Foto Recky Wolter Lahope Foto Recky Wolter Lahope

Lahope : Balai Prasarana Permukiman, Siap Bangun Rumah Warga Yang Terdampak Bencana Abrasi Pantai Amurang

Written by  Jun 26, 2022

MANADO, Sulutnews.com - Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara, dalam kaitan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu bergerak cepat untuk melakukan penanganan sehingga warga yang terkena musibah akan segera mendapatkan perumahan yang layak. Terkait hal ini Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Recky Lahope ST mengataksn dalam upaya pemulihan pasca bencana saat ini koordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan Pemkab dan pemerintah Provinsi terkait bencana tanah amblas yang mengakibatkan puluhan rumah dan permukiman warga tergerus kedalam laut.

" Prinsipnya kami siap membangun rumah warga yang jadi korban bencana, dan saat ini masih menunggu hasil jastifikasi badan geologi terkait penyebab terjadinya bencana,, untuk kemudian menentukan lokasi mana yang akan dijadikan permukiman bagi warga yang rumahnya tergerus ke laut " ungkap Lahope.

Juga kata dia, terkait berapa unit rumah yang nantinya disiapkan juga menunggu laporan resmi dari pemerintah." Terkait rumah yang akan direlokasi masih menunggu kajian. Dan berapa unit yang akan dibangun menunggu juga menunggu usulan," kata Lahope.

Sebagaimana bencana alam abrasi pantai yang terjadi beberapa waktu lalu di Wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, boleh dibilang mendadak, karena terjadi disaat tidak ada gempa, juga angin kencang bahkan ombak serta hujan, yang tiba- tiba tanah disekitar teluk Amurang terjadinya abrasi dan mengakibatkan rusaknya sejumlah fasilitas publik seperti Jalan, Jembatan serta puluhan rumah warga yang hanyut ke laut.(josh tinungki)

Last modified on Sunday, 26 June 2022 12:40