Foto : Gubernur OD saat melantik dr Rinny sebagai Pjs Bupati Sangihe Foto : Gubernur OD saat melantik dr Rinny sebagai Pjs Bupati Sangihe

Pertama di Indonesia, Gubernur Sulut Lantik Adik Ipar Jadi Penjabat Bupati

Written by  May 22, 2022

Manado, Sulutnews.Com - Secara konstitusi tidak dilarang dan menjadi hak dan kewenangan Gubernur dalam menujuk Penjabat ( Pj) Bupati Walikota, namun ketika yang dilantik adalah adik Ipar maka kebijakan tersebut dinilai sensitif. Seperti yang terjadi di provinsi Sulawesi Utara dimana Gubernur Sulut Olly Dondokambey melantik dr Rinny Tamuntuan sebagai penjabat Bupati Sangihe.

Masa jabatan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk serta Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, periode 2017-2022 telah habis. Minggu (22/5/2022), Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Sulut, Steven O E Kandouw, melantik dua pejabat pengganti di Graha Gubernuran H. V. Worang, Manado.

Dua orang tersebut adalah Limi Mokodompit yang menjabat sebagai Pj Bupati Bolmong, serta Rinny Tamuntuan yang menjabat sebagai Pj Bupati Kepulauan Sangihe. Kedepannya, baik Limi maupun Rinny akan memegang Penjabat Bupati selama setahun, sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor 23 Tahun 2014 tentang Penjabat Bupati.

Sebelumnya diketahui Limi menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut, sedangkan Rinny diketahui menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sulut. Sebagaimana diketahui dr Rinny Tamuntuan adalah adik kandunng dari Istri Gubernur Sulut dan juga istri dari Ketua DPRD Sulut.

" Kebijakan menunjuk Penjabat Bupati adalah hak Gubernur dan ini sudah sesuai dengan ketentuan, tetapi ketika penjabat yang dilantik adalah adik ipar, ini adalah kebijakan yang sensitif dan mungkin baru pertama kali terjadi di Indonesia, Masih banyak penjabat yang layak dan memenuhi kriteria untuk dilantik sebagai Pj Bupati Sangihe,"ungkap Djamal Kardibun Sasoeng pengamat politik Sulut.

Juga menurut Sasoeng, dalam sejarah perpolitikan di Sulawesi Utara bahkan di Indonesia, Ayah atau Ibu jadi Bupati dan Anak jadi Anggota DPR sudah ada dan mereka dipilih oleh rakyat lewat proses Pilkada, bukan dipilih atas penunjukan Gunernur." Menunjuk dr Rinny Tamuntuan sekali lagi tidak salah dan menjadi kewenangan Gubernur dan itulah amanat konstitusi," ungkap Sasoeng. Sebelumnya diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sempat mengirim 6 nama untuk masing-masing posisi Pj Bupati.

Selain Rinny, dua nama yang sempat disebut pihak Pemprov Sulut menjadi calon Pj Bupati Kepulauan Sangihe adalah Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Yani Lukas dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otoritas Daerah Sekretariat Daerah (Setda), Weldie Ruddy Poli. Kemudian, 2 nama selain Limi yang sempat diajukan sebagai calon Pj Bupati Bolmong adalah Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Karo Adpim Setda) Sulut, Abdullah Mokoginta dan Karo Perekonomian Setda Sulut, Lukman Lapadengan, namun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menujuk Rinny Tamuntuan, adik ipar dari Gubernur Sulut sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe.(josh tinungki)

Last modified on Monday, 23 May 2022 07:07