Wakili Bupati, Wabup Legi Membuka Secara Resmi Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2022

Written by  Jun 14, 2022

 

MITRA, Sulutnews.com -  Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs. Jesaja Jocke Legi menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan Golongan III formasi tahun 2019, bertempat di Balai Diklat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 14 Juni 2022.

 

Perlu juga di ketahui, sebanyak 137 CPNS yang diri dari, Golongan II sebanyak 29 orang, golongan III sebanyak 108. Adapun tenaga teknis sebanyak 23 orang, tenaga Guru sebanyak 67 orang, tenaga kesehatan sebanyak 47 orang peserta Latsar. Dengan waktu pelaksanaan 18 hari on campus, 30 hari masa aktualisasi, 3 hari ujian aktualisasi.

 

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, SH, MH, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Legi menyampaikan, Latsar merupakan salah satu pengembangan kualitas aparatur. Disamping itu juga, Latsar bertujuan untuk membentuk PNS yang Profesional.

 

“Latsar ini diselenggarakan bukan sekedar memenuhi persyaratan Administratif atau formalitas belaka. Namun saya berharap, para peserta Latsar akan dapat membawah dampak yang riil bagi peningkatan para ASN,” ujar Legi.

 

Wabup juga berharap, para peserta Latsar agar mampu berkontribusi besar terhadap kelancaran serta kebijakan sampai pada Implementasinya dalam berbagai sektor pembangunan.

 

“PNS dituntut profesional dan serta bisa memberikan pelayanan berkualitas, serta mampu memenuhi standard kopetensi. Saya juga berharap agar seluruh peserta Latsar untuk mengikuti setiap materi dengan serius dan disiplin,” pungkas Wabup.

 

Ditambahkannya, melalui pendidikan dan pelatihan dasar ini juga ada peningkatan pemahaman terhadap visi, misi dan arah pembangunan Kabupaten Mitra yang nantinya dapat secara riil.

 

“Pada kesempatan ini, saya menitipkan sebanyak 137 CPNS dari Kabupaten Mitra kepada BPSDM Provinsi Sulut dilatih sesuai dengan kurikulum dan metode pelatihan yang berlaku. Kepada para peserta Latsar selamat mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar semoga berjalan dengan baik,” tutup Legi.

 

Sementara itu, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Drs.Marhaen R.Tumiwa ,M.Pd dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada Bupati Mitra karena berkomitmen dalam menganggarkan dana sehingga dapat terlaksana kegiatan ini.

 

“Latsar ini bukan sekedar program sebagai formalitas untuk memenuhi kriteria CPNS menjadi PNS, tetapi sebagai program dalam pemenuhan kompetensi CPNS. Serta untuk mengisi bagaimana program latihan menja di pembentukan mental karakter dalam me menuhi kompetensi baik teknik managerial, digital, nasionalis, administrasi pemeritahan sebagai sosok ASN profesional, memenuhi standar ASN yang berakhlak dan mampu berkolaborasi dalam tugas sebagai ASN

Pemersatu NKRI,”ujar Singkat Tumiwa.

 

Adapun yang ikut dalam acara Pembukaan Latsar CPNS tahun 2019 diantaranya, Wakil Bupati Drs. Jesasa Jocke Legi, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Drs.Marhaen R.Tumiwa ,M.Pd, Kepala BKPSDM Kabupatrn Mitra Rine Komansilan, S.Pd, MAP.