Sangihe

Sangihe (235)

Tahuna, Sulutnews.com - Dilaksanakan di Jemaat GMIST Sion Beha, kecamatan Tahuna Barat, Pelka Ibu se Resort Tahuna menggelar hajatan perayaan HUT dan pra natal, Selasa (07/12/2022).

Penjabat Bupati, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) menyampaikan sambutannya dihadapan ketua umum Sinode GMIST Pdt Welman Boba dan para ibu se Resort Tahuna.

Kata Bupati, capaian usia Pelka Ibu ke 20 tahun merupakan kasih karunia Tuhan, sejauh ini Pelka Ibu tetap konsisten menjalankan peran dalam pelayanan, "Tentu ini merupakan kasih Karunia Tuhan bagi Pelka Ibu Resort Tahuna yang boleh tetap eksis dalam pelayanan sampai di usia ke 20 tahun" tutur Tamuntuan.

Lebih lanjut Bupati mendorong peran Pelka Ibu dalam menjalankan misi Kristus di tengah masyarakat, dimulai dari lingkungan keluarga sehingga Pelka Ibu menjadi panutan juga menjadi terang dan garam di masyarakat. "Keteladanan dan panutan harus kita miliki " imbu Bupati.

Pada kesempatan itu, bertindak sebagai Khadim, Ketua umum Sinode GMIST Pdt Welman Boba. Dihadiri seluruh pengurus Pelka Ibu tingkat Jemaat se Resort Tahuna. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Sempat viral balita (bawah lima tahun) Marsya Brielle Ahad, umur  7 bulan, penderita penyakit hyidrosifalus, berobat namun tak miliki biaya, telah di urus langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Silangen Tamuntuan (RST).

Malam ini, Senin (05/12/2022) Adik Marsya di berangkatkan oleh Bupati ke Manado untuk berobat, sebelum menuju pelabuhan keluarga adik Marsya bertemu langsung dengan Bupati di Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Diketahui Tamuntuan langsung mengurus BPJS Kesehatan adik Marsya bahkan mengkomunikasikan rumah sakit tujuan berobat serta menfasilitasi keluarga menuju Manado.

"Kami pemerintah tetap memberikan perhatian bagi adik Marsya, apa yang menjadi kendala berobatnya kami sudah urus, termasuk soal keberangkatan ke Manado" ucap Bupati.

Tak lupa Bupati memberikan semangat dan motivasi bagi keluarga agar tetap tabah dan terus berdoa dan mengandalkan Tuhan.

"Keluarga harus tetap kuat menghadapi ujian ini, percaya pasti Tuhan menolong adik Marsya" tambah Tamuntuan.

Bupati juga akan memantau perkembangan berobatnya adik marsya selama pengobatan di Manado, juga Bupati memberikan bantuan dana berobat bagi adik Marsya.(Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Pada apel rutin setiap awal bulan, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) menyampaikan arahan bagi para ASN dan THL di Lingkungan Pemerintah Daerah,  Senin (05/12/2022).

Bupati mengingatkan soal capaian target kerja termasuk pengelolaan keuangan dengan batas waktu per tanggal 15 Desember, dimana waktu tinggal menyisahkan 10 hari lagi.

"Kami berharap semua OPD mampu menuntaskan semua kerja termasuk keuangan, kita hanya memiliki waktu sampai tanggal 15 Desember, jadi peran kita semua sangat penting agar target kerja di akhir tahun ini bisa tercapai" tandas Tamuntuan.

Demikian juga Bupati, mengingatkan para ASN soal krisis global yang akan dihadapi tahun depan dimana masalah krisis pangan akan menjadi momok yang harus di hadapi, belum lagi menghadapi pembayaran pinjaman dana PEN, sehingga ada banyak hal  butuh keseriusan bersama.

Menyikapi hal itu, Bupati meminta agar para ASN maupun THL lebih bijaksana termasuk Bupati meminta agar para ASN dan THL juga memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman kebutuhan sehari-hari setidaknya membantu mengurangi belanja rumah tangga.

"Kita juga harus cermat dalam mengelola keuangan, gaji yang di peroleh harus dikelolah dengan bijak, karena tahun depan dunia menghadapi krisis pangan global, bila perlu mari sama-sama kita memanfaatkan laha pekarangan untuk menanam tanaman kebutuhan sehari-hari, tentunya ini sangat membantu" ajak Bupati.

Bupati juga meminta para ASN dan THL lebih produktif, Kreaktif serta responsif dan konstruktif saat menghadapi berbagai kritikan masukan dari masyarakat, soal pelayanan publik Bupati mendorong semua OPD berpacu untuk memberikan pelayanan terbaik.

Demikian juga harapan Bupati soal kemampua para ASN soal IT agar masing-masing melengkapi diri dengan pengentahuan IT dikarenakan perubahan zaman menuntut ASN mampu berkompetisi, apalagi sistem pelayanan kedepannya serba online atau go-digital.

"Kami juga meminta kita harus lebih kompetitif, kedepannya pelayanan publik akan berbasis IT jadi ASN harus mamiliki kemampuan IT. Kita menghadapi perubahan begitu cepat, kedepannya pelayanan akan berbasis digital atau go-digital dimana semua ASN harus mampu menjawab tantangan era digitalisasi ini" pungkas Tamuntuan. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) mengapresiasi capaian prestasi adik Avrileaster Sasundu Kundiman, biasa di panggil Avril. Hal itu disampaikan Tamuntuan setelah Avril bertemu dengan Bupati di Pendopo, Senin (05/12/2022).

Adapun capaian prestasi Avril yakni memenangkan lomba Golden Talent Hunt 2022 di Jakarta pada 13 November lalu, tampil sebagi juara 1, meski Avril masin duduk di bangku Sekolah Dasar kelas VI di SDN Inpres Enemawira, ia sudah mampu menunjukan kualitasnya sebagai penyanyi cilik.

"Tentunya kami Pemerintah daerah menyampaikan apresiasi buat Adik Avril yang telah berhasil meraih juara 1 di ajan Nasional, ini merupakan kebanggan bagi masyarakat Sangihe" ucap Bupati.

Tak sampai disitu, Bupati pun menyerahkan dana pembinaan untuk menunjang prestasi Avril, dengan harapan Avril bisa lebih berjaya lagi dengan capaian luar biasa dimasa mendatang.

Perlu juga masyarakat ketahui, Avril bakal syuting video klip dalam waktu dekat ini  untuk lagu-lagunya yang akan di produksi oleh studio miliki artis ternama Ahmad Dhani. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Pengurus Nasional Karang Taruna, memberikan penghargaan kepada Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) Rabu (30/11/2022) kemarin, di Balai Kota Surakarta Jawa Tengah.

Adapun penghargaan itu berupa Satya Lencana Aditya karya Mahtva Yodha (SLAKMY) Penghargaan tersebut dalam rangka Bulan Bakti Nasional Karang Taruna (BBNKT) tingkat Nasional 2022, yang di serahkan langsung oleh Didik Mukriyanto, ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna.

Tamuntuan juga sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang mendedikasikan dirinya untuk memajukan Karang Taruna.

Tamuntuan pada saat menerima penghargaan, ia di dampingi suami yang juga Ketua DPRD Provinsi Sulut, Fransiscus Andi Silangen.

 

Bisa menerima penghargaan SLAKMY merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa bagi insan yang menerimanya. Karena sosok yang mendapatkannya dipastikan memiliki kepribadian yang dikenal tangguh, berdedikasi, seorang pekerja keras, dan berjiwa sosial tinggi dalam membantu sesama. 

Maka wajar jika Penjabat Bupati Kabupaten Sangihe Sangihe dr Rinny Tamuntuan kembali dianugerahkan penghargaan SLAKMY, dari Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna. Dalam rangka Bulan Bakti Nasional Karang Taruna (BBNKT) tingkat nasional 2022

"Ada rasa bangga saat menerima penghargaan akan hal itu, saya tetap mendedikasikan diri memajukan Karang Taruna baik di skala Regional maupun di daerah" ucap Tamuntuan.

“Penghargaan ini saya berikan untuk seluruh Karang Taruna dan pemuda di Penghargaan ini tidak akan saya dapatkan tanpa kerja sama dari semua pihak, terutama Karang Taruna yang saya bina selama ini,” ujarnya. 

Selain itu, Tamuntuan akan mendorong terus program kerja Karang Taruna agar berdampak bagi masyarakat. Penghargaan SLAMKY, juga dapat mengangkat reputasi dan berdampak positif bagi kemajuan daerah. Sehingga diharapkan Karang Taruna kedepannya dapat membawa perubahan ke arah lebih baik. Sebab Negara Kesatuan Republik Indonesia butuh pemimpin yang mampu membuat Indonesia lebih maju lagi. 

“Penghargaan ini sebagai bentuk rasa terima kasih Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) dan keluarga besar karang taruna mempersembahkan Penghargaan Satya Lencana Aditya Karya Mahtva Yodha untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan karya bakti dan pengabdian sosial dalam mewujudkan kesejahteraan sosial di kalangan generasi muda,” ungkapnya. (*/Advetorial/Andy)

Tahuna, Sulutnews.com - Program nyata menyentuh masyarakat terus dilaksanakan oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) kali ini sebanyak 14 pasang pengantin di nikahkan secara masal di Jemaat GMIST Elshadai Manente, Rabu (30/11/2022).

Program Nikah masal tersebut dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sangihe, dibawah pimpinan Emita Petahiang. Sukses menikahkan 14 pasang pengantin yang di teguhkan oleh Pdt Dr. Welman Boba, Ketua Umum Sinode GMIST.

Usai pemberkatan Nikah, para pengantin bersama keluarga selanjutnya menuju Pendopo rumah Jabatan Bupati, untuk melaksanakan resepsi pernikahan.

Tak sampai disitu, para pengantin yang sudah sah sebagai suami istri ini pun telah melaksanakan pencatatan Sipil yang di laksanakan oleh Dinas Dukcapilda Sangihe, kemudian dokumen kependudukan maupun akte Nikah langsung di serahkan ke para pengantin.

Euforia bahagia terpancar diwajah mereka baik pengantin maupun keluarga, dikarenakan pernikahan gratis tersebut sukses, tak sampai disitu melalui PKK, resepsi bahkan uang transport pun di siapkan untuk mereka.

Bupati meski tak berada di tempat, dalam sambutannya yang di sampaikan oleh Asisten I, Yohanes Pilat, menyampaikan banyak selamat bagi para pengantin, Bupati mendorong agar rumah tangga yang sudah di sahkan secara gereja maupun secara hukum melalui pencatatan sipil agar tetap menjadi keluarga yang bahagia sampai maut memisahkan.

Kata ketua Tim Penggerak PKK Sangihe di dampingi Sekretaris Tris Pilat, menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati, maupun pihak-pihak terlibat didalamnya sehingga pernikahan masal tersebut bisaterlaksana.

"Kami sampaikan banyak terima kasih kepada Pj. Bupati atas dukungannya dan semua pihak yang mendukung terlaksananya pernikahan masal ini" ucap Petahiang. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Tim pengabdian masyarakat Kampus Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) di Kampung Kalasuge Kecamatan Tabukan Utara, pada 5 November Lalu.

Tim dosen tersebut melaksanakan kegiatan berupa pelatihan bagi kader Pos pelayanan terpadu (Posyandu) di Puskesmas Kalasuge, dibawah pimpinan Tim Chatrina Bajak. beranggotakan Ferdinand Gansalangi dan Christien Rambi.

Dalam kegiatan itu Tim Pengabdi memberikan pelatihan kepada 15 Kader Posyandu, tentang pelayanan Posyandu, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan asam urat, gula darah, serta kolesterol.

"Materi yang kami berikan ke Kader Posyandu ini merupakan hal-hal penting untuk membantu para Kader Posyandu, dengan harapan mereka akan semakin kaya dengan pengetahuan tentang kesehatan" Kata Ketua Tim Pengabdi.

Lebih lanjut kata Ketua Tim,
Para Kader menyambut baik kegiatan tersebut, dimana mereka menilai kegiatan PKMS dari Tim Pengabdi Polnustar sangat memberikan manfaat.

"Kehadiran kami disana mendapat respon positif, dimana para peserta terbantukan akan pengetahuan mereka soal kesehatan" tambah Ketua Tim.

Kegiatan ini juga, sangat diapresiasi oleh Kepala Puskesmas Kalasuge dan berharap, kedepan bole ada lagi kegiatan bagi pengembangan kader kesehatan yang akan dilaksanakan oleh pihak Polnustar. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) Buka Kegiatan Jambore PKH, juga serahkan berbagai bantuan, Selasa (29/11/2022) di Pendopo rumah Dinas Bupati.

Kegiatan tersebut meliputi Jambore Program Keluarga Harapan (PKH) bantuan PKH tahap IV, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan lansung tunai (BLT BBM) juga gerakan pangan murah, penyerahan secara simbolis bantuan cadangan pangan Pemerintah Daerah, serta pengobatan gratis dan vaksinasi.

Pada kesempatan itu Bupati di hadapan masyarakat penerima bantuan menyampaikan bahwa bantuan dari Pemerintah harus di gunakan untuk kebutuhan dasar bukan untuk kepentingan lainnya atau di salah gunakan seperti membeli rokok, pulsa, namun harus memperhatikan kebutuhan anak, orangtua lanjut usia atau kebutuhan sehari-hari.

"Pemerintah memberikan bantuan harus di manfaatkan sebaik-baiknya jangan di salah gunakan, bila perlu uang yang di peroleh dari bantuan ini di belanjakan di pasar murah yang pemerintah siapkan saat ini, jangan nanti malahan di pakai suami untuk membeli rokok atau pulsa dimana manfaatnya hanya satu dua orang yang nikmati, namun prioritaskan pada belanja kebutuhan dasar" terang Bupati.

Juga Bupati, mengajak para penerima bantuan untuk bercocok tanam memanfaatkan lahan pekarangan atau lahan tidur, untuk ditanami tanaman kebutuhan sehari-hari, tujuannya dengan bercocok tanam dipastikan masyarakat akan terbantukan dengan tersediannya kebutuhan dasar seperti sayur-sayuran, rica tomat bawang dan lainnya.

"Hitung-hitung kalau dihalaman atau di kebun ada tanaman kebutuhan sehari-hari ini pasti belanja keluarga akan mengurang, artinya masyarakat dapat menghemat uang belanja, ini kan hal positif dalam rangka mengantisipasi krisis pangan global yang menjadi ancaman dunia pada tahun-tahun mendatang" pungkas RST.

Tamuntuan juga menyampaikan banyak terima kasih bagi Pemerintah Provinsi Gubernur dan Wakil Gubernur, yang telah mempedulikan Sangihe dimana bantuan pangan disalurkan untuk ketahanan pangan, juga pengobatan gratis, pembagian kacamata baca gratis bagi masyarakat.

Kata Bupati, Sinergitas dengan Pemerintah Provinsi, sangat menguntungkan masyarakat Sangihe, berbagai bantuan pangan maupun untuk kesehatan tetap di perhatikan Pemerintah Provinsi, "Hal ini tak lepas dari Gubernur dan Wakil Gubernur yang begitu peduli Sangihe" tambah Tamuntuan.

Terpantau, baik pasar murah yang di gelar di depan Pendopo laris manis di serbu warga, demikian pula pengobatan gratis, untuk kacamata gratis yang di siapkan oleh Dinas Kesehatan Daerah Sulut tercatat ada 504 kacamata dan sudah terbagi ke masyarakat. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) memantau langsung kapal taksi antar pulau di kecamatan Tatoaren, Sabtu (26/11/2022) di Towoe Tahuna.

Berbincang dengan pemilik kapal, Hendrik Katiho, Bupati menyampaikan soal subsidi akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM)

Kata Bupati, Pemberian subsidi merupakan upaya pemerintah dalam menekan inflasi, sehingga masyarakat di kepulauan bisa merasakan subsidi dari pemerintah.

"Kami pemerintah hadir di tengah masyarakat tentunya untuk keberpihakan kepada masyarakat, termasuk pemberian subsidi ini untuk membantu masyarakat di kecamatan Tatoareng yang menggunakan jasa transportasi umum agar kenaikan harga tiket akibat naiknya harga BBM bisa di subsidi" terang Bupati.

Lanjut Bupati, selain membicarakan soal pemberian subsidi, ia juga berkerinduan melihat langsung keberadaan taksi antar pulau Kahakitang, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru, memantau apakah sudah memadai atau masih ada kekurangan.


"kami juga melihat kesiapan transportasi antar pulau di kecamatan Kahakitang mejelang Natal dan Tahun Baru" kata Bupati.

Hendrik Katiho, pemilik kapal mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah soal subsidi harga tiket kapal, namun ia meminta agar pemberian subsidi harus secara langsung, mengingat kebutuhan pelayaran yang cukup tinggi.
"Jadi kami siap saja, hanya saja kami berharap subsidi tersebut dapat di berikan secara langsung" tukas Katiho.(Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Sudah terbukti kepiawaian Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) dalam membangun Sangihe.

Talud di boulevard Tidore, Kecamatan Tahuna Timur yang rusak pada bulan Oktober lalu, kini tengah di perbaiki. Kapal tongkang pembawa material batu border tiba di Tahuna, Jumat (25/11/2022) kemarin para pekerja langsung bekerja hingga malam hari. Terpantau pengerjaan talud yang rusak terus di kebut.

Hal itu pun mendapat apresiasi dari masyarakat Tidore yang memuji kinerja Bupati RST, kata mereka di tangan Tamuntuan respon cepat penanggulangan bencana terbutkti tidak sekedar umbar janji.

"Kami salut kepada Bupati RST, kerja cepatnya luar biasa, biasanya kalau talud rusak untung-untungan di perbaiki, namun kali ini hanya berjarak satu bulan langsung di kerjakan" kata Deli Haribae warga Tidore.

Mereka pun berterima kasih kepada Bupati yang begitu peduli dengan kondisi talud di Tidore, menurut mereka penanganan cepat talud tersebut bisa membuat masyarakat lega karena jika tidak di tangani, dampaknya akan fatal bila gelombang besar kembali menghantam wilayah pesisir Tidore.

Kata Bupati, bahwa sudah menjadi kewajibannya bekerja dan bekerja untuk kepentingan masyarakat Sangihe. "Ini merupakan komitmen saya saat dilantik akan memberikan bukti kerja kepada masyarakat Sangihe yang saya cintai, keselamatan warga pesisir Tidore itu amat penting, jadi kami berupaya agar penanggulangan pasca bencana itu segera di laksanakan" tandas Tamuntuan. (Andy Gansalangi)