Jackson Ruaw : Protokol Intelejen Suatu Kebutuhan

Written by  Nov 23, 2021

MANADO, Sulutnews.Com - Kepala Bagian Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Dr Drs Jackson F. Ruaw, MSi menegaskan protokol intelejen merupakan sebuah kebutuhan mendasar dalam kerja protokoler dilingkup pemerintahan. Menurutnya ada banyak tantangan yang dihadapi sehingga dibutuhkan skill dan kemampuan intelejen untuk bagaimana membaca situasi sehingga kerja protokoler dapat dilakukan agar bisa memberikan kenyamanan bagi pejabat.

" Protokol intelejen adalah sebuah kebutuhan yang membutuhkan kemampuan khusus sehingga strategi yang diterapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pejabat," kata Ruaw saat menjadi narasumber pada Diklat Pelayanan Prima dan Keprotokolan di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Sulut.

Dihadapan Pejabat dan Staf BPK Provinsi Sulut, Ruaw menjelaskan pentingnya pejabat protokol untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas diri dalam menerapkan protokol intelejen. Menurut Mantan Komandan Menwa Sulut ini, Protokol tidak hanya mengatur acara, menjemput dan menghantar pimpinan, tapi seiring dengan kompleksitas perkembangan situasi sosial politik dan budaya masyarakat." Protocol officer harus mampu mendeteksi dan mencegah secara dini, potensi dan peluang gangguan secara ipoleksosbudkam dalam setiap acara dan kunjungan kerja pimpinan," tambah Ruaw.

Ketua Alumni Menwa Provinsi Sulut ini juga mengatakan , personil protokol wajib memiliki kecerdasan untuk mengembangkan koordinasi, kolaborasi dan sinergitas dengan masyarakat dan Aparat Kesbang serta Pengamanan Wilayah di lokasi acara pimpinan. Komunikasi jejaring lintas komponen harus terbangun agar kehormatan pimpinan terjaga, kelancaran, ketertiban dan kenyamanan acara terwujud.(josh tinungki)

Last modified on Tuesday, 23 November 2021 21:56