Foto : SIMULASI PEMILU : Giat acara simulasi Pemilu 2024 di Sulut Foto : SIMULASI PEMILU : Giat acara simulasi Pemilu 2024 di Sulut

Pemilu di Sulut Berlangsung Aman dan Sukses, Ilham Saputra dan Abhan Nyoblos di Sulut

Written by  Nov 20, 2021

MANADO, Sulutnews.Com - Ditegah suasana yang panas akibat terik sinar matahari yang menerangi langit Sulawesi Utara, namun pelaksanaan Pemilihan Presiden, Pemilihan Kepala Daerah, Pemilu DPR-RI, DPD- RI berlangsung aman tertib dan lancar. Dengan nenerapkan protokol kesehatan Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Ketua Bawaslu RI Abhan terlihat mendatangi TPS yang tersedia untuk menggunakan hak pilihnya, nyoblos di TPS 1 yang ada di halaman Kantor KPU Sulut. Itulah gambaran suasana Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pada Penyederhanaan Desain Surat Suara serta Formulir Pemilihan Umum Serentak 2024 yang pelaksanaannya dipusatkan di halaman Kantor KPU Sulawesi Utara Sabtu (20/12/2021).

" Tujuan pelaksanaan simulasi adalah untuk mencari format yang tepat agar disaat pelaksanaan Pilpres, Pemilu DPR- RI, DPD-RI, DPRD Provinsi, Kabupaten Kota akan semakin disederhanakan sehingga tidak menyulitkan masyarakat saat mencoblos," kata Saputra.

Saputra juga mengatakan dipilihnya Sulawesi Utara sebagai tempat pelaksanaan simulasi karena secara infrastruktur siap, dan bersedia menjadi pelaksan kegiatan." Uji coba penyederhanaan surat suara untuk Pilpres, DPR-RI, DPD-RI, Pileg DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota," ungkap Saputra.

Dalam kaitan pelaksanaan simulasi menurut Ilham Saputra setelah di Sulut, kemudian akan dilaksanakan di Provinsi Bali dan Sumatra. Hadir pada kegiatan simulasi tersebut dari KPU Papua Barat dan KPU Maluku.(josh tinungki)