KPU Umumkan Pendaftaran dan Syarat Bagi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Written by  Jul 29, 2022

MANADO, Sulutnews.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu tahun 2024 akan membukan pendaftaran secara resmi mulai 1 sampai 13 Agustus 2022, mulai jam 08:00 s/d 16:00 WIB dan Hari Minggu 14 Agustus 2022 mulai jam 08:00 s/d 23:59 WIB, Tempat Kantor KPU Jl..Imam Bonjol no.29 Jakarta. Sebagaimana edaran KPU melalui Pengumuman No.7/PL.01.1/Pu/05/2022 bagi Parpol calon peserta Pemilu dapat mendaftarkan setelah persyaratan dipenuhi.

Berikut syarat yang wajib dilengkapi oleh Parpol

1. Data dan dokumen persyaratan parpol tingkat pusat dibuat melalui model F ditandatangani oleh DPP dibubuhi Cap.
2. Memiliki berita acara Negara Repoblik Indonesia yang menyatakan Badan Hukum Parpol
3. Memiliki salinan AD ART yang disahkan oleh Menteri yang menywlenggarakan urusan pemerintahan dibidang Hukum dan HAM
4. Memiliki kepengurusan diseluruh provinsi 75% dari jumlah kabipaten dan 50% dari jumlah Kecamatan.
5. Menyeetakan paling sesikit 30% keterwakilan perempuan dikepengurusan baik Provinsi maupun Kabupaten Kota.
6. Memiliki anggota sekurang kuranya 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol ditingkat kabupaten dan kota dengan kepemilikan KTA dan KTP at KK anggota Parpol
7. Memiliki kantor sekertariat dalam melaksanakan fungsi parpol disemua tingkatan Pusat, Provinsi dan Kabupaten kota sampai tahapan akhir Pemilu yang sibuktikan dengan aurat keterangan dengan Formulir F tentang kantor tetap parpol.
8. Memiliki Surat Keterangan tentang oensaftaran parpol sebagai badan hukim yang memuat namalambang dan tanda gambar Parpol berwarna.
9. Menyerahkan bukti kepemilikan bukti nomor rekwning atas nama Parpol pada tingkat Pusat, Provinsi Kabupaten san Kota kepada KPU.
Rekapitulasi jumlah pengurus dan anggota Parpol calon oeserta Pemilu menggunakan Formulir model F Rekap pendaftaran parpol.

1.Ketentuan Pengajuan Pendaftaran
a.Parpol calon peserta Pemilu dapat mengajukan pendaftaran setelah mengirimkan data dan dokumen yang diungga lewat Sipol KPU
b.Dalam hal Pimpinan parpol tidak bisa hadir saat pendaftaran dapat diwakilkan oleh pengurus
c. Dokumen pensaftaran ditandatangani oleh Pimpinan Parpol yang sah sebagaimana ketentuan yang disahkan oleh Menteri penyelenggara Pemerintahan bidang Hukum dan HAM

.
2. Dalam hal pemeriksaan kelenfkapan berkas ditemukan :
a. Isian data dan unggahan dukumen tidak lengkap dan tidak dicetak dari Sipol, maka KPU akan mengembalikan dokumen pendaftaran parpol calon peserta Pemilu.( sumber KPU/ josh tinungki)