Sangihe

Sangihe (130)

Tahuna, Sulutnews.com - Institusi Kepolisian Republik Indonesia kini membilang usia ke 76 tahun, di peringati hari ini Selasa (5/06/2022). Tak terkecuali dengan Polres Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Di halaman upacara Mapolres, barisan berdiri tegap dangan seragam Kepolisian yang membanggakan, selain Kepolisian turut juga TNI ikut dalam barisan. Para stakeholder daerah atau Forkopimda lengkap hadir mengikuti upacara, juga tokoh agama dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Rinny Silangen Tamuntuan, menyampaikan bahwa Pemerintah daerah memberikan apresiasi atas segala capaian dari Kepolisian Resort Kepulauan Sangihe, juga Kepolisian yang tangguh dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Atas nama Pemerintah daerah kami menyampaikan selamat HUT Bhayangkara ke 76 tahun, kami memberikan apresiasi atas segala capaian dan kolaborasinya antara Kepolisian dan Pemkab untuk memberikan pelayanan, mengayomi dan melindungi masyarakat" ucap Tamuntuan.

Secara Khusus Tamuntuan menyampaikan apresiasi bagi Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny Welly Wolter Tompunuh, SIK.

Sementara itu, Kapolres menyampaikan momentum HUT Bhayangkara sebagai pembuktian bahwa Polisi adalah institusi yang kokoh kuat menjaga keamanan ketertiban dan menjaga kedaulatan NKRI sehingga peran Kepolisian tetap nyata di tengah masyarakat.

Lalu, Kepolisian tetap bagian dari masyarakat yang melayani, mengayomi bahkan melindungi atau memberikan rasa aman bagi masyarakat "Lewat momentum ini kita tetap solid, kita tetap menjadi pelayan masyarakat mengayomi dan melindungi masyarakat" tandas Tompunuh.

Tompunuh juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah daerah dan seluruh Forkopimda, menurutnya kolaborasi yang baik tercipta selama ini harus terus dipertahankan demi mewujudkan Sangihe yang aman damai dan maju. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Pada pelaksanaan apel rutin awal bulan Pemerintah Daerah Kepulauan Sangihe, Selasa (5/07/2022) di halaman Pendopo rumah Jabatan Bupati Penjabat Bupati, Rinny Silangen Tamuntuan ajak ASN dan THL Bersinergi bangun Sangihe.

Tamuntuan menekankan soal komitmen dalam membangun Kabupaten Sangihe dimana peran aktif semua jajaran pemerintah baik ASN maupun THL sangat menentukan tercapainya pembangunan.

Bupati juga mengatakan, ASN maupun THL harus menunjukan loyalitas, Integritas dalam menjalankan tugas pengabdian "Etos kerja yang tinggi bila dibarengi dengan loyalitas dan integritas maka semua akan berjalan dengan baik" ujar Tamuntuan.

Dalam sambutannya juga Tamuntuan menyampaikan, konsolidasi dan komunikasi sangat efektif bagi aparatur sipil negara serta pelayan masyarakat, untuk kembali menyatukan dan mensinergikan tekad dalam membangun dan menumbuh-kembangkan etos kerja, sekaligua menandai kesiapan akan pelaksanaan tugas dan pengabdian terbaik bagi bangsa terlebih bagi daerah.

"Menjadi harapan agar seluruh jajaran pemerintah daerah dapat sesegera mungkin menyelesaikan semua pekerjaan sesuai tugas dan tanggungjawab, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat apalagi kita mesuki semester ke II butuh komitmen dan kerja keras" tutur Bupati.

Singkatnya, Bupati berharap lewat apel rutin tersebut semua ASN maupun THL harus mampu menunjukan etos kerja, bertanggungjawab, inovatif, berintegritas mampu menjalankan tugas dan mewujudkan target kerja dengan capaian prestasi berdampak bagi pembangunan. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) Ferdinand Gansalangi, menyampaikan terima kasih kepada dua mantan Direktur polnustar, Prof Seigfried Berhimpon dan Prof Frans G Ijong.

Hal itu disampaikan Gansalangi sebagai wujud penghargaan terhadap seniornya dimana kedua seniornya telah membibing dan memberikan banyak masukan sehingga dirinya bisa menjadi pengganti mereka, dilantik oleh Meneteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi, Kamis (30/06/2022).

"Ini tidak lepas dari didikan kedua mantan Direktur sebelumnya, baik Prof Berhimpon maupun Prof Ijong mereka adalah orangtua saya di kampus sampai akhirnya setelah mereka selesai memimpin Polnustar dan saya melanjutkan kepemimpinan mereka" tutur Gansalangi.

Lanjut Gansalangi, Capaian kedua pemimpin Polnustar sebelumnya telah meletakan dasar yang kokoh bagi Polnustara selain capaian akademik keduanya juga berhasil membangun berbagai infrastruktur baik kampus di Tahuna maupun di Manganitu.

Lalu, kata Gansalangi, sebuah pernghargaan dan kehormatan ia bisa melanjutkan kepemimpinan Berhimpon dan Ijong, keduannya memiliki reputasi yang baik, sehingga kedepannya ia akan tetap komitmen meneruskan apa yang telah dibuat kedua mantan pimpinan Polnustar itu.

"Saya merupakan generasi ketiga setalah Prof Berhimpon dan Prof Ijong, keduanya memiliki reputasi yang baik sehingga saya tetap konsisten melanjutkan kepemimpinan mereka." Ujarnya.

Juga Gansalangi menyampaikan terima kasih kepada Senat Polnustar, Dosen maupun tenaga Kependidikan serta mahasiswa atas dukungannya ia bisa dipercayakan memimpin Polnustar. Gansalangi percaya Polnustar akan semakin maju dan berkembang dimasa mendatang. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Ferdinand Gansalangi, resmi pimpin Kampus Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) di lantik di gedung utama kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi di Jakarta, Kamis(30/06/2022).

Dilantik langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi, Nadim Makarim. Gansalangi, menggantikan Prof Frans G Ijong sebagai Direktur Polnustar setelah memimpin Kampus itu selama dua periode, sementara masa jabatan Gansalangi 2022-2026.

Nadim dalam penyampaiannya kepercayaannya kepada para pimpinan perguruan Tinggi yang baru dilantik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya. "Saya percaya saudara-saudara mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab" kata Makarim. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Fransiscus Andi Silangen, mengajak masyarakat Kabupaten Sangihe untuk tetap menjaga tali persaudaraan hidup rukun dan damai.

Fransiscus Andi Silangen, juga suami dari Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Silangen Tamuntuan, menyampaikan itu di beberapa kesempatan, ia yakin kekuatan persaudaraan warga Sangihe akan semakin kokoh jika masyarakatnya hidup saling menghargai, menghormati serta rukun dan damai.

Pada kegiatan HUT Jemaat GMIST Ararat Nahepese (25/06/2022), Silangen dalam sambutannya mengingatkan warga Jemaat maupun masyarakat untuk menjaga kerukunan menjauhi pertikaian, perpecahan, iri dan dengki.

"Alangka indahnya jika kita semua hidup rukun dan damai, karena ketika kita hidup rukun dan damai maka berkat Tuhan akan tercurah bagi daerah ini" ucapnya.

Pada ibadah Minggu pagi, (26/06/2022) di Jemaat GMIST Elshadai Manente, Silangen sebagai pengkhotba, juga menyuarakan hal senada agar warga gereja bisa menebarkan nilai-nilai persaudaraan, kerukunan dan kebaikan bagi lingkungan sekitar.

"Saya percaya, kerukunan dan damai merupakan anuhgera Tuhan bagi masyarakat Sangihe dan karakteristik masyarakat Sangihe itu cinta damai oleh sebab itu kita harus menjauhkan diri dari pertikaian, karena beda pilihan, beda warna, beda pendapat bukanlah penghalang namun jadikan perbedaan itu sebuah anugerah untuk mempersatukan kita" pungkas Silangen mantap.

Ia juga menyampaikan hal senada di acara HUT Jemaat GMIST Bethel Lengko Manumpitaeng, hari Minggu kemarin. Bahkan ia meminta Jemaat menyanyikan lagu yang di populerkan oleh vokal grup legendaris asal Sangihe yakni Alfa Omega, dengan judul "Torang Samua Basudara".

Jemaat sambil bertepuk tangan menyanyikan lagu tersebut, baik anak-anak, remaja sampai yang lanjut usia terlihat bergembira saat menyanyikan lagu tersebut.

"Nah jika kita hidup rukun dan damai segala bentuk perpecahan pasti tidak akan ada tempatnya jadi kita semua jangan mau diaduh domba kita tetap sebagai Orang Sangihe yang cinta damai" tutur Silangen.

Silangen berharap, perilaku hidup rukun dan damai itu menjadi karakteristik di masyarakat meski pun itu sudah membudaya turun temurun bagi suku Sangihe, namun menurut Silangen harus di ingatkan kembali jangan sampai masyarakat Sangihe memungkirinya. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Dikatakan oleh Penjabat bupati kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan, bahwa minimnya capaian vaksinasi bagi warga masyarakat maka ia mendorong percepatan vaksinasi.

Dibeberapa kesempatan kegiatan dalam sambutannya Bupati selalu menyisipkan soal vaksinasi yang harus di percepat. "Kami menghimbau masyarakat untuk di vaksin, tahap 1, 2 dan vaksin boster karena capaiannya masih rendah" ujar bupati di kegiatan HUT Jemaat GMIST Ararat Nahepese Sabtu, (25/06/2022).

Pada ibadah minggu pagi, (26/06/2022) di Jemaat GMIST Elshadai Manente, Tamuntuan juga menyampaikan soal percepatan vaksinasi ia menghimbau warga Jemaat untuk di vaksin.

"Varian baru Covid-19 sudah ada di wilayah pulau Jawa dan sekitarnya, kita bersyukur di Sangihe varian ini tidak ada, nah bukan menakut-nakuti namun diminta agar warga Jemaat yang belum di vaksin agar segera di vaksin" kata Tamuntuan saat diminta menyampaikan sambutan.

Hari yang sama pula di ungkap Bupati pada kegiatan HUT Jemaat GMIST Bethel Lengko Manumpitaeng ke 51 tahun. Tamuntuan bahkan mendorong Dinas Kesehatan daerah (Dinkesda) agar jemput bola di setiap kegiatan pemerintah maupun kegiatan kemasyarakatan, di gereja maupun di mesjid.

"Kita tidak bisa lengah dalam menghadapi covid-19, salah satu cara menghindarinya adalah upaya vaksinasi bagi warga masyarakat, sejauh ini capaian vaksinasi masih kurang jadi, pada kesempatan ini kami pemerintah menghimbau masyarakat dan Jemaat untuk di vaksin" ucap Tamuntuan dalam sambutannya.

Bupati mengatakan upaya percepatan vaksinasi adalah upaya pemerintah dalam melindungi masyarakatnya, hal itu sebagaimana tugas dan tanggungjawab pemerintah jadi harus didorong program vaksinasi ini.

Pada kegiatan HUT Jemaat GMIST Bethel Lengko Manumpitaeng, Dinkesda Sangihe, juga hadir dan membuka layanan vaksin gratis bagi warga Jemaat dan masyarakat sekitar.

Kata Kepala Dinkesda, Handry Pasandaran, pihaknya merespon perintah bupati dalam rangka percepatan vaksinasi "Kami sangat siap dan mendukung upaya bupati dalam rangka percepatan vaksinasi, jadi pada setiap kegiatan kemasyarakatan kami hadir disana untuk memberikan layanan vaksin gratis bagi masyarakat" tandas Pasandaran. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Event festival kuliner khas Sulawesi Utara (Sulut) dilaksanakan di pendopo rumah jabatan Bupati, Sabtu (25/06/2022) yang diselenggarakan antara Komisi X DPR RI dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreaktif (Kemenparekraf) meriah.

Kegiatan tersebut selain demo masak juga pameran kuliner khas Sangihe berbahan sagu dan umbi-umbian yang di kelolah dengan citra rasa khas serta dikemas sedemikian rupa sehingga menarik dan terlihat berkualitas.

Penjabat Bupati, Rinny Silangen Tamuntuan, menyampaikan sambutannya, ia mengatakan Festival kuliner khas Sulut, merupakan momen untuk memperkenalkan keunggulan kuliner khas Sangihe yang kaya akan citra rasa meski berbahan baku Sagu dan umbi-umbian.

Juga, hajatan berupa Festival seperti ini, akan mendorong bagi pelaku UMKM untuk belomba-lomba menampilkan hasil karya dengan kualitas terbaik "Tentunya event seperti ini sangat membantu bagi kami Pemerintah maupun masyarakat khususnya pelaku UMKM, melalui kegiatan ini kedepannya pasti akan banyak UMKM yang akan berpartisipasi sambil menunjukan kualitas terbaiknya" kata bupati.

Tamuntuan berharap, pelaku UMKM yang ikut kegiatan festival ini kedepannya harus lebih lagi menggali potensi khas Sangihe yang masih belum digarap agar ada kreasi baru dan citra rasa baru yang bisa di pamerkan pada event lainnya dimasa mendatang.

Pada kesempatan itu Ketua Komisi X DPR RI, Adriana Dondokambey juga mengapresiasi beragam citra rasa kuliner atau panganan khas Sangihe, menurutnya kuliner khas Sangihe memiliki nilai kompetitif "luar biasa citra rasa kuliner Sangihe dengan bahan sederhana namun menghasilkan citra rasa yang mewah" ujar kakak kandung Gubernur Sulut itu.

Ia, pun merasa bangga bisa menghadirkan kegiatan spektakulir ini di Sangihe salah satu daerah pemilihannya, "Ada rasa bangga bisa mengahadirkan kegiatan seperti ini di Sangihe yang ternyata citra rasa kuliner Sulut itu kaya raya apalagi kuliner khas Sangihe" pungkasnya.

Trio Dewangga, Direktorat event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreaktif, juga turut mencicipi kuliner khas Sangihe dan ia mengatakan citra rasa kuliner Sangihe luar biasa "Nusantara ini kaya akan kuliner khas daerah termasuk Sangihe dengan citra rasa yang menakjubkan" ucapnya.

Diksempatan itu juga peserta festival mendapat bimbingan dan pengetahuan dari praktisi kuliner. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Penjabat bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan dan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Fransiscus Andi Silangen terundang di acara HUT Jemaat GMIST Ararat Nahepese, ke 91 tahuna Sabtu (25/06/2022).

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Provinsi diberikan kesempatan pertama menyampaikan sambutan sebagai bentuk penghargaan kepada Silangen.

Silangen memaparkan, usia 91 tahun merupakan kemurahan Tuhan yang teralami oleh jemaat GMIST Ararat Nahepese, "Tak mudah melewati perjalanan panjang menuju usia ke 91 tahun, Jemaat Tuhan di Nahepese sudah terbentuk menjadi dewasa dan ini merupakan capaian usia kemurahan Tuhan bagi Jemaat" ucap Silangen.

Kata Silangen Pemerintah Provinsi begitu peduli dengan gereja maupun umat agama lain, sebagai bukti pemerintah Provinsi membangun rumah dinas bagi Ketua Sinode GMIST juga ada begitu banyak dana hibah baik ke kegiatan Sinode GMIST maupun ke gereja-gereja GMIST di Sangihe, Sitaro dan daerah lainnya.

Juga tambah Silangen, dalam segala hal berjemaat utamakan kasih persaudaraan hilangkan perpecahan harus menjadi satu sehingga Jemaat tetap kuat dalam iman dan pengharapan.

Seusai menyampaikan sambutan, Silangen memberikan diakonia bagi jemaat GMIST Ararat Nahepese.

Kemudian Tamuntuan,  menyampaikan sambutan ia mengatakan Jemaat telah melewati 91 tahun perjalanan iman tentunya tidak sedikit berkat dan kasih setia Tuhan di alami oleh Jemaat.

"Kiranya melalui momentum HUT ke 91 tahun ini, jemaat semakin kokoh diperbaharui iman dan pengharapannya agar tetap menikmati kebaikan Tuhan" ucap istri Ketua DPRD Provinsi Sulut itu.

Bupati juga mengingatkan Jemaat untuk tetap bersaksi, melayani dan berdiakonia, sebagai bagian dari panggilan iman Kristiani kokoh teguh sebagai tubuh Kristus menjadi terang ditengah masyarakat.

Kemudian, usai sambutan dilanjutkan dengan penyerahan Akta nikah, bagi pasangan yang telah mengikuti pernikahan massal, juga penyerahan tropi lomba vokal grup yang diselenggarakan oleh Jemaat dalam rangka HUT Jemaat. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemasaran photografi dalam pemasaran kuliner Sulawesi Utara (Sulut) Jumat (24/06/2022) di hotel Dialooq Tahuna, Penjabat Bupati Rinny Silangen Tamuntuan, bicara potensi pariwisata Sangihe.

Kegiatan bersama antara Komisi X DPR RI dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreaktif (Kemenparekraf) juga mengangkat keunggulan potensi pariwisata di Sangihe, maka dibuatlah Bimtek bagi warga Sangihe.

Pada kesempatan itu, bupati pun menyampaikan bahwa potensi pariwisata Sangihe sangat menjanjikan hanya saja belum terkelola dengan baik ditambah juga sara prasarana yang belum memadai akan tetapi secara berlahan pariwisata Sangihe mulai di tata dan dikembangkan.

Lanjut Bupati, lewat kegiatan Bimtek ini, apalagi dihadiri oleh anggota Komisi X DPR RI dan Direktorat event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreaktif, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi pastinya bisa melihat secara langsung potensi pariwisata Sangihe.

"Kami sangat berharap kedepananya ada sentuhan khusus untuk pembangunan pariwisata di Sangihe baik Ibu Adriana Dondokambey selaku anggota Komisi X DPR RI, juga mewakili Kemenparekraf Pak Trio Dewangga kiranya dapat menyuarakan potensi pariwisata Sangihe dan mendukung pembangunan pariwisata kami" ujar Tamuntuan.

Tak lupa tamuntuan memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan luar biasa antara Komisi X DPR RI dan Kemenparekraf yang bisa dilaksanakan di Sangihe terlebih lagi dukungan dari pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi Sulut.

"Tentunya kami Pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan bermanfaat ini di Kabupaten Kepulauan Sangihe" tambah Tamuntuan.

Adriana Dondokambey juga menyampaikan bahwa keberadaan Kepulauan Sangihe sebagai wilayah perbatasan memiliki daya tarik tersendiri sehingga upaya mengangkat potensi pariwisata menjadi program yang harus di dorong.

"Makanya kami berkolaborasi membuat kegiatan ini dengan harapan segala potensi pariwisata UMKM maupun kuliner khas Sangihe menjadi terkenal" ucap Dondokambey seraya membuka kegiatan Bimtek.

Direktorat event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreaktif, Trio Dewangga juga mengatakan hadirnya kegiatan Bimtek di Sangihe sebagai upaya pemerintah pusat untuk mendorong pelaku pariwisata khususnya di Sangihe agar bisa membuat inovasi dan terobosan dalam mempromosikan pariwisata di Sangihe.

"Kami hadir sebagai bentuk dukungan agar pariwisata Sangihe akan semakin berkembang dan dikenal secara nasional mau pun internasional" kata Dewangga.

Sementara kata kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjily, ia juga mendorong agar sektor pariwisata Sangihe makin berkembang dikarenakan jarak dengan Ibukota Provinsi cukup dekat ditambah akses transportasi laut, udara dan darat sudah tersedia. Selain itu akomodasi berupa hotel berkelas sudah ada di Tahuna.

"Kita tetap memberi perhatian bagi Sangihe sehingga sektor pariwisata Sangihe makin maju sebab dukungan transportasi akomodasi cukup memadai" ujarnya. (Andy Gansalangi)

Tahuna, Sulutnews.com - Penjabat bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan, Jumat, (24/06/2022) membuat trand baru dalam kepemimpinannya, Blusukan sambil berolahraga.

Tamuntuan, menjejaki boulevard Tidore menuju pasar Towoe dengang berjalan kaki, ia menyapa masyarakat di talud boulevard dan membeli ikan di Tidore yang di jual di pinggir talud.

Melewati jembatan Tidore-Towoe (Tito) tiba di pasar Towoe, Tamuntuan pun berinteraksi dengan masyarakat sambil menyapa lalu, perjalanan menuju area pasar Trikora memantau progres capain kerja dan mengamati mini mall yang sudah selesai di kerjakan.

Finis di pelabuhan Tua (Peltu) Tamuntuan melihat potensi yang bisa dikembangkan di area dermaga apung untuk di jadikan taman dan penempatan tulisan iconik untuk brandit promosi pariwisata Sangihe.

Kepada Sulutnews.com, Bupati yang juga istri ketua DPRD Provinsi itu mengatakan bahwa berolahraga sambil blusukan merupakan upaya untuk melihat langsung aktifitas masyarakat juga berinteraksi sehingga antara pemimpin dan rakyat tidak ada jurang pemisah.

Kemudian, sambil memantau keadaan di pasar kata Tamuntuan ia bisa mengevaluasi apa yang harus ia buat kedepannya "Terpenting saya bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sambil melihat apa yang akan dikerjakan maupun di evaluasi atau dibenahi di pasar" ujar Tamuntuan.

Kata bupati, jalan sehat ini akan ia lakukan selain karena kebiasaan berolahraga juga penting untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. (Andy Gansalangi)