Tamuntuan Perempuan Pertama Jadi Pjs Bupati Sangihe

Written by  May 24, 2022

MANADO, Sulutnews.Com - Dilantiknya dr Rinny Tamuntuan sebagai Pjs Buoati Kabupaten Sangihe menggantikan Jabes Gaghana yang telah berakhir masanjabatannya, maka Tamuntuan adalah Wanita pertama sepanjang sejarah pemerintahan di wilayah kepulauan yang berada dibagian utara provinsi Sulawesi Utara

" Kebijakan menunjuk Pjs adalah hak Gubernur dan ini sudah sesuai dengan ketentuan, dan ini dilakukan tepat waktu sehingga keberlangsungan pemerintahan di Wilayah Kabupaten Sangihe tetap berjalan dengan baik ,"ungkap Djamal Kardibun Sasoeng pengamat politik Sulut.

Masa jabatan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk serta Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, periode 2017-2022 telah habis. Minggu (22/5/2022), Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Sulut, Steven O E Kandouw, melantik dua pejabat pengganti di Graha Gubernuran H. V. Worang, Manado.

Dua orang tersebut adalah Limi Mokodompit yang menjabat sebagai Pj Bupati Bolmong, serta Rinny Tamuntuan yang menjabat sebagai Pj Bupati Kepulauan Sangihe. Kedepannya, baik Limi maupun Rinny akan memegang Penjabat Bupati selama setahun, sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor 23 Tahun 2014 tentang Penjabat Bupati.

Sebelumnya diketahui Limi menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut, sedangkan Rinny diketahui menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sulut.  Sebagaimana diketahui dr Rinny Tamuntuan adalah adik kandunng dari Istri Gubernur Sulut dan juga istri dari Ketua DPRD Sulut .(josh tinungki)