DPRD Sulut Pertanggungjawabkan Hasil Kinerja Tahun 2021

Written by  Jan 04, 2022

MANADO, Sulutnews.Com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara menggelar agenda rapat paripurna dalam rangka penutupan masa persidangan ke tiga tahun 2021 serta penyampaian laporan kinerja Alat Kelengkapan DPRD dan penyampaian laporan pelaksanaan masa reses ke riga sekaligus pembukaan masa persidangan ke dua tahun 2022. Pada giat yang dibuka pelaksanaanya oleh Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andy Silangen dan dihadiri Wakil Gubernur Steven OE Kandouw tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol Covid 19.

" kiranya dengan semangat baru, kita mampu melanjutkan karya bakti kita bagi oeningkatan masyarakat Sulawesi Utara. Komitmen untuk senantiasa mengedeoankan kepentingan masyarakat kiranya daoat terus ditingkatkan ditahun 2022,"kata Silangen saat membuka sidang paripurna.

Sementara itu saat menyampaikan sambutannya Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw memberi apresiasi atas capaian kinerja komisi- komisi di DPRD, sehingga pemerintah dalam menetapkan posisi - posisi pejabat SKPD untuk pelaksanaan program dan kebijakan OD-SK salah satu pertimbangan berdasarkan masukan yang disampaikan oleh legislatif. " Respon teman- teman DPRD menjadi point utama untuk dijadikan parameter menetapkan pejabat SKPD dilingkup Pemprov Sulut," kata Kandouw.

Pada rapat paripurna tersebut disampaikan laporan hasil kinerja komisi- komisi sepanjang tahun 2021. Dan Anggota DPRD Mohamand Wongso menyampaikan laporan kinerja komisi I, kemudian secara berturut - turut Laporan Kinerja Komisi 2 diserahkan oleh Anggota Dewan Kristo Ivan Lumentut, Laporan kinerja Komisi 3 diserahkan oleh Berti Kapojos, Laporan Komisi 4 diserahkan oleh Braien Woworuntu.

Juga laporan AKD untuk hasil kinerja Bapemperda diserahkan Melky Jakhin Pangemanan dan Laporan hasil kinerja Badan Kehormatan diserahkan oleh Anggota Ingrid JNN Sondakh

Terkait laporan hasil pelaksanaan reses ke tiga tahun 2021 untuk Daerah Pemilihan 1 Kota Manado diserahkan oleh Anggota DPRD Amir Liputo dengan menyampaikan 4 catatan utama yakni rencana jalan lingkar kota manado utara dan selatan dapat diselesaikan, penanganan banjir, perbaikan infrastruktur utama, pembangunan SMA, SSMKA di Utara kota manado, dampak covid 19 angka kemiskinan meningkat .
Dapil 2 Minut- Bitung diserahkan oleh Berti Kapojos yang berharap pemerintah dapat mengalokasikan anggaran uang duduk, bagi masyarakat yang menghadiri agenda reses. laporan reses dapil 3 Kabupaten Sangihe, Talaud dan Sitaro diserahkan oleh Anggota Dewan Sherly Tjanggulung, Dapil 4 Bolmong Raya oleh Mohamad Wongso dengan kesimpulan masyarakat mengharapkan pemprov Sulut dapat mengalokasikan anggaran APBD untuk pengembangan sektor Pendidikan, Kependudukan, Pariwisata dan Pertanian,dan Laporan hasil reses Dapil 5 Minsel - Mitra diserahkan oleh Boy Tumiwa kemudian terakhir Laporan reses Dapil 6 Minahasa - Tomohon diserahkan oleh Anggota Dewan Novita Rewa yang memberi catatan apresiasi atas kepemimpinan ODSK. (josh tinungki)