Tomohon, Sulutnews.com - Memperingati hari raya Idul Adha Walikota Tomohon Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H.,  menyerahkan secara hewan kurban dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Tomohon dalam rangka Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021, bertempat Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Senin 19 Juli 2021.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan bantuan 1 ekor Sapi hewan kurban untuk Masjid Nurul Iman Kampung Jawa, sedangkan Pemerintah Kota Tomohon memberikan bantuan 2 ekor sapi hewan kurban masing-masing 1 ekor sapi kepada Masjid Al-Mujahidin Matani dan Masjid Nurul Iman Kampung Jawa serta Bank SulutGo memberikan bantuan 3 ekor sapi hewan kurban masing- masing 1 ekor kepada Masjid Al-Mujahidin Matani, Masjid Nurul Iman Kampung Jawa dan Masjid Al- Mujahirin Uluindano.

Penerapan protokol kesehatan pendemi covid-19, Walikota Caroll hanya menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada pengurus Masjid.

Dalam sambutannya, mengatakan "ya tentunya sebagai pemerintah dan segenap lapisan masyarakat kota tomohon, serta atas nama pribadi dan keluarga Senduk-Karundeng beserta wakil walikota tomohon bapak Wenny Lumentut, SE bersama keluarga Lumentut-Sangi, menyampaikan selamat merayakan hari raya idul adha 1442 Hijriyah, kepada segenap umat muslim di kota tomohon. dengan mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil, untuk mengagungkan kebesaran Allah Subhanahu Wa ta’ala (SWT). Dan pada Hari Raya Idul Adha ini merupakan hari besar kemanusian dan keimanan umat muslim yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban, yang mana untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam."ucapnya.

Lanjutnya,Meskipun peringatan perayaan idul adha di dua tahun ini sangatlah berbeda dikarenakan pandemi covid-19, maka seluruh kegiatan yang dilakukan masih dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk penyerahan hewan qurban yang biasanya dilakukan di masing-masing masjid karena situasi covid-19 yang makin meningkat saat ini, sehingga tidak memungkinkan dilakukan di masing-masing masjid. Hari raya idul adha ini merupakan momentum ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan yang harus kita pertahankan bahkan ditingkatkan, terkandung nilai-nilai sosial kemanusian mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, dan saling memberi agar terjalin keharmonisan dalam kehidupan beragama dalam semangat rela berkurban dan sedekah yang diharapkan dapat menopang kesenjangan sosial, hidup berdampingan dengan penuh ketenangan dan keharmonisan, sehingga tertanam kasih sayang, hati dan rasa menyatu dalam ikatan batin  diantara masyarakat kota tomohon dalam suatu ikatan kekeluargaan dan persaudaraan yang semakin erat."kata Walikota Caroll.

Selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini, pemerintah provinsi telah menyiapkan 1 ekor hewan kurban, pemerintah kota tomohon 2 ekor hewan kurban dan bank sulutgo 3 hewan kurban untuk umat muslim di kota tomohon. pemberian bantuan hewan kurban selain bertujuan untuk  mendekatkan diri kepada Allah sang pencipta, juga untuk meningkatkan kepedulian kepada kaum yang lemah dan miskin, sehingga terbina rasa persaudaraan yang lebih erat antara pemerintah dengan masyarakat muslim. sesuai dengan  misi pertama Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yaitu “menjaga dan melestarikan kota tomohon sebagai kota religius”, maka perhatian dan penghargaan kepada masyarakat tanpa memandang latar belakang agama dan kepercayaan menjadi salah satu prioritas pemerintah kota tomohon, yang akhirnya akan membawa kota tomohon menjadi lebih maju, lebih sejahterah dan lebih hebat. Akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan kota tomohon untuk mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya, tentu kita dituntut berbagai pengorbanan demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas untuk tomohon maju berdaya saing dan sejahtera.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kajari Tomohon Fien Ering, S.H., M.H., Anggota DPRD Kota Tomohon Noldie Lengkong, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si., Ketua DPC Nadhlatul Ulama Kota Tomohon Zamroni Khan, Pimpinan Pengurus Masjid Se- Kota Tomohon dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (*/Advertorial/Kominfo/Prise)

 

Tomohon, Sulutnews.com - Sebagai Gambaran umum pariwisata Kota Tomohon,untuk mewujudkan Visi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon,dilihat dari sektor Pariwisata menjadi salah satu faktor penting untuk dikembangkan, sehingga dijadikan dasar dalam rumusan Misi yakni "Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia yang merupakan Misi ke 3; dan kemudian secara otomatis menjadi salah satu program prioritas pembangunan: "Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan".Hal tersebut di sampaikan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE,memaparkan terkait Pengelolaan atas Pengembangan dan Promosi Pariwisata di Kota Tomohon,kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Karyadi, S.E., M.M., Ak., CA., CFrA., CSFA.sekaligus memimpin langsung rapat,secara Video Conference (Vidcon) dari Kediaman Wawali Tomohon, Kolongan, Kamis 29 juli 2021.

"Ya tentunya,dengan melihat potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Kota Tomohon yang Sejuk, Asri, Berbudaya, Religius dan Berkarakter, maka Kota Tomohon dapat menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjung.

Potensi Pariwisata Kota Tomohon saat ini memiliki 96 Destinasi Wisata yang terbagi atas:

- 61 objek wisata alam

- 8 objek wisata buatan

- 27 objek wisata budaya

Dari 96 Destinasi Wisata yang ada, terdapat 42 Destinasi Wisata Unggulan."Jelas Wawali Wenny.

Adapun strategi pengembangan pariwisata pasca pendemi di kota Tomohon yakni ;

  1. Pasca Covid-19, Negara-Negara yang bertumpu pada sektor Pariwisata akan berlomba-lomba untuk menjaring kedatangan turis dengan berbagai insentif dan program;
  2. Melakukan re-orientasi Pariwisata yang berkualitas, tidak hanya mengejar jumlah kunjungan wisatawan (Mass Tourism) tetapi lebih ditekankan pada kualitas Pariwisata (Quality Tourism), yang akan menjual Pariwisata yang Aman, Sehat, Bersih dan Nyaman untuk wisatawan, serta bebas Covid-19;
  3. Memperkuat strategi Pengembangan Pariwisata dengan rumus 5A yaitu Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas, Akomodasi dan Aktivitas;
  4. Mempromosikan secara gencar Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tomohon melalui Digital Tourism yaitu Media Sosial, Website, dsb.
  5. Membuat paket-paket wisata yang menarik, sesuai dengan segmen pasar.
  6. Menyelenggarakan kembali event-event secara rutin dan massive.
  7. Melakukan dan mengikuti promosi-promosi pariwisata didalam dan diluar negeri.
  8. Menyelenggarakan event-event budaya lokal dengan menggerakkan masyarakat di kelurahan kelurahan, sekolah-sekolah, sanggar-sanggar dan komunitas-komunitas budaya;
  9. Melakukan pelatihan dan memfasilitasi pelatihan untuk pelaku ekonomi kreatif pariwisata;
  10. Meningkatkan kapasitas SDM pariwisata melalui training dan pelatihan;
  11. Membangun dan menciptakan beberapa destinasi baru yang dikelola oleh Pemerintah Kota Tomohon;
  12. Melakukan penyesuaian Peraturan Daerah (Perda) tentang Tata Ruang Kota Tomohon, yang akan memberikan kemudahan kepada investor pariwisata;
  13. Membenahi dan meningkatkan kualitas semua destinasi wisata di Kota Tomohon dalam upaya mendukung Destinasi Super Prioritas KEK Likupang Sulawesi Utara, dimana Kota Tomohon ditunjuk sebagai salah satu Daerah Penyangga KEK Likupang.
  14. Meningkatkan sinergitas dengan melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan seluruh stakeholders pariwisata."tutup Wawali Wenny.

Tampak hadir Pemerintah Kota Manado, Kab. Minahasa Utara, dan Kab. Kep. Talaud. (Prise)

Tomohon,Sulutnews.com - Polres Tomohon melalui Team Kusus (Timsus) URC Totosik berhasil mengamankan seorang pembantu rumah tangga (PRT) berinisial TB (39), lantaran mencuri dua cincin kawin majikannya.

"Kami mengungkap kasus pencurian dua buah cincin emas. Pelaku berinisal TB, pembantu rumah tangga yang bekerja dirumah Keluarga Longdong-Kiroh, Kelurahan Tinoor Satu Lingkungan V, Kecamatan Tomohon Utara, ujar Kapolres Tomohon,  AKBP. Bambang Ashari Gatot SIK.MH, melalui Katimsus URC Totosik Ipda. Yanny Watung, Senin (2/8/2021).

Dikatakan Ipda Yanny,  berdasarkan laporan korban seorang ibu rumah tangga berinisial PGK (29). "Pelaku TB (39) merupakan karyawan yang bekerja di rumah korban sebagai pembantu rumah tangga semenjak bulan Februari 2021.

Dari hasil pengungkapan kasus ini dijelaskan Ipda Yanny, adapun barang yang hilang berupa dua buah cincin kawin milik korban yang disimpan didalam lemari pakaian, tepatnya di kamar tidur korban.

"Awalnya korban mengetahui cincin yang hilang pada Minggu tanggal 01-08-2021 sekira jam 18.00 Wita. selanjutnya korban mencurigai pelaku yang mengambil cincin tersebut karena pelaku tinggal sendiri dirumah,  dimana korban beserta suaminya jarang berada dirumah tersebut, ungkap Ipda Yanny.

Lanjut Ipda Yanny, dari hasil introgasi pelaku mengakui bahwa pada bulan April 2021  telah mengambil cincin milik korban yang disimpan pada lemari pakaian korban ketika korban tidak berada di rumah tanpa sepengetahuan korban.

"Setelah mengambil cincin tersebut, korban langsung menuju ke Kota Manado dan kemudian menjual cincin tersebut dikompleks Pasar 45 Kota Manado.

Kepada Polisi, Pelaku juga mengakui telah mencuri handphone merek nokia milik ayah korban selanjutnya menyembunyikan handphone tersebut dikamar pelaku.

Sambung Ipda Yanny, Ketika dilakukan pemeriksaan di kamar pelaku, korban mendapati beberapa barang milik korban berada di lemari pakaian pelaku diantaranya sabun mandi, mie instan, pakaian kaos, celana dan pakaian dalam. Untuk proses lebih lanjut, Pelaku sudah kami serahkan ke Mapolsek Tomohon Utara, pungkas Ipda Yanny. (Adrian)

Tomohon, Sulutnews.com - Kembali lagi Kota Tomohon mendapatkan penghargaan KLA (Kota Layak Anak) Tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,diserahkan secara daring di Command Center MPP Wale Kabasaran Kota Tomohon.Kamis,29 Juli 2021.

Diketahui Kota Tomohon  sudah tiga kali mendapatkan penghargaan KLA Tingkat Pratama, yang sebelumnya tahun 2018, 2019 dan tahun 2021 ini penghargaan yang sama kembali dianugerahkan kepada Kota Tomohon.

Untuk itu,pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  dan unsur yang  terkait lainnya, dan ini evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan berbagai indikator yang telah ditetapkan yang pada akhirnya bermuarah pada penghargaan KLA yang terdiri dari lima peringkat yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan program evaluasi KLA ditahun 2020 tertunda atau belum dilaksanakan dikarenakan adanya covid 19, dan ditahun ini kembali dilaksanakan evaluasi KLA walaupun masih dalam pandemi tetapi dilaksanakan dengan menyesuaikan dengan metode evaluasi yang telah ditetapkan.

Kebanggaan kita bersama bahwa sampai tahun ini ada peningkatan perolehan total penghargaan, dan hasil ini tentu dikarenakan menguatnya peran dari semua pihak dalam memenuhi hak dan perlindungan anak di Kabupaten Kota masing-masing.

Ya tentunya di berikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta selamat kepada daerah-daerah yang menerima penghargaan di tahun 2021, atas segala upaya dan kerjasama yang telah diberikan, semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing", ucap Darmawati,

Lanjut nya,berharap daerah yang mendapat prestasi saat ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain, sehingga dapat bergerak bersama mewujudkan Indonesia maju dengan bergandengan tangan, bersinergi, berkolabirasi."jelas Darmawati.

Maka dari itu penghargaan KLA berbagai tingkatan ini diberikan secara serentak kepada Kabupaten/Kota penerima  dalam  kegiatan yang bertajuk Penghargaan Kabupaten/Kota Kota Layak anak Tahun 2021.

Usainya, mendengar penjelasan,Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon dr John Lumopa mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat yang selama ini dalam proses evaluasi telah turut serta mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan program ini, sehingga terwujudkan hasil penilaian yang baik serta Tomohon memperoleh penghargaan Kota Layak Anak tingkat Pratama.

"Untuk itu,Kepada seluruh komponen masyarakan Kota Tomohon mari kita terus bekerja keras, agar melalui program kegiatan ini Kota Tomohon kedepan akan mendapat hasil evalusai yang lebih baik lagi sehingga mendapat penghargaan KLA di tingkat yang lebih baik lagi" ajak Senduk.

Ikut hadir mendampingi Walikota Tomohon, ketua Gugus Tugas KLA Drs Daniel Pontonuwu, juga sebagai Kepala Bapelitbang Daerah Kota Tomohon, hadir juga unsur terkait lainnya.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan dilaksanakan di Sekretariat Daerah Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Penggunaan Dana Hibah,Kamis,29 Juli 2021.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yang dibacakan oleh Karo Kesra Setdaprov Sulut dalam sambutannya mengatakan "ya tentunya ditengah

pandem covid - 19 saat ini memang telah mengakibatkan ekonomi menurun,tapi tetap dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan perhatian berupa bantuan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan dana hibah kepada rumah-rumah ibadah yang  berjumlah 8 rumah ibadah,sebesar 20 juta untuk masing-masing rumah ibadah"ucapnya.

Untuk itu saya selaku pemerintah Provinsi Sulut,menghimbau kepada calon penerima hibah rumah ibadah provinsi Sulawesi Utara, agar supaya dapat menggunakan dana hibah secara maksimal, tepat sasaran dan yang paling terpenting menggunakannya dengan ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan yang berlaku hingga ini bisa mempertanggung jawabkan penggunaan dana hibah ini sebaik-baiknya."ungkap nya.

Sementara Walikota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E.mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terutama Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang telah memberikan dana hibah kepada 8 rumah ibadah yang ada di kota Tomohon

Tentunya,besar harapan kiranya di tahun depan akan lebih banyak lagi rumah ibadah di Kota Tomohon yang akan menerima bantuan dana hibah."tutupnya.

Usainya sosialisasi diakhiri dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) oleh penerima dana hibah

Turut hadir Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Tomohon Erny Timbuleng, S.Si, Kasubag Sarana dan Prasarana Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Olvie Mamarodia, S.E., M.Kes. serta Para Tokoh Agama yang menerima bantuan dana hibah. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Sekretaris Daerah Kota Tomohon. Edwin Roring, SE, ME menghadiri Ibadah Pengutusan sebagai Sekretaris Daerah Kota Tomohon.Yang sudah dilantik Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH pada hari Jumat 23 Juli 2021,Ibadah minggu dan pengutusan ini diikuti oleh keluarga, Badan Pekerja Majelis Jemaat serta para anggota jemaat GMIM El Bethel Seretan,Minggu,25 Juli 2021.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon yang definitif Syamas Edwin Roring bersama isteri Ibu Penatua Thirsa Pricillia Rawung dalam keluarga besar Roring-Rawung mengikuti Ibadah Minggu dirangkaikan dengan ibadah pengutusan sebagai Sekretaris Daerah Kota Tomohon Bapak Edwin Roring, SE. ME di Gereja GMIM El Bethel Seretan Timur Wilayah Lembean Kora-Kora yang dipimpin oleh Pendeta Sonny Repi, M.Th selaku ketua jemaat GMIM El Bethel Seretan yang juga ketua BPMW Lembean Timur.

Dalam ibadah yang mengambil tema “Kebenaran Versus Dusta" Dengan pembacaan Alkitab Kisah Para Rasul 5 : 1-11.

Seluruh jemaat dan masyarakat mendoakan dan mengharapkan agar Syamas Kolom 5 yang juga bendahara jemaat Bapak

Edwin Roring, SE. ME akan selalu diberkati Tuhan sehingga akan sukses dan berhasil dalam tugas sebagai Sekda Kota Tomohon juga sebagai pelayan Tuhan serta  peran lainnya dalam pemerintahan, keluarga dan masyarakat.

Dalam Yosua 1: 9 Bukankah telah kuperintahkan kepadamu : kuatkan dan teguhkanlah hatimu ? jangan kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H.memimpin langsung Penyusunan rancangan KUA dan Rancangan PPAS tahun anggaran 2022.Yang bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Senin  26 Juli-Rabu 28 Juli 2021.

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE. ME  memimpin langsung Penyusunan rancangan KUA dan Rancangan PPAS tahun anggaran 2022,dengan mengatakan  penyusunan rancangan KUA PPAS setiap Perangkat Daerah memperhatikan kesesuaian program dengan visi misi seperti ;

- memprioritaskan program-program yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat

 - program Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) agar realisasinya tepat sasaran.

Dalam kegiatan ini masing-masing Kepala Perangkat Daerah mempresentasikan langsung rancangan KUA-PPAS 2022 dihadapan Walikota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE. ME dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kota Tomohon. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Awal memasuki ruang kerja baru Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E.  dilaksanakan ibadah syukur.Yang dilaksnakan di ruangan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Senin 26 Juli 2021.

Dalam ibadah tersebut mengawali segala sesuatu harus diawali dengan ibadah melalui doa, pujian dan  ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Agar Tuhan senantiasa memberkati segala usaha, kerja, pelayanan dan pengabdian kita semua.Hal tersebut di sampaikan Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Nazareth Matani Pdt. Sumita Manoppo, S.Th.

Selain itu juga  Bapak Sekda Edwin Roring, SE. ME akan sehat selalu dalam lindungan Tuhan bersama keluarga serta akan senantiasa menjadi saluran berkat bagi seluruh masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya."ucapnya.

Usainya inadah dilanjutkan dengan Rapat perdana di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Tomohon yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon yang dihadiri oleh Para Asisten, Para Staf Ahli dan Para Kepala Bagian. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Penyerahan bantuan alat catering kepada 10 kelurahan dilaksanakan di Taman Wisata Pelangi Tomohon Selasa 27 Juli 2021.

Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan menyerahkan langsung bantuan alat catering kepada 10 kelurahan yang diterima langsung oleh Ketua TP-PKK masing-masing kelurahan  dan didampingi oleh Lurah.

Dalam sambutan Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara,mengatakan bantuan alat catering dari TP-PKK Provinsi lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara,atas persetujuan izin dari pak Gubernur Olly Dondokambey , bantuan ini sudah kami buat 4 tahun berturut-turut,mudah-mudahan tahun depan  Kota Tomohon akan lebih banyak mendapat bantuan.

Maka dari itu,saya sampaikan bahwa bantuan ini bukan menjadi milik kepala Kelurahan atau ketua TP-PKK Kelurahan yang mendapat bantuan namun ini milik aset dari PKK Kelurahan yang menerima bantuan tapi bukan berarti cuma menjadi aset artinya ibu-ibu di kelurahan yang ada di Kota Tomohon yang mendapat bantuan ini boleh memanfaatkan bantuan alat catering ini dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi dari ibu2 atau kader PKK di tiap kelurahan.

Untuk itu di ingatkan kepada ibu-ibu kader-kader PKK selalu menjaga protokol kesehatan. Mari torang sama-sama menjaga kesehatan dengan selalu memakai masker, selalu menjaga jarak, mengurangi keluar rumah kalau tidak penting dan selalu mencuci tangan dengan sabun."jelas Ir. Rita.

Sementara Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand'arc Senduk-Karundeng mengucapkan

terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara, terlebih khusus Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara yang telah memberikan bantuan peralatan catering.

"Ya Saya percaya ini pasti akan sangat membantu khususnya dalam keadaan sekarang di masa pandemi ini ada begitu banyak orang yang mengalami dampak dari pandemi, tentu saja di bidang ekonomi. Bantuan ini pasti akan dimanfaatkan oleh TP-PKK Kelurahan."ucap Karundeng.

Hadir juga pada kegiatan ini Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara Drs. Royke Mewoh, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulawesi Utara Dra. Ivone Silangen-Lombok, Jajaran TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris TP-PKK Kota Tomohon Ibu Eleonora Lumentut-Sangi bersama Jajaran TP-PKK Kota Tomohon, Para Lurah dan Ketua TP-PKK Kelurahan yang menerima bantuan.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Terkait  penanganan covid 19 di Kota Tomohon, Satuan Tugas Covid-19 Kota Tomohon gelar rapat yang dipusatkan di Command Center MPP Wale Kabasaran Kota Tomohon, selasa 27 Juli 2021.Yang  diikuti secara virtual oleh unsur Kecamatan, Puskesmas dan Perangkat Daerah terkait lainnya.

Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Tomohon Toar Pandeirot SPd MM, memimpin rapat tersebut dengan menjelaskan Kota Tomohon sudah ada penurunan kasus covid 19 dari level 4 turun level 3, sehingga kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk tetap terus mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu masyarakat dimintakan untuk saling memberi edukasi dan sosialisasi kaitan penerapan penanganan covid dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19."Ucapnya.

Maka dari itu,dengan berbagai upaya penanganan covid 19 di Kota Tomohon saat ini telah dan sementara dilakukan, seperti penerapan PPKM  (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro, sehingga dengan adanya penerapan PPKM mikro di Kota Tomohon, diharapkan akan meminimalisir penularan covid 19, dan bersama-sama berharap Covid 19 akan segera berlalu.

Sehingga dari semua unsur terkait dalam penanganan covid 19, diharapkan juga untuk tetap saling berkoordinasi sehingga setiap kendala dapat diatasi dengan baik, mari kita bersama-sama berusaha, berupaya dalam penanganan covid,  dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi kita semua."tutupnya.

Turut hadir dalam rapat,Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Olga Karinda M Kes, Drs Robby Kalangi SH MM sebagai Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah Kota Tomohon bersama Kasat Pol PP Kota Tomohon Syske Wongkar SPd.(Prise)