Minut

Minut (69)

Kolongan,Sulutnews.com - Peringatan Hari Ulang ke-51 Tahun Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (KORPRI) di Provinsi Sulawesi Utara diwarnai dengan launching program pemberdayaan "Mari jo bakobong", dalam bahasa Indonesia berarti mari kita berkebun.

Mari jo bakobong ini digagas Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam rangka menunjang program ketahanan pangan dan mengurangi dampak pandemi sejak tahun 2019.

Di Marijo bakobong ini, Olly berkenan menanam bibit pohon cabai dan pohon kelapa di sepetak lahan bersama Sekprof Ir Steve Keppel, Ketua TP-PKK Ny Rita Dondokambey Tamuntun, sejumlah Asisten Gubernur, Kepala Biro se Pemprof Sulut di Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Minahasa Utara (Minut), 29 November 2022.

Tampak ikut menanam cabai dan kelapa para pejabat eselon II Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Sulut Ir Ronald Sorongan, Kepala Bapenda Jun Silangen,SE,MSi, Kepala Dikda Sulut Grace Punuh, Kepala Dinas PUPR Alexander Watimena dan lainnya serta segenap ASN se Pemprof Sulut.

Usai menghadiri upacara peringatan HUT Ke-51 KORPRI Gubernur Olly Dondokambey langsung menuju lokasi kebun untuk menanam tanaman cabai dan tanaman pohon kelapa.

Dengan memakai tolu di kepala atau topi khas petani Minahasa berbentuk kerucut, Olly datang ke lokasi kebun kemudian menanam bibit cabai dan bibit pohon kelapa, selanjutnya para ASN di lingkungan Pemprof Sulut ikut menanam. Bibit tanaman dibagikan langsung oleh Gubernur sebelum usai acara peringatan HUT Korpri.

Program Mari Jo Bakobong digagas Olly Dodokambey pada tahun 2021 hingga saat ini telah diikuti seluruh lapisan masyarakat dan tokoh-tokoh agama serta pemilik rumah ibadah se Sulut. Program ini pun pernah diberi apresiasi oleh Mentri di Kabinet Jokowi antara lain Mentri Pertanian RI. (yuk)

Minut, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengatakan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) semakin hari semakin baik saat ini. "Saya bersyukur tinggal di Minut daerah ini semakin hari semakin baik" kata Gubernur Olly Dondokambey saat menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minut berkaitan dengan  HUT ke-19 Kabupaten Minut Senin (21/12) di Convention Center Hotel Sutanraja Minahasa Utara.

Sidang Paripurna DPRD Minut dipimpin Ketua DPRD Denny Lolong S.Sos didampingi dua Wakil Ketua dan dihadiri semua angota DPRD. Hadir Ketua DPRD Sulut Fransiskus bu Ketua PPK Sulut. Ketua DPRD Sulut Fransiskus Silangen, Forkopinda Sulut Bupati Minut Joune Ganda,MAP Wakil Bupati K Lotulong SH MH,  Ketua PKK Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan Forkopinda Minut dan sejumlah Walikota dan Bupati serta Pejabat Pemda Minut Sekda Kabupaten Minut It Novli Wowiling MSi dan Camat Lurah dan Kepala Desa.

Gubernur apresiasi kepada Pemkab Minut termasuk DPRD dan semua elemen masyarakat yang melakukan kerjasama dengan Pemda Sulut dalam menunjang pembangunan untuk kesejatraaan rakyat terutama di Minut. "Minut diusia ke-19 terus maju dan banyak keberhasilan pembangunan", katanya.

Terutama pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat, sehinga masyarakat puas. "Ini harus kita pertahankan, karena pemerintah memang harus hadir ditengah masyarakat. Pemekaran waktu lalu tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat”, ujar Gubernur.

Gubernur menyampaikan selamat HUT ke-19 kepada Pemkab Minut dan berharap terus maju kedepan. Sebelumnya Bupati Minut Joune Ganda mengatakan saar ini banyak capaian pembangunan yang diraih dalam berbagai bidang pembangunan. Termasuk bidang olahraga Minut sangat baik saat Pekan Olahraga Provinsi di Bolmong sangat baik hasilnya. Acara ditandai dengan launching pelayanan Aplikasi Digital dan pemberian penghargaan kepada Pemkab Minut dari Gubernur. Dan juga penghargaan dari Pemkab Minut kepada sejumlah kepala desa yang meraih prestasi. (Fanny)

Minut, SulutNews.com - Salah satu dari 43 kepala pemerintahan di desa di Kabupaten Minahasa Utara yang dilantik Bupati Joune Ganda pada Rabu (2/11) yaitu Hukum Tua Desa Kaasar Donny Dumais.

Jabatan baru sebagai Hukum Tua disingkapi Donny Dumais sebagai Anugerah Tuhan untuk bekerja bagi masyarakat Desa Kaasar dan sekitarnya.

"Saya mengucap syukur kepada Tuhan karena penyertaanNya. Dan tentu saja terima kasih kepada masyarakat Desa Kaasar yang bekerja keras demi suksesnya sejak hari pertama pilhuk  hingga pelantikan," katanya selepas menghadiri prosesi pelantikan di Gedung JG Centre Syukur Minahasa Utara.

Pria yang lahir di Desa Kasar 59 tahun lalu ini bertekat membangun desanya menjadi lebih baik lagi. Ia ingin pertanian menjadi prioritas program kerjanya. "Sektor pertanian harus digalakan karena Desa Kaasar cukup luas sebagai desa tani sama seperti desa-desa lainnya," ujar ayah dua putra dan suami dari Vonny Kaligis ini.

Donny menambahkan Desa Kaasar memiliki potensi pertanian seperti padi sawah, cingkeh, kelapa, dan palawija sebagai penopang ekonomi dan ketahanan pangan. Untuk itu harus didukung oleh infrastruktur yang kuat seperti akses jalan dan dranase.

Warga pun akan dilatih untuk mendukung disertifikasi lahan yaitu menanam cabai atau jagung di bawah perkebunan kelapa. Infastruktur pendukung akan diperbaiki sehingga petani dapat segera menjual hasil tani ke pasar tujuan," kata Donny

Sumber Daya Manusia (SDM) pun akan  ditingkatkan seperti terbukanya kesempatan bersekolah lebih lama, pelatihan kepada para pemuda-pemudi, petani, perangkat desa dan lainnya, "Sebab tanpa SDM yang baik maka desa Kaasar tidak mungkin dapat membangun," ujar mantan pejabat di Balai Wilayah Sungai Sulawesi I (BWSSI) Provinsi Sulawesi Utara itu.

Ia mengakui pembangunan yang akan digalakkannya nanti tinggal menyambung dari hukumtua yang lama. Sebab itu sinergitas dengan pemerintah kecamatan dan pemkab Minahasa Utara menjadi prioritas pula dalam kebijakan pemerintahannya nanti.

"Terlebih pemberdayaan Dana Desa (dandes), kita akan lebih transparan. Akan disinergiskan dengan program pemerintah daerah tentang kebutuhan pangan dan ketahanan pangan agar pemanfaatan dandes tersebut tepat sasaran," demikian Donny Dumais. (*/Yayuk)

Minut,SulutNews.Com - Sebanyak 43 Kepala Pemerintahan di Desa atau Hukum Tua (Kumtua) yang ditetapkan sebagai pemenang pada pelaksanaan Pilhuk Oktober 2022 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) akhirnya dilantik sah sebagai Hukum Tua masa bakti 2022-2028, Rabu (2/11).

Pelantikan warnai dengan hadirnya ratusan masyarakat pemilih pada Pilhuk 2022 tersebut. Mereka ikut memadati serta memenuhi tempat jalannya prosesi pelantikan di Aula JG Centre di Syukur, Minahasa Utara (Minut).

Turut hadir Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Bupati Minahasa Utara tentang pelaksanaan pelantikan diikuti dengan prosesi pembacaan sumpah dan janji 43 Hukum Tua yang dilakukan bersama Bupati Minahasa Utara Jouke Ganda.

Bupati Jouke Ganda mengucapkan
selamat kepada 43 Hukum Tua dan bekerja melayani masyarakat karena sudah menjadi milik masyarakat.

"Bapak dan ibu yang saat ini dilantik agar nanti bisa menjadi agen pelopor Minahasa Utara hebat dan maju," kata Joune Ganda.

Ia juga berterima kasih atas program emas pembangunan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang sudah sampai di desa-desa sehingga sangat menyentuh masyarakat. Kiranya 43 Hukum Tua yang dilantik dapat terus mengolah potensi desa menggunakan anggaran Dandes yang diberikan pemerintah pusat untuk kemakmuran desanya.

Tampak hadir Ketua DPRD Minahasa Utara, Wakil Bupati Minahasa beserta Kapolres Minut, Dandim Minut, Ketua PN Minut, Kajari Minut, Kepala Dinas PMD dan sejumlah pejabat daerah.

Dari pengamatan SulutNews.Com Prosesi pelantikan Hukum Tua di Minahasa Utara itu sempat tertunda ditetapkan satu hari sebelumnya dan baru berlangsung pada Rabu 2 Nopember 2022. Panitia pelaksana tak bisa mengawasi pengunjungnya pada hari bersejarah bagi maayarakat Minahasa Utara itu. Namun panitia ungkap pelaksanaan kegiatan dilakukan setelah seluruh pesertanya sudah lebih siap dan sudah divaksin Covid-19. (*/yuk)

Minut,Sulutnews.com - Dalam rangka Peningkatan Kesadaran hukum di masyarakat, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMA Negeri 1 Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara, Selasa 11 Oktober 2022.

Dalam kesempatan ini Kasi (Penkum) Penerangan Hukum Theodorus Rumampuk, SH. MH dan Kasi Teknologi Informasi dan Produksi Sarana Intelijen Advani Fahmi Ismail, SH menjadi Narasumber dalam kegiatan ini mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Edy Birton, SH.MH dan Asisten Intelijen Marthen Tandi, SH.MH.

Mengawali kegiatan tersebut Kepala SMA Negeri 1 Airmadidi Cherly Matheus, SPd, MPd dalam pra katanya, mengucapkan selamat datang kepada tim Penyuluh Hukum Kejati Sulut yang telah memilih SMA Negeri 1 Airmadidi sebagai Sekolah tempat dilaksanakannya kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini, tentunya sebagai Kepala Sekolah sangat berterima Kasih kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sulut, dan berharap agar para siswa dapat memperhatikan dan mendengar materi hukum yang akan disampaikan oleh bapak-bapak Jaksa.

Dia juga berharap lewat kegiatan ini, para siswa siswi tidak akan melakukan hal yang melanggar hukum karena sudah memahami aturan hukum yang akan disampaikan oleh Bapak Jaksa sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Peran Kejaksaan RI dalam Penegakan Hukum di Indonesia menjadi topik pembahasan dalam materi Penyuluhan dan Penerangan Hukum Jaksa Masuk Sekolah.

Di Awal paparannya, Kasi Penkum menjelaskan tentang Pengertian dan ciri-ciri dari Negara Hukum sebagaimana pendapat Ahli Hukum A.V. Dicey.

"Dimana dijelaskan Kasi Penkum, bahwa Negara Hukum memiliki ciri-ciri antara lain, Supremacy Of Law, yang artinya tidak boleh ada kesewenang-wenangan sehingga seseorang hanya dapat dihukum jika melanggar aturan, Equality Before The Law adanya kedudukan yang sama didepan hukum dan terjaminya Human Rihgts, ujar Kasi Penkum.

Pelaksanaan JMS ini menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan melakukan tes suhu tubuh, cuci tangan sebelum masuk tempat kegiatan, serta memastikan bahwa seluruh peserta telah mendapatkan vaksinasi. Turut hadir dalam kegiatan ini Dra. Stella Mawuntu, M.Pd selaku Wakil Kepsek bidang Kehumasan, serta perwakilan para Guru di SMA Negeri 1 Airmadidi. (**/ARP)

Minut,Sulutnews.com - Jajaran Polres Minahasa Utara (Minut) menerima kunjungan kerja Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno, Selasa (4/10/2022).

Didampingi Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno dan 2 Pejabat Utama Polda, Kapolda Sulut disambut pengalungan bunga oleh Polisi Cilik (Pocil), jajar hormat dan Tarian Kabasaran, di halaman Mapolres Minut.

"Sore hari ini kita bersama di Polres Minut dalam rangka kunjungan kerja rutin ke Polres jajaran," ujar Irjen Pol Mulyatno, saat diwawancara wartawan.

Kunjungan tersebut katanya untuk bersilaturahmi sekaligus memantau pelaksanaan tugas anggota di lapangan.

"Kedatangan kami untuk melihat sejauh mana kesiapan anggota Polri di lapangan, dalam melaksanakan tugas-tugas kedepan," ujarnya.

Salah satunya katanya adalah tugas pengamanan menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang.

"Sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilu 2024, tentunya ini harus betul-betul kita siapkan pengamanannya, baik personel, materil, logistik maupun manajemennya," ujar Irjen Pol Mulyatno.

Ia juga berharap seluruh personel selalu menjaga semangat, kekompakan dan juga menjaga citra Polri di tengah-tengah masyarakat. (**/ARP)

Minut,Sulutnews.com - Untuk yang ke dua kalinya, Ibu Pnt.Daisy Soemampouw SH.,terpilih sebagai Kepala Desa atau Hukum Tua(kumtua)di Wanua Lembean(Dembean)Minahasa Utara(Minut).

Calon kumtua yang juga sebagai petahana dengan nomor urut Dua(2)ini, mendapatkan perolehan suara terbanyak dengan jumlah total 483 suara,mengalahkan calon-calon lain yaitu Ferly Moningka nmr urut 1 yang memperoleh 349 suara dan Grace Karundeng nmr urut 3 yang memperoleh dua(2)suara, dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 904.

Pemilihan berlangsung alot di dua(2) Tempat Pemungutan Suara(TPS) dan perhitungan akhir di TPS Dua(2) yakni Balai Desa Wanua Lembean pada pemilihan serentak pilhut Minut 27 September 2022 kemarin.

Dari Dua(2) TPS yang ada, di TPS 1, nmr urut 1, Ferly Lourens Moningka memperoleh 162 suara, nomor urut Dua(2) Daisy Soemampouw memperoleh 279 suara, nomor urut 3, Grace Lorie Karundeng memperoleh 1 suara dari jumlah pemilih terdaftar 499 dan yang menggunakan hak pilihnya 442, tidak ada kertas suara yg rusak.

Sedang di TPS Dua(2), nomor urut 1 sebanyak 187, nomor urut Dua(2) sebanyak 204, nomor urut 3 meperoleh 1 suara. Kertas suara yang rusak sebanyak 13.

Sesuai prediksi awak media ini pada berita sebelumnya, bahwa kemungkinan Deisy Soemampouw akan memperoleh suara terbanyak dari rakyat Lembean, sudah terlihat pada kampanye putaran terakhirnya yang mendapatkan kesempatan dihari terakhir, terlihat betapa banyaknya masyarakat Wanua Dembean yang datang dengan begitu antusias menyaksikan kampanye Visi-Misinya.

“Kita lihat saja kinerja dan gebrakan-gebrakan yang akan dibuat oleh Ibu Daisy dalam membangun Desaku tercinta ini, mudah-mudahan semua Visi dan Misi yang disampaikan disaat kampanye-kampanyenya dapat terealisasi dengan baik dalam kepemimpinannya selama beberapa tahun kedepan”, ujar warga.

Sempat mampir dikantor Desa Lembean, Tripika (Tiga Pimpinan Kecamatan) Kauditan yakni Camat, Kapolsek serta Danramil. Juga turut mengamankan perhelatan pilhut ini, dari Organisasi Masyarakat (Ormas) adat Brigade Manguni Indonesia(BMI) dengan Organisasi Sayapnya(Orsap) Komando Bela Negara(KBN-BMI) I Yayat U Santi.(T.L)

Airmadidi, Sulutnews.com - Pemilihan Hukum Tua (Pilhuk) serentak di 46 desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berlangsung hari ini, Selasa (27/9).

Pilhuk tahun 2022 di Minut itu digelar berdasarkan SK Bupati No.266 Tahun 2022 tentang Desa penyelenggara Pemilihan Hukum Tua Desa (Pilhukdes) Serentak di kabupaten berpenduduk 224.993 jiwa ini.

Dalam surat keputusan Bupati Minut menjelaskan pilhuk dilakukan dengan bertahap dari mulai pendaftaran, pencabutan nomor urut calon, kampanye, pemilihan dan pelantikan.  Hari puncak penyelenggaraan Pilhukdes serentak 46 desa digelar pada hari Selasa 27 September 2022.

Berikut daftar lengkap nama desa penyelenggara Pilhukdes di Kabupaten Minahasa Utara.

Kecamatan Kema

Desa Lansot

Desa Kema I

Desa Kema II

Desa Tontalete

Kecamatan Kauditan

Desa Kauditan II

Desa Kawiley

Desa Kaasar

Desa Lembean

Desa Paslaten

Desa Tumaluntung

Kecamatan Airmadidi

Desa Tanggari

Kecamatan Wori

Desa Kulu

Desa Kima Bajo

Desa Talawaan

Desa Talawaan Atas

Desa Bantik

Deda Darunu

Desa Tinongko

Desa Nain

Desa Tangkasi

Desa Mantehage I

Desa Mantehage II

Desa Mantehage III

Kecamatan Likupang Barat

Desa Maliambao

Desa Paputungan

Desa Tanah Putih

Desa Bulutui

Kecamatan Likupang Timur

Desa Likupang I

Desa Likupang II

Desa Pulisan

Kecamatan Likupang Selatan

Desa Kokole Dua

Desa Paslaten

Desa Batu

Kecamatan Talawaan

Desa Paniki Atas

Desa Talawaan

Desa Warisa

Desa Tumbohon

Desa Winetin

Desa Patokaan

Desa Warisa

Desa Tampung Baru

Desa Paniki Baru

Kecamatan Dimembe

Desa Laikit

Desa Warukapas

Desa Tetey

Desa Wasian

Kecamatan Kalawat

Desa Kuwesa

Desa Kawangkoan

Desa Maumbi

Desa Kaleosan

Demikian daftar lengkap pelaksanaan Pilhuk 46 Desa di Minut yang digelar tanggal 27 September 2022. (yuk)

Minut, Sulutnews.com - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) ke 58 tahun, Calon Hukum Tua (kumtua) nomor dua (2) Desa Lembean Kec.Kauditan Minahasa Utara (Minut) Penatua Daisy Agnitje Sumampouw SH., mendapatkan bagian menyelenggarakan kegiatan kampanye Visi-Misi agar masyarakat desa lebih mengenal calon kumtua(Cakum) desa mereka dengan lebih dekat.

Ditopang oleh suami terkasih Theodorus Lasut SH., yang juga selaku ketua umum (ketum) Relawan Minut (Remiku), Ibu Deisy Sumampouw SH., ingin mewujudkan desa Lembean yang maju, sejahtra dan mandiri melalui pembangunan yang partisipatif dan berkualitas dengan tata kelola pemerintahan yang bersih.

Kegiatan ini diselenggarakan Jumat, 23 September 2022, sangat meriah dengan acara yang diracik sangat apik, diiringi musik kolintang, dengan pengarah acara Jane Watturandang (tante Mien) menampilkan hiburan dari artis-artis lokal Sulut, menampilkan lawakan-lawakan, nyanyian2, game-game dan acara menarik lainnya.

Yang lebih spektakuler lagi dihadirkannya penyanyi lawas nasional era tahun dua ribuan yakni Loela Drakel dengan tembang anyar Anggur Merah.

Seakan tak terbendung lagi banyaknya masyarakat yang datang memeriahkan kegiatan kampanye tersebut.

Kegiatan kampanye diawali dengan ibadah, guna memohon perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, agar acara berjalan lancar dan jika nantinya Tuhan berkehendak Ibu Deisy dapat menjadi kumtua desa Lembean untuk periode thn 2022 sampai 2028.(T.L)

Minut, Sulutnews.com - Kepsek SMA Negeri I Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sherly E Matheuws S.Pd.M.Pd mengatakan, sekolahnya sudah lima kali siswanya lolos ikut Paskibraka ke Istana Negara Jakarta  melaksanakan Upacara Kemerdekaan RI.

"Sebagai Kepsek saya banga karena prestasi siswa siswanya sangat baik terutama bisa lima kali ikut Paskibraka tingkat Nasional dan hadir di Istana ikut Upacara hari Kemerdekaan RI" kata  Kepsek SMA Negeri I Airmadidi Minut Sherly Matheuws kepada Sulutnews.com Selasa (30/8) disekolahnya.

Menurut Kepsek saat HUT Kemerdekaan RI ke- 77 pada 17 Agustus 2022 baru baru ini   di Istana Negara Jakarta ada satu siswa Putri yang ikut Paskibraka Nasional. Dan baru kembali ke sekolah pada Senin (29/8). Tahun depan 2023 pihaknya optimis juga bisa ikut seleksi lagi siswanya dan berharap bisa lolos seleksi." Jadi kami banga dengan prestasi siswa disekolahnya" kata Kepsek. Empat siswa lainnya telah ikut beberapa tahun lalu.

Merdeka Belajar

Dengan siswa sekitar 1.000 lebih termasuk 400 lebih yang baru masuk Kepsek optimis sekolahnya akan terus menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Bahkan bukan hanya dalam Paskibraka melainkan dalam bidang pendidikan lainnya dan olahraga. Kepsek mengatakan kualitas mengajar terus ditingkatkan dengan peningkatan kualitas guru.

Termasuk dalam penerapan kurikulum Merdeka belajar sekolahnya sudah berjalan baik" Tidak ada masalah dengan Merdeka Belajar karena guru guru sudah ikut pelatihan dan bintek" kata Kepsek Sherly.

Untuk sarana penunjang sudah memadai terutama jaringan internet dan ruang kelas yang memadai. Pihaknya kedepan akan melakukan  pembenahan sarana lainnya tergantung  kondisi keuangan dari Diknas Sulut dan Kementrian. Untuk saat ini cukup memadai. Setiap tahun meningkat jumlah siswa yang mendaftar bahkan melebihi qouta. (Fanny)