Mitra,Sulutnews.com - Langkah tegas dalam penanganan Covid 19 diambil Pemerintah Desa Silian Kecamatan Silian Raya, Kali ini dengan melaporkan Pengrusakan portal yang terjadi.

 

Hukum Tua Silian Audy Peleng kepada media ini mengatakan, Pihaknya langsung mengambil langkah tegas dengan melaporkan oknum pengrusak portal.

 

" Kami langsung berkoordinasi dengan kecamatan dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Touluaan," ungkap Peleng (3/8/2021).

 

Dirinya juga menjelaskan proses pengrusakan portal penanganan covid terjadi dimalam hari dan disaksikan langsung oleh aparat pemerintah yang ada ditingkatan jaga 

 

" Saksi ada, bahkan pelaku menantang untuk dilaporkan, ini juga bentuk komitmen kami pemerintah dalam penanganan covid maka harus di tindak tegas," ucapnya.

 

Sementara, Kapolsek Touluaan Ipda Dess Solangyang juga menangani wilayaha kecamatan Silian Raya ketika dikonfirmasi membenarkan adanya pelaporan terkait pengrusakan posko dan dirinya beserta jajaran langsung turun ke lokasi.

 

" Pada intinya kami forkompimcam selalu berkoordinasi dan langsung turun kelolasi kejadian, saat ini sementara proses lidik, " terang Ipda Dess Solang.

Mitra,Sulutnews.com - Berkat melimpah kembali dirasakan para Pendidik dikabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dengan direalisasinya dana Sertifikasi Triwulan Dua.

 

Kepala Dinas Pendidikan Mitra, Ascke Benu lewat Kepala Bidang P2TK Henny Rondonowu mengatakan, Dana sertifikasi triwulan dua untuk bulan April,Mei dan juni telah dicairkan ke rekening penerima.

 

" Sesuai data ada 677 penerima dan dana telah ditransfer setelah proses verifikasi oleh bank," ungkap Rondonowu. (2/8/2021).

 

Dirinya berharap dengan dikucurkannya dana sertifikasi sebesar 7.659.230.540 para guru di Mitra terus bekerja profesional meskipun dimasa pandemi covid 19.

 

" Tentu dengan dana ini bisa membantu para guru, kami harap juga para guru bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan jangan lupa menerapkan prokes," pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pangu, Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), siap membatu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk usahanya.

 

Direktur Bumdes Pangu Marfel Pandaleke mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan etalase penjualan khusus produk kuliner lokal.

 

"Pada prinsipnya Bumdes hadir untuk pemberdayaan masyarakat. Nah kebetulan untuk usaha ritel, kami ingin ada produk lokal tersedia di toko kami. Maka dari itu kami buka kesempatan bagi pelaku UMKM untuk bermitra," ujar Pandaleke.

 

Secara teknis dia menjelaskan bahwa Mitra usaha yang di tawarkan adalah, para pelaku usaha membawa langsung produk usaha dengan sistem titip jual. Sementara untuk jenis produknya bisa meliputi kuliner maupun kerajinan tangan.

 

"Sebelumnya juga kami sudah bermitra dengan pelaku UMKM, namun masih di wilayah Desa Pangu dan sekitarnya. Kalau sekarang, etalase yang kita siapkan sudah lebih besar. Jadi bisa lebih muat untuk menambah Mitra usaha," terangnya.

 

Dia menambahkan jika saat ini pihak Bumdes Mart desa Pangu juga sementara mengupayakan penjualan produk secara online. Prosesnya sementara dilakukan dan diharapkan dapat terealisasi segara.

 

"Kalau penjualan online masih kita siapkan sistemnya. Ini natinya akan sangat membantu untuk pemasarannya. Tapi memang harus berproses untuk menyiapkan segala sesuatu apalagi menyangkut sistem dan jaringan pemasaran," pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com - Paskah Penerapan PPKM di Kelurahan Lowu Utara Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) IOF Sulut - Tonny Hendrik Lasut (THL) bergerak memberikan bantuan bahan pokok bagi (Bapok) masyarakat.

Memiliki Slogan Satu langkah lebih maju untuk IOF Pusat dan Satu Untuk Semua sebagai slogan IOF Sulut yang dinahkodai Tonny Hendrik Lasut tergerak memberikan bantuan bapok berupa Beras, Minyak Goreng dan Telur bagi masyarakat yang terkena dampak PPKM Mikro sejak 9 Juli hingga 21 Juli.

" Ini komitmen kami IOF terlebih dimasa Pandemi dan yang kena PPKM tentu tidak bisa beraktifitas maupun bekerja, sehingga diputuskan giat kali ini di kelurahan Lowu Utara," Ungkap THL yang juga wakil Ketua DPRD Mitra, (25/7/2021).

THL juga mengatakan dirinya memberikan apresiasi kepada Masyarakat Lowu Utara yg sudah mematuhi kebijakan pemerintah selama PPKM serta seluruh pihak yang sudah membantu dan turut serta salam kegiatan.

" Saya juga berterima kasih kepada Bos Besar, yg sudah memberikan berkat untuk kami Membagikan kepada orang yg membutuhkan serta bagi pengurus IOF yang tetap solid dalam hal kemanusiaan," pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com - Penanganan Covid 19 terus di upayakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kali ini terkait Program vaksinasi yang terus di utamakan.

 

Sempat mengalami kekurangan Vaksin, Pemerintah Kabupaten Mitra lewat instansi terkait Dinas Kesehatan langsung berupaya kembali mendatangkan Vaksin.

 

" Tadi kami telah menerima stok vaksin dari Provinsi yakni Sinovac 80 vial, Astrazeneca 30 vial, " Ungkap Kepala Dinkes Mitra Dr Helny Ratuliu

 

Dirinya juga mengungkapkan, kiranya masyarakat Mitra bisa memanfaatkan program vaksinasi yang diberikan pemerintah sebaik mungkin.

 

" Ini komitmen kami dinas kesehatan terlebih pak Bupati James Sumendap dalam penanganan covid, jadi dimanfaatkan sebaik mungkin," pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com - Berbagai program kemasyarakatan terus diperlihatkan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

 

Kali ini, DWP Mitra yang dinahkodai Ny Lingkan Lalandos Mumekh, Memberikan bantuan bagi warga terdampak covid 19.

 

" Ini bentuk perhatian kami dharma wanita bagi masyarakat yang terdampak, meskipun kecil kiranya bantuan ini bisa bermanfaat," ungkap Istri Tercinta Sekda Mitra David Lalandos, (15/7/2021).

 

Mumekh juga mengatakan, untuk saat ini Dirinya bersama Pengurus DWP Kabupaten berkesempatan untuk memberikan diwilayah kecamatan Ratahan tepatnya di kelurahan Lowu Utara

 

" Bantuan sudah kami serahkan langsung kepada camat dan lurah yakni bantuan suplemen, masker dan handzanitiser, kedepannya adalagi," pungkas Mumekh didampingi Sekretaris Selvie Lendombela dan  Inggrid Manopo

Mitra,Sulutnews.com - Hukum Tua Desa Towuntu Joli Engka mendampingi Perwakilan Polres Minahasa Tenggara (Mitra) membagikan bantuan Sembako.

 

Kapolres Mitra Rudi Hartono mengatakan, bantuan kali ditujukan bagi masyarakat kurang mampu dan yang sementara melakukan isolasi mandiri.

 

" Ini salah satu bentuk perhatian kami kepolisian dalam rangka mengurangi beban dimasa pandemi saat ini," ungkap Hartono.

 

Sementara, Hukum Tua Towuntu Joli Engka memberikan apresiasi kepada pihak Polres Mitra yang memiliki kepedulian sangat tinggi dimasa pandemi.

 

" apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak polres yang bisa membantu warga , tentu bantuan ini sangatlah berarti," pungkasnya.

 

Mitra,Sulutnews.com – Beredarnya informasi terkait adanya pemotongan dana Bantuan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) di salah satu Kelompok tani (Poktan) langsung di bantah Dinas Pertanian Mitra.

“ informasi tersebut tidaklah benar kalau ada pemotongan dari dinas untuk bantuan tersebut dan itu sudah saya cek ke BPP Kecamatan maupun bidang terkait,” tegas Johana Untu, Kadis Pertanian Mitra (14/7/2021).

Dirinya bahkan mengatakan, Pihak Inspektorat bahkan telah melakukan pemanggilan kepada Kelompok tani tersebut dan itu sudah terbantahkan.

“ pada intinya hal itu tidak ada, bahkan progress pekerjaan melebihi dari yang seharusnya dan itu sudah saya sampaikan ke pimpinan dalam hal ini pak sekda,” pungkas Untu.

Mitra,Sulutnews.com - Pemerintah Desa Rasi Satu Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sukses menggelar Musyawarah Desa (Musdes) RKPdes Tahun Anggaran 2022.

 

Dalam musdes kali ini berbagai usulan disampaikan peserta yang hadir baik Pemerintah Jaga, perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Guru PAUD diterima Pemerintah Desa Rasi dan BPD yang ada.

 

" Semua usulan kami tampung dan dilihat mana yang menjadi prioritas tapi kebanyakan usulan utama perbaikan Saluran air bersih dan fasilitas olahraga yang disampaikan," ungkap Alfian Kapahang Hukum Tua Desa Rasi Satu, (13/7/2021).

 

Kapahang juga menyebutkan, pada intinya pemerintah desa serta BPD yang ada terus bersinergi untuk menyerap aspirasi semua element yang ada demi terus memajukan desa Rasi Satu.

 

" Ini bentuk komitmen kami untuk desa tercinta, setiap tantangan tentu akan terlewati dengan kerja sama," ucapnya.

 

Sementara itu, Pendamping Kecamatan Ratahan, Alfian Sumual menyampaikan bahwa RKPDes 2022 nantinya akan disusun sejak saat ini untuk rencana pembangunan prioritas tahun akan datang hasil musyawarah.

Mitra,Sulutnews.com - Guna menekan penyebaran Covid 1, Camat Ratahan Timur (Ratim) Meyta Ompi, melakukan sidak masker di desa Wioi Raya, Selasa ( 13/7/2021).

Ompi kepada Sulutnews.com mengatakan, Pihak Pemerintah Kecamatan Ratahan Timur terus berupaya bersinergi dengan setiap program Pemerintah yang ada,terlebih dalam penanganan Covid 19.

" Sidak masker kali ini salah satu upaya guna terus mengingatkan pentingnya Protokol kesehatan untuk terus di budayakan di masyarakat," Terang Ompi.

Dirinya juga mengatakan, dalam sidak kali ini dirinya beserta jajaran Pemerintah kecamatan Turun kejalan dan memberikan masker bagi pengendara yang melintas tanpa menggunakan masker.

" Tadi masih ditemui beberapa pengendara yang melintas tanpa masker jadi kami berikan masker dan kedepannya tentu akan ada sanksi yang akan diberikan jika masih melanggar," pungkasnya.