Foto : Teddy Manueke Foto : Teddy Manueke

Teddy Manueke, Satu- Satunya Wakil Indonesia Timur Lolos Seleksi Calon Komisioner Komnas HAM - RI

Written by  May 28, 2022

JAKARTA, Sulutnews.Com - Tahapan seleksi calon Komisiner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2022-2027 sementara berproses dan telah melewati tahap tes tertulis objektif dan penulisan makalah dengan berhasil meloloskan 50 nama dan nama Yosias Eldrich Teddy Manueke, lebih dikenal dengan Teddy Manueke berhasil lolos dan menjadi salah satunya peserta dari Indonesia Timur.

"Pansel telah memeriksa dan memutuskan 50 orang pendaftar Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 yang lolos seleksi Tes Tertulis," kata Ketua Panitia Seleksi, Makarim Wibisono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5/2022).

Manueke lolos bersama 50 orang pendaftar yang berasal dari latar belakang profesi yang beragam, di antaranya aktivis, pengacara, aparatur sipil negara (ASN) pensiunan, jurnalis, dan Polri.Merujuk pada pengumuman Komnas HAM bernomor NOMOR: 45/PANSEL-KH/V/2022, Manueke yang saat ini sebagai Rektor Universitas Nusantara Manado."Berharap Pak Manueke akan terus hingga ditetapkan sebagai Komisioner Komnas HAM RI dan menjadi kebanggaan Sulut," ungkap Taufik Tumbelaka pengamat politik Sulut.

Setelah lolos tes tersebut, 50 calon Komisioner Komnas HAM akan mengikuti tapap seleksi selanjutnya, yaitu dialog publik kemudian psikotes, tes kesehatan dan wawancara.
Pelaksanaan tahapan tes berlangsung dan difinalisasi sebelum masa jabatan Anggota Komnas HAM yang menjabat sejak 2017 berakhir pada November 2022.(josh tinungki)