David Herson : Tradisi Lebaran Ketupat Sebagai Kekayaan Membangun Kebersamaan Dalam Perbedaan

Written by  May 08, 2022

MANADO,Sulutnews.Com - Tradisi menyambut 1 Syawal bagi kebanyakan pemeluk Muslim di Kota Manado ditandai dengan menggelar lebaran ketupat. Perayaan satu minggu setelah Idul Fitri yang telah menjadi tradisi ini adalah kekayaan yang harus terus dipelihara karena selain memiliki nilai religius tetapi juga menjadi budaya membangun tali silahturahmi tidak hanya antar keluarga tetapi juga dengan saudara non Muslim di Kota Manado.

" Tradisi lebaran ketupat memiliki makna religius yang juga menjadi momentum dalam membangun kebersamaan dalam perbedaan, dan ini hendaknya terus menjadi kekayaan dalam membangun Sulawesi Utara yang semakin hebat." Kata David Herson Tonius.

Pengusaha milenial yang berkomitmen ingin membangun Sulawesi Utara ini juga mengatakan kerukunan ditengah perbedaan yang saat ini terus terjaga apalagi Sulut juga membina kerukunan lewat organisasi Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSUA) diyakini menjadi modal yang bernilai dalam menjaga kebersamaan yang rukun dan damai menuju Sulut Hebat." Berbanggalah kita menjadi warga Sulut yang menjunjung tinggi kebersamaan meskipun terdapat perbedaan, dengan demikian apa yang menjadi cita-cita luhur pendiri bangsa ini akan terwujud dan itu dapat diawali dari Sulawesi Utara," ungkap David Herson.

Meski untuk perayaan menyambut bulan Syawal tahun 2022 ini ada yang merayakan tanggal 8 juga 9 Mei namun itu hanya sebuah kesepakatan yang tidak mengurangi nilai religius yang diyakini sebagai berkat dari Subḥānahu Wataʿālā, yang diberikan kepada setiap umatnya.(josh tinungki)