Ratahan, Sulutnews.com – Dalam rangka mencegah terjadinya stunting balita, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Kesehatan Kab.Mitra menyelenggarakan rapat koordinasi Pencegahan Stunting Tahun 2021, yang berlangsung di Torusaya Selatan, Senin (10/05/2021).

Tujuan rapat sebagai salah satu tahapan 8 aksi konvergensi stunting yaitu identifikasi sebaran stunting dan dilanjutkan dengan penempatan desa yang akan menjadi lokasi fokus atau lokus percepatan penanganan stunting di Kabupaten Mitra.

Dari hasil rapat tersebut telah disepakati ada 13 desa sebagai lokus penanganan stunting yaitu bentenan, minanga satu, tumbak madani, towuntu timur, mokalu selatan, molompar 2 selatan, molompar 2, molompar 2 utara, molompar satu, molompar, mundung, tolombukan satu dan tolombukan barat.

Rapat ini sebagai bentuk keseriusan Bappeda Mitra dibawah kepemimpinan DR Grace Oroh dalam menangani stunting melalui Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya, “berharap setelah diadakanya rapat koordinasi ini kedepan mampu menyusun langkah antisipasi terjadinya stunting balita dan kasus stunting di Kab.Mitra dapat ditangani sejak dini”,Ucap Grace.

Turut hadir dalam rapat rakor ini, Tenaga ahli tim leader regional 5 Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Bapak Sam Patoro Laboru, Kepala Bappeda Prov sulut yang di wakili oleh kepala bid pemerintahan, sosial dan budaya Dra. Feibe Rondonuwu M. Si, Kepala Dinas Kesehatan dr Helny S Ratuliu dan Para camat se Kab. Mitra.(/Merson)

 

Mitra,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) terus mendeklarasikan Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Berbagai upaya serta melewati tahapan akhirnya Desa Tolombukan Kecamatan Pasan resmi mendeklarasikan lima Pilar STBM, selasa 4 Mei 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Mitra Helny Ratuliu lewat kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Gueen Naray saat membawakan sambutan usai deklarasi berharap Desa Tolombukan baik Pemerintah maupun masyarakat terus memegang komitmen yang baru saja di deklarasikan.

" Usai deklarasi tentu kami dinas terkait akan terus melakukan pemantauan dan jika kedepan didapati adanya pelanggaran dari hasil deklarasi tentu konsekuensi deklarasi yang ada akan di cabut," ungkap Naray.

Dirinya juga meminta pemerintah desa untuk terus mensosialisasikan perilaku hidup bersih dimasyarakat karena untuk kesehatan bersama.

" Peran serta semua pihak tentu sangat penting dan satu kuncinya kebersihan harus mendarah daging," terangnya.

Sementara Pihak Kecamatan Pasan yang diwakili Sekcam Denny Lumopa dalam kesempatan yang sama mengapresiasi desa desa yang ada di kecamatan pasan yang mampu berkomitmen untuk mendeklarasikan terkait Lima Pilar STBM.

" Kiranya deklarasi ini bukan hanya jadi seremonial belaka tapi terus dipertahankan dan bisa menjadi contoh bagi desa yang lain," imbuhnya seraya menambahkan perilaku masyarakat harus dirubah dan berjalan beriringan dengan program yang ada.

Hukum Tua desa Tolombukan delvy Lumbu dikesempatan menyampaikan ucapan terima kasih mengatakan sebagai pemimpin desa tentu mengucapkan. Banyak terima kasih kepada seluruh element masyarakat yang telah berupaya sehingga deklarasi bisa tercapai.

" Kita tentunya berkomitmen terus menjaga Kebersihan sesuai lima pilar yang telah dideklarasikan dan akan terus mensosialisasikan dan Ini juga untuk bersama sama mensukseskan kabupaten Mitra sehat sesuai visi misi bupati Mitra," pungkas Lumbu.

Desa Tolombukan Sendiri menjadi desa kesembilan dari 144 Desa kelurahan di Mitra yang telah mendeklarasikan Lima Pilar STBM.

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS);

2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS);

3. Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT);

4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT);

5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT)

 

 

mitra,Sulutnews.com- Guna memaksimalkan dalam menyerap aspirasi masyarakat, Anggota DPRD Mitra Fraksi PDIP Fredy Tuda Menggelar Reses di empat lokasi berbeda sesuai daerah pemilihan (Dapil), kamis 29 april 2021.

" ini langkah yang saya ambil untuk lebih mendengarkan dan menerima aspirasi dari masyarakat makanya di laksanakan di beberapa tempat," ungkap Fredy Tuda usai Reses.

Dirinya juga mengatakan berkomitmen penuh untuk mengawal setiap aspirasi yang telah dirinya terima sesuai yang di masukan lewat lembar aspirasi yang telah dipersiapkan.

" tadi empat lokasi yakni tombatu dua barat, tombatu tiga timur betelen satu dan tombatu tiga dan semua saya tampung aspirasi untuk di kawal sesuai instansi teknis," tuturnya.

Turut hadir Perwakilan sejumlah instansi baik Dinas PU, Perkim, Pertanian, Perikanan serta Pemerintah Desa.

 

Mitra,Sulutnews.com – Wakil Ketua DPRD kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Tonny Hendrik lasut (THL) menyerap aspirasi di daerah Pemilihan terlebih kecamatan Ratatotok, lewat masa reses pertama tahun 2021.

THL mengatakan selama dirinya dipercayakan sebagai wakil rakyat di DPRD Mitra sejak periode sebelumnya dirinya terus berkomitmen untuk mengawal setiap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.

“ sudah kewajiban wakil rakyat untuk mengawal aspirasi dan itu sudah sejak dahulu saya lakukan,” ungkap THL.

 

THL yang tak lain ketua Golkar mitra juga mengatakan dalam reses kali ini dirinya menerima langsung setiap aspirasi yang disampaikan baik dari kalangan masyarakat maupun pemerintah desa.

“ tentunya kita akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait melihat mana yang prioritas disetiap aspirasi tanpa mengecualikan aspirasi yang lain,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan kali ini, Pihak Sekretariat DPRD Mitra, Camat dan Sekcam Ratatotok serta hokum Tua Ratatotok Timur, Ratatotok Muara, Ratatotok Tengah, Ratatotok serta Moreah Satu beserta perwakilan dari masing-masing desa.

 

Mitra,Sulutnews.com – Terobosan di masa Pandemi Covid 19 terus diupayakan Pemerintah Desa Tolombukan Kecamatan pasan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kali ini lewat Program Badan usaha milik desa (Bumdes) berhasil menyiapkan fasilitas olahraga khususnya badminton di desa Tolombukan.

Hukum tua Desa Tolombukan Delvy Lumbu berharap kiranya apa yang telah diusahakan oleh Bumdes bisa di manfaatkan oleh masyarakat terlebih demi menjaga stamina agar terhindar dari covid 19.

“ tentunya sebagai pemerintah mengapresiasi langkah Bumdes yang ada kali ini karena berinovasi dihal positif,” terang Lumbu 26 Januari 2021.

Lebih lanjut dikatakan Lumbu kiranya Bumdes bisa mengelola fasilitas yang ada secara professional demi kemajuan desa tercinta.

Mitra,Sulutnews.com – Hukum Tua Desa liwutung Dua Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara meminta masyarakat agar bisa memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“ saya harap masyarakat bisa memanfaatkan Bumdes yang disiapkan oleh desa,” ungkap Ratulangi 25 Januari 2021.

Ratulangi bahkan mengatakan pihaknya lewat bumdes memberikan reward bagi pelanggan setia kios Bumdes.

“ reward diberikan bagi pelaggan yang ada, ini bentuk apresiasi karena bumdes mempermudah masyarakat lewat kios sembako,” pungkas Ratulangi.

Mitra,Sulutnews.com – Hukum Tua Desa liwutung Dua Kecamatan Pasan Jelly Ratulangi terus menghimbau masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan (Prokes)  yang telah ditetapkan oleh gugus tugas.

“ saya harap kita ada kerjasama yang baik dan terus mematuhi setiap instruksi terkait penerapan prokes yang ada,” ungkap Ratulangi, 5 Februari 2021.

Dirinya juga mengatakan himbauan ini untuk terus mempertahankan akan Desa Towuntu Barat bebas dari kasus Covid 19 sehingga dukungan dari seluruh element masyarakat sangat di perlukan.

“ mari kita kawal dan jaga bersama agar kita semua bisa terhindar dari penyebaran covid 19,” pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com – Hukum Tua Towuntu Barat Otniel Rondonowu terus menghimbau masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan (Prokes)  yang telah ditetapkan oleh gugus tugas.

“ saya harap kita ada kerjasama yang baik dan terus mematuhi setiap instruksi terkait penerapan prokes yang ada,” ungkap Rondonowu, 5 Februari 2021.

Dirinya juga mengatakan himbauan ini untuk terus mempertahankan akan Desa Towuntu Barat bebas dari kasus Covid 19 sehingga dukungan dari seluruh element masyarakat sangat di perlukan.

“ mari kita kawal dan jaga bersama agar kita semua bisa terhindar dari penyebaran covid 19,” pungkas Rondonowu.

Mitra,Sulutnews.com- Pemerintah Desa Towuntu Barat di Pimpin langung Hukum Tua Otniel Rondonowu mengelar Jumat Bersih disepanjang wilayah Desa, jumat (15 Januari 2021).

Hukum Tua Towuntu Barat Otniel Rondonowu mengatakan kegiatan kali ini melibatkan seluruh aparat pemerintah desa yang ada baik perangkat Desa, BPD sampai kepala jaga yang ada untuk terus menciptakan kondisi desa yang bersih sehingga terhindar dari setiap penyakit.

“ ini juga salah satu upaya untuk menghindarkan penyebaran Covid 19 di desa Towuntu Barat tentu dengan perilaku hidup sehat dengan terus menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Rondonowu.

Dirinya juga terus menghimbau seluruh warga untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan dikarenakan penyebaran Covid 19 tetap menjadi perhatian serius Pemerintah.

“ saya harap seluruh masyarakat untuk mematuhi setiap instruksi mari kita bersama melawan covid 19 diawali dengan diri sendiri,” pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com – Pemerintah Desa Tolombukan kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus bersinergi menunjang setiap program serta terobosan Pemerintah kabuten kali ini program pembelajaran anak bangsawan.

Hukum Tua Tolombukan Delvy lumbu saat ditemui usai memantau proses pembelajaran anak bangsawan yang menjadi terobosan Bupati Mitra James Sumendap guna terus menciptakan generasi hebat di Mitra mengatakan sudah merupakan kewajiban pemerintah desa untuk menindaklanjuti setiap program yang ada.

“ tentu sebagai pemerintah desa wajib hukumnya mengamankan setiap program terlebih ini demi pendidikan para penerus kedepannya makanya harus dipantau secara langsung,” ungkap Lumbu, (1 Februari 2021).

Dirinya bahkan mengapresiasi Program pembelajaran anak bangsawan di masa Pandemi Covid dikarenakan tentunya bisa terus mempertahankan setiap anak belajar meskipun harus menerapkan protocol Covid.

“ program ini sangatlah positif karena murid dikunjungi langsung oleh Tenaga pengajar dan ini langkah brilliant pemkab mitra yang terus berupaya menciptakan generasi hebat,” pungkas Lumbu