicaraan dengan bertanya apakah masih ada jualan mie di rumah korban, dan korbanpun menjawab sudah tidak ada dikarenakan sementara berlangsung ibadah.

Dengan kebejatannya, Pelaku merampas handphone korban, sehingga membuat korban mengikuti pelaku yang hendak meminta handphone tersebut, sesampainya korban mengikuti pelaku di TKP, Pelaku   menarik tangan korban dan langsung menurunkan celana korban selanjutnya memainkan alat kelamin korban. Korban yang saat itu berusaha melawan sambil berteriak, dipukul oleh pelaku sebanyak 1 kali dan mengenah pada tubuh bagian mulut, merasa tidak berdaya korban pun menangis, tanpa memperdulikan tangisan korban, pelaku selanjutnya menurunkan celana miliknya sambil mengeluarkan kemaluannya dan berusaha memasukan kemaluannya ke dalam kemaluan korban.

Korban yang masih berusia 7 tahun, sehingga mengakibatkan kemaluan korban menjadi sobek dan luka hingga mengeluarkan darah, hal tersebut juga membuat korban mengalami trauma akan orang dewasa laki laki, dan setelah Pelaku selesai lakukan kebejatannya, kemudian pelaku lari meninggalkan korban di tkp dalam keadaan tak berdaya dan luka bersimbah darah, hingga ditemukan oleh ayah pelaku yakni saksi pelapor AM alias Adrian (29) "jelas Yanny"

Pelaku saat ini sudah diamankan dan akan tindak lanjuti yang Sesuai hukum perbuatannya."tutup Yanny.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Dalam kegiatan memeriahkan dan memperingati Hari Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021,digelar Pelaksanaan Ragam/Aktifitas Kegiatan untuk Menjaga dan Membangkitkan Semangat Belajar di masa Darurat Covid 19,dalam rangka Memperingati Hardiknas tahun 2021.Yang bertempat SMK Kr. 1 Tomohon, Rabu, 5 Mei 2021.

Dalam pelaksanaan Penyelenggara kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah Prov. Sulut.

Sementara Prakata Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE mengatakan, dalam kegiatan memeriahkan dan memperingati Hari Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021, dan  atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw."kata Wawali Wenny"

Lanjutanya,Pemerintah Kota Tomohon dalam kegiatan sementara memeriahkan Hari Pendidikan Nasional, dan pada rangkaian kegiatan upacara bendera memperingati Hardiknas kami juga secara resmi telah membuka kembali sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas di 20 satuan pendidikan jenjang TK/Paud, 41 SD, dan 20 SMP di Kota Tomohon."ucap Wawali Weny"

Tentunya,Hal ini kami lakukan setelah terlebih dahulu memastikan kesiapan sarana prasarana penunjang penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Kami juga telah melakukan vaksinasi terhadap 1.398 pendidik dan tenaga kependidikan sebagai salah satu prasyarat dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas."ucapnya".

Untuk itu,Pemerintah Kota Tomohon sangat berharap untuk selalu mendapatkan bimbingan dan dukungan penuh dari bapak Gubernur melalui Dinas Pendidikan Provinsi, dalam peningkatan kualitas penyelenggaran pendidikan di Kota Tomohon, walaupun terdapat pembagian kewenangan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, tetapi mutu pendidikan tetap menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga sinergitas dengan pemerintah Provinsi akan menjadikan Kota Tomohon semakin Hebat."jelas Wawali Wenny.

Gubernur Olly meresmikan bantuan pemerintah bagi sekolah Swasta, Negeri dan Sekolah Luar Biasa (SLB) melalui Penandatanganan Prasasti DAK tahun 2020 SMA, SMK, SLB se-Provinsi Sulawesi Utara.

"Ya tentunya, kita mengharapkan bantuan pemerintah ini dimanfaatkan sesuai dengan keinginan dari masyarakat, bagaimana kita meningkatkan pendidikan Sulut.

Penyerahan bantuan tersebut berupa ruang praktek siswa, laboratorium dan ruang guru yang terbagi untuk 17 sekolah yang ada bdi Sulut."kata Wawali Wenny.

Sementara dalam kesempatan tersebut Olly menjelaskan peran serta pemerintah bagi kemajuan dunia pendidikan secara tak langsung akan mendukung sumber daya manusia dan angkatan kerja di Sulut.

“Karena ini banyak SMK-SMK yang menjadi SMK pusat keunggulan dari penilaian pemerintah pusat”.ucapnya".

Olly kembali  mengingatkan penyelenggara pendidikan dan keuangan agar jangan menyimpang mengingat bantuan pemerintah akan lebih besar.

“Jadi bagi para penyelenggara pendidikan, penyelenggara anggaran lebih berhati-hati dan manfaatkan apa yang didapatkan untuk kebangkitan pendidikan di Sulut”.

Lanjut Olly bahwa pemerintah akan menjalankan Program Sulut Pintar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM bagi guru-guru.

Kedepannya juga pemerintah akan membentuk SMK vokasi untuk memenuhi kebutuhan di berbagai bidang.

“SMK vokasi ini prodinya jurusannya tergantung kebutuhan daerah”.

“Jadi SMK-SMK vokasi dalam rangka memenuhi kebutuhan angkatan kerja yang ada”.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan bagi 14 Sekolah sebagai pelaksana program sekolah penggerak tahun 2021.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP, MSi menyerahkan Piagam Penghargaan bagi siswa berprestasi para pemenang lomba, selamat dan sukses demi Sulut dan Tomohon Hebat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Forkopimda Sulawesi Utara, Forkopimda Kota Tomohon, Kepala Dinas Pendidikan Sulut, para Kepala Sekolah, serta hadirin dan undangan.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Menyambut hari Raya Idul Fitri 1442 H 13 - 14 Mei 2021,dilaksanakan Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Samrat-2021" Polres Tomohon,Rabu 5 Mei 2021.

Dalam apel tersebut Sekretaris daerah  kota Tomohon Jemmy Ringkuangan AP MSi mewakili yang Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH menjadi inspektur Upacara, sekaligus membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi.

Isi sambutan tersebut menjelaskan Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, 6 s/d 17 mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Untuk itu pelaksanaan Operasi ini akan dilibatkan unsur Polri, TNI, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja dan lain-lain."kata Ringkuangan.

Tentunya,melalui kesiapan rencana Operasi Ketupat 2021, diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaannya untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman tertib dan lancar ditengah suasana pandemi covid 19."ucapnya".

Tambahnya,Pemerintah Kota Tomohon mendukung sepenuhnya kaitan dengan pengamanan hari raya Idul Fitri yang dirayakan umat muslim di Kota Tomohon, Instansi terkait dalam hal pengamanan tentu akan dilibatkan sehingga perayaan Idul Fitri nanti akan berjalan baik."tutupnya".

Tampak hadir dalam apel, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh AMKL, Perwira penghubung Kota Tomohon Mayor Inf Vino Onibala, perwakilan Kejari Tomohon, Perangkat Daerah terkait.

Hadir sebagai peserta apel, unsur Polri, TNI, Pol PP, Linmas, BPBD bersama unsur terkait lainnya.(Prise)