Manado, Sulutnews.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw terus berkomitmen mewujudkan pemerintahan bersih dan bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas dari semua pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, belum lama ini.

Pun, komitmen tersebut ditindaklanjuti oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagaimana instruksi Gubernur Olly  dan Wagub Kandouw.

Seperti terpantau di Dinas Kominfo Persandian dan Statistik. Para pejabat eselon III dan fungsional melakukan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja yang dipimpin Kepala Diskominfo Sulut, Steven Liow, Senin (17/1/2022).

Penandatanganan pakta integritas dan perjanjian kerja, Sesuai intruksi pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, “semua pejabat eselon dan pejabat fungsional wajib melakukan penandatanganan pakta integritas,” ungkap Kadis Liow.

“Tujuannya yaitu untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bekerja sesuai aturan berlaku,” sambungnya. (*/Fanny)

MANADO, Sulutnews.Com - Menatap pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang sejumlah tokoh politik mulai bergeliat untuk mencoba peruntungan sekiranya dapat menjadi kontestan. Mereka tidak masuk melalui Partai Politik yang sudah ada, namun membentuk Partai Politik (Paerpol) baru yang saat ini telah didaftarkan di Badan Kesatuan Bangsa dan Poĺitik. Terkait hal ini Kepala Kesbangpol Sulawesi Utara Ferry Sangian membenarkan jika sudah ada 5 Partai Politik yang telah mendaftar sebagai parpol peserta Pemilu.

" Meski sudah resmi mendaftar namun belum bisa ditetapkan sebagai Parpol peserta Pemilu 2024 mendatang, karena harus melewati beberapa tahapan termasuk tahapan ferifikasi," ungkap Sangian disela Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPRD Sulu, Senin (17/1/2022).

Lima parpol baru yang disebut telah mendaftar telah melengkapi berkas dan semua sudah diserahkan dan sementara berproses untuk kemudian dilaksanakan Verifikasi faktual sebagai salah satu syarat lolos tidaknya parpol peserta Pemilu." Prinsipnya kami menerima semua parpol yang baru mendaftar namun ini masih akan melewati beberapa tahapan," tegas Sangian, sambil menegaskan untuk tahapan Pemilu akan dimukai bulan Mei 2022.(josh tinungki)

5 Parpol baru yang telah mendaftar di Badan Kesbang Provinsi Sulut diantaranya
1. Partai Gelora Ketua DPW Jefry J Makalegi,
2. Partai Cinta Damai Ketua DPW Frangky Longdong, SE
3. Partai Nusantara Ketua DPD Herry Tongkukut.
4. Paetai Emas Ketua DPD Douwe D Kereh
5. Partai Umat Ketua DPW Djainudin Damopolii

Manado,Sulutnews.com - Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr. Fransiscus Andi Silangen, didampingi Sekretaris  Dewan Glady Kawatu SH. MH, menerima kunjungan Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara, di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Sulut, Senin (17/1/2022) Sekira Pukul 14: 00 Wita.

Mewakili Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan Hadir langsung dalam audiensi yakni, Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon, Wakil Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Adrianus R. Pusungunaung, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Fernando Lumanauw, Wakil Sekretaris Fanny Waworundeng dan Penasehat  PWI Sulut Lexi Kalesaran.

Sebelumnya, Silangen mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus PWI Sulut periode 2021-2026 yang lalu. Sambil berharap agar PWI Sulut  terus meningkatkan kerjasama dengan DPRD Provinsi Sulut yang telah terjalin dengan baik selama ini.

“Kerjasama dan sinergitas ini harus berlanjut, baik dalam pemberitaan maupun silaturahmi. Kita sama-sama memberikan kontribusi yang positif dalam menyajikan informasi yang benar untuk dipublikasikan,” ujar Silangen.

Silangen pun mendukung visi dan misi PWI Sulut untuk meningkatkan kualitas seluruh anggota PWI melalui UKW atau Uji Kompetensi Wartawan.

“Saya berharap ke depan seluruh wartawan di Sulut sudah berkompeten. "Apalagi hal ini sangat baik untuk kepentingan wartawan yang bersangkutan, sehingga melalui UKW ini seluruh wartawan di Sulut nantinya lebih profesional dalam menjalankan profesinya,” kata Silangen.

Lebih lanjut dijelaskan Silangen bahwa Pihaknya mendukung Kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) yang bakal di gelar oleh PWI Sulut pada 9 Februari 2022.

"Kami Doakan agar  kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses, tentunya DPRD Provinsi Sulut siap mendukung HPN 2022, tukas Silangen.

Sementara itu Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon juga menghaturkan terima kasih kepada Ketua DPRD Provinsi Sulut yang telah menyambut baik kunjungan ini.

Mewakili seluruh Pengurus PWI Provinsi Sulut Kami sampaikan banyak terimakasih atas dukungan DPRD Provinsi di HPN 2022 yang akan digelar di Sulawesi Utara.

Dijelaskan Merson saat ini Panitia HPN 2022 sudah terbentuk dan sementara mempersiapkan program - progaram yang bakal di sukseskan untuk memeriahkan kegiatan di HPN nanti.

Atas dukungan Dari DPRD Provinsi Sulut, kami haturkan banyak terimakasih ucap Simbolon.

Lanjut dijelaskan Merson, jumlah anggota PWI Sulut yang telah berkompoten sampai saat ini kurang lebih 600 orang yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sulut.

Pihaknya juga berharap seluruh anggota PWI Sulut dapat membangun sinergitas yang baik dengan DPRD Provinsi Sulut. "Kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara PWI Sulut dan DPRD Provinsi Sulut harus dijaga dengan baik,” Imbuhnya. (Adrian)

MANADO, Sulutnews.com - Partai Demokrasi Indomesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara terus membangun sinergitas bersama masyarajat ini terbukti saat nenggelar kegiatan jalan sehat dan senam kreasi baru yang disebut Senam Cinta Tanah Air (SECITA) dalam rangka HUT ke 49 PDIP yang dilaksanakan Sabtu (15/1/2022).

Pada giat yang dipusatkan pelaksanaannya dikawasan Mega Mall Manado tersebut mendapat apresiasi masyarakat di Kota Manado apalagi saat Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw bersama Walikota Manado Andrei Angouw, Bupati Minahasa Selatan Franfky Wongkar, Bupati Minahasa Roy Oktavian Roring, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan Anggota DPRD Sulut Fabian Kaloh turut terlibat mengikuti setiap gerakan senam yang dipandu instruktur senam kenamaan Sulut Debora Zindro dari IDZ Comunity Manado.

Menarik pada kegiatan tersebut terpilih seorang Bapak pengangkut sampah yang spontanitas mengikuti gerakan senam SECITA dan mendapatkan hadiah hiburan dari Panitia pelaksana." Ini bentuk perhatian PDIP bagi masyarakat kecil," ungkap Fabian Kaloh Anggota Fraksi PDIP DORD Sulut.

Untuk diketahui SECITA adalah senam kreasi baru yang digagas DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara dibawa Kepemimpinan Ketua DPD Olly Dondokambey bersama Wakil Ketua Steven O E Kandouw, Sekertaris Frangky Donny Wongkar dan Bendahara Andrei Angouw.(josh tinungki)

Manado, SulutNews.com -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA., memimpin ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Manado, pada Jumat (14/1/2022).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Dharma Samudera Tahun 2022, sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan.

Prosesi ziarah dan tabur bunga diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang berlangsung secara hikmat dipimpin Danlantamal VIII.

Dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di pusara TMP Kairagi serta tabur bunga di makam para pahlawan yang dilakukan peserta ziarah.

Ziarah rombongan tersebut diikuti antara lain Para Pejabat Utama Lantamal VIII, Danyonmarhanlan VIII Bitung, Danlanudal Manado, Para Pengurus Jalasenastri Korcab VIII DJA II, Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Mako Lantamal VIII.

(***/Tamura)

MANADO, Sulutnews.Com - Kesibukan melaksanakan agenda kerja diluar daerah dan dalam daerah membuat sejumlah kegiatan kunjungan kerja lewat study komparasi dan penyampaian aspirasi masyarakat di kantor DPRD Sulut tidak berjalaan sebagaimana yang diharapkan, terbukti pada Jumat (14/1/2022) kemarin kunjungan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur dalam rangka study komparasi persiapan penyususnan Ranperda Covid 19 di Kabupaten Boltim hanya diterima oleh sejumlah pejabat Struktural Setwan. Juga Penyampaian Aspirasi dari Ormas batal dilakukan karena ketidak hadiran Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut

" Kami sangat berharap ada masukan dari teman- teman di DPRD Sulut untuk memberikan pendapat guna penyempurnaan Perda Covid di Boltim, namun sangat disayangkan kedatangan kami disaat teman- teman DPRD Sulut sedang tidak berada ditempat,, sehingga maksud dan tujuan tidak bisa dicapai" ungkap Fuad Lanjar Ketua DPRD Kabupaten Boltim.

Juga politisi muda Partai Amanat Nasional ini mengatakan, sebagaimana diketahui untuk Perda Covid di Sulut sudah ada, tapi itu berlaku secara global dan kami ingin agar Perda Covid yang kami hasilkan itu hanya spesifik untuk kabupaten Boltim saja." Nanti akan diagendakan ulang pertemuan dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut guna meminta masukan," kata Lanjar.

Terkait pelaksanaan agenda luar daerah dan dalam daerah yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut, harusnya tidak dilakukan secara bersamaan agar disaat ada penyampaian aspirasi masyarakat ataupun kunjungan kerja dari Pimpinan dan Anggota DPRD ataupun kunjungan kerja yang lain ke DPRD Sulut tidak terjadi kekosongan dimana tidak ada satupun Pimpinan dan Anggota DPRD yang hadir." Dibutuhkan pengaturan agar agenda kerja Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut dapat menjembatani apa yang menjadi harapan masyarakat," kata Taufik Tumnelaka pengamat politik Sulut. (josh tinungki)

MANADO, Sulutnews.Com - Meskipun pelaksanaan pemilihan Komisi Pelayanan Kategorial Pria Kaum Bapa Sinode GMIM rencananya nanti akan digelar 10 Maret 2022 mendatang, namun panitia pelaksana telah mempersiapkan berbagai kebutuhan terkait agenda pesta iman dilingkup GMIM yang digelar 5 tahun sekali ini. Terkait hal ini Sekertaris Panitia Pelaksana Pnt Dr Piter Lumingkewas mengatakan untuk persiapan sudah sementara dilakukan agar tujuan kegiatan yang akan memilih Ketua dan struktur Komisi Kategorial Pria Kaum Bapa Sinode FMIM tersebut dapat telaksana dengan sukses.

" kita masih dalam kondisi pandemi covid 19, agar penerapan prokes dapat dilakukan secara efektif maka untuk tempat pelaksanaan pemilihan telah ditetapkan Gelanggang olah raga (GOR) Maesa Bitung yang memiliki kapasitas 5 ribu orang," ungkap Lumingkewas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung ini juga menjelaskan untuk semua kebutuhan peserta pemilihan saat memasuki lokasi tempat pemungutan suara telah terintegrasi dalam sistim digitalisasi."Karena Kota Bitung mulai menerapkan sistim digitalisasi, maka berbagai kebutuhan peserta yang berhubungan dengan pemilihan bisa mengakses lewat ID Cart yang diterima peserta," jelas Lumingkewas.termasuk soal konsumsi dan akomodasi peserta." Imbuhnya.

Sebagaimana keputusan BPMS GMIM yang mengacu pada tata gereja dan petunjuk teknis peserta ditetapkan dari Unsur Komisi PKB Sinode GMIM periode 2019-2022, Ketua Kompelka PKB Wilayah dan Ketua Kompelka PKB Jemaat yang tempat pelaksanaan di Rayon Bitung pada 10 Maret 2022..(josh tinungki)

MANADO, Sulutnews.Com - Agenda kerja tahun 2022 di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulut yang telah ditetapkan kini sudah siap dituntaskan untuk itu mulai Januari tahun 2022 ini sudah akan mulai dibahas. Menurut Ketua Bapemperda Careig Naichel Runtu, S.IP mengatakan, awal tahun ini pihaknya akan segera mengadakan rapat perdana guna menetapkan agenda kerja.

“ Seluruh agenda kerja yang telah ditetapkan pasti akan dimulai dengab menggelar rapat perdana berkomunikasi dengan teman-teman Bapemperda untuk segera merampungkan agenda yang sudah ada," kata Runtu.

Politisi partai Golkar yang akrab disapa CNR ini juga mengatakan untuk saat ini ada 12 ranperda yakni 5 dari insiatif DPRD dan 7 dari Pemprov,” Tentunya kita segera menuntaskan kerja Baoemperda sehingga target yang diharapkan bisa tercapai," tegas CNR.

Bapemperda DPRD Sulut saat ini dengan Ketua Careiq Naikel Runtu (F-Golkar), Wakil Ketua Melky Yakin Pangemanan,(F-PDIP), Fabian Kaloh (FPDIP), Imelda Rewah (FPDIP), Melisa Gerungan (FPDIP), Boy Tumiwa (FPDIP), Sherly Tjanggulung (F Nasdem), Johny Panambunan (F Nasdem), Cindy Wurangian (F Golkar), Ivan Lumentut (F Demokrat) dan Yusra Alhabsyi (F- Nyiur Melambai). (Josh tinungki)

AKARTA, Sulutnews.Com - Patut mendapatkan penghargaan perhatian kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) Sulawesi Utara terkait kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dipimpin langsung Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut Rocky Wowor menggelar aksi bersih-bersih lingkungan dan menanam pohon, Minggu (09/01/2022). Pada giat yang digelar dalam rangkaian HUT PDIP ke-49 yang diikuti sebagian besar anggota fraksi melakukan aksi bersih - bersih di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan menanam pohon di Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur.

“Sebagaimana arahan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri dalam menyambut HUT Ke-49 PDIP maka kami menggelar aksi sosial membersihkan sampah di kali ciliwung dan menanam pohon dikanal timur” ungkap Wowor.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen dan personil Fraksi PDIP Arthur Kotambunan, Fabian Kaloh, Vonny Paat, Sandra Rondonuwu, Boy Tumiwa, Imelda Rewah, Melisa Gerungan, Agustien Kambey, Jems Tuuk, Berty Kapojos dan Herry Rotinsulu, yang juga sekaligus akan menghadiri pelaksanaan acara puncak HUT PDIP yang akan digelar Senin (10/1/2022) hari ini.(josh tinungki)

MANADO, Sulutnews.com - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sulut Rasky Mokodompit menegaskan pihaknya meminta semua pihak agar dapat menerima jika Janes Arthur Kojongian masih sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut. Hal ini ditegaskan Mokodompit, merujuk surat Kemendagri Nomor : 161.71/7002/OTDA tanggal 29 Oktober 2021 tentang Penjelasan Atas Usulan Pemberhentian James Arthur Kojongian ST, MM (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut) bahwa mekanisme yang berujung pada Rapat Paripurna pembacaan Keputusan BK dianggap tidak memenuhi kaidah hukum yang berlaku sehingga pihak Kemendgari tidak memproses usulan pemberhentian tersebut.

" Kami berharap semua pihak berjiwa besar dan menghormati keputusan Kemendagri yang tidak memproses pemberhentian James Arthur Kojongian dari posisi Wakil Ketua DPRD Sulut,"ungkap Mokodompit melalui pesan WhatsApp.

Menurutnya Fraksi Golkar terkait keputusan BK tidak ada niat menghambat proses pada januari-februari 2021 lalu, tapi posisi Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut yang notabene adalah kursi dari Partai Golkar dan sampai hari ini tidak ada Surat Keputusan pemberhentian dari Kemendagri maka harusnya hal ini harus ditindak lanjuti untuk dikembalikan keposisi awal." Pengusulan pemberhentian JAK tidak sesuai dengan aturan yang ada seperti penjelasan dari pihak Kemendgari. Janganlah hanya faktor Like and dislike kepada seseorang hingga membuat kita sengaja menahan-nahan apa yang menjadi hak dari orang lain," tegas Mokodompit.

Sebagaimana diketahui, Keputusan Badan Kehormatan memberhentikan James Arthur Kojongian dari posisi Wakil Ketua DPRD Sulut dilakukan yang bersangkutan terlibat kasus menyeret istrinya dengan mobil karena persoalan dugaan perselingkuhan.(josh tinungki)