Minut

Minut (17)

Manado,Sulutnews.com -  Puncak Perayaan Syukur HUT ke-181 Jemaat GMIM Sion Tumaluntung dan HUT ke-51 GMIM Wilayah Minawerot disiarkan secara Virtual dari Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara.

Perayaan berlangsung di Gedung Gereja GMIM Sion Desa Tumaluntung Kabupaten Minahasa Utara (MINUT), Jumat (30/4) sore. Karena pada masa Pandemik Jemaat yang bisa hadir tatapmuka mengikuti ibadah dengan prokes ketat.

Ibadah Syukur dipimpin Ketua Jemaat GMIM Wilayah Minawerot Pendeta Jenny Tangkuman mewakili Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat Sinode GMIM, Pendeta Dr Hein Arina.

Pendeta Jenny Tangkuman mengajak Jemaat GMIM Sion Tumaluntung untuk selalu bersyukur karena HUT ke-181 Jemaat dirangkaikan dengan HUT ke-51 GMIM Wilayah Minawerot sudah pasti akan menjadi berkat dan mujizat. "Usia yang bukan muda lagi karena itu pujilah Tuhan," ajaknya.

Dikesempatan itu digelar pula pemotongan kue ulangtahun. Perayaan ibadah dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Kadis Dukcapil Dan KB Prov Sulut Voura Kumendong, Bupati Minut Joune Ganda,SE, Camat Kauditan Royke Rampengan SPt M.Si, Hukum Tua Desa Tumaluntung Neltje Rolos SPd serta jemaat dan undangan. (yy/tonny)

Manado, Sulutnews.com – Seorang lelaki berinisial CS alias Chris (35) warga Desa Waleo Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara, dilaporkan ke Polres Minahasa Utara (Minut) atas kasus dugaan pencabulan yang dilakukan terhadap seorang anak dibawah umur. 

Tersangka CS kemudian diamankan oleh Tim Resmob Polres Minut pada hari Selasa, 6 April 2021, di wilayah Tondano, berdasarkan Surat Perintah Penangkapan Nomor:SP.Kap/26/IV/2021/RESKRIM.

Sebelumnya, usai melakukan aksinya, tersangka sempat melarikan diri dan bersembunyi di wilayah Tondano Kabupaten Minahasa.

Kejadian kasus pencabulan itu sendiri dilakukan tersangka di rumahnya Kec.Kema, pada hari Senin, 19 Maret 2021 sekitar pukul 16.00 Wita.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan penangkapan terhadap tersangka. “Tersangka sudah diamankan dan dibawa ke Mapolres Minahasa Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujarnya.

Tersangka dikenakan Pasal 82 ayat (1) UU RI no 17 Tahun 2016, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp. 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). (**/Adrian)

Airmadidi, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Minahasa Utara, Joune J.A. Ganda, SE., akhir pekan lalu menyerahkan Surat Keputusan (SK) Tenaga Ahli Bupati (TAB) yang akan membantunya selama masa tugasnya bersama Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung SH., MH.

Dalam daftar yang disampaikan terdapat 18 nama TAB baru yang mendapatkan kepercayaan dalam pemerintah JG-KWL --beritu kedua pemimpin ini akrab disapa saat mereka mengikuti Pilkada serenak Desember 2020 lalu di Kabupaten Minahasa Utara.

Koordinator Tim TAB, DR. Ir. A. Lucky Longdong, MEd., usai penyerahan SK., kepada media ini menjelaskan, bahwa Bupati Joune Ganda mengajak kedelapanbelas TAB baru agar dapat bekerja maksimal, kreatif, dan inovatif sesuai bidangnya masing-masing.

Sebagaimana diketahui, TAB diadakan dengan mempertimbangkan pendidikan formal, keahlian personal pada bidang tertentu, dan pengalaman serta riwayat pekerjaan. Dengan standar ini, para TAB diharapkan bisa memberi masukan dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

"Personil TAB yang baru, tugas khususnya adalah mengembangkan inovasi-inovasi di segala bidang sebagaimana visi misi JG-KWL," kata Longdong, di Kantor Bupati Minahasa Utara, akhir pekan lalu.

Ditambahkan Longdong, pemerintahan Joune Ganda meyakini 18 personal TAB yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidang tertentu dengan spesefikasi latar belakang keilmuan juga pengalaman variatif ini, akan bekerja sesuai kompetensinya sekaligus dapat memberikan gagasan terbaiknya dalam percepatan pembangunan di Minahasa Utara. Dengan begitu, Kabupaten Minahasa Utara bisa mendapatkan cara baru mengejar ketertinggalannya.

 “Pemerintahan Joune Ganda berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sangat meyakini bahwa dengan gagasan kreatif penuh inovasi, dapat memberi perubahan mendasar di Kabupaten Minahasa Utara ke arah yang lebih maju, berdaya saing dan bisa setara dengan kota-kabupaten lainnya di Indonesia,” kata Longdong meneruskan harapan Bupati Joune Ganda.

Sesuai Perbup No. 8 tersebut disebutkan, bahwa dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Bupati, maka perlu didukung TAB. TAB berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati. TAB Minahasa Utara melaksanakan tugas tertentu yang diberikan Bupati dan Wakil Bupati di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi perangkat daerah.

TAB bertanggung jawab atas kebenaran dan ketepatan pemberian saran serta pertimbangan dalam perumusan kebijakan. Kebenaran dan ketepatan pemberian rekomendasi pemecahan permasalahan.

“Kita bekerja profesional dengan landasan hukum Peraturan Bupati No. 8 Tahun 2021 tentang Tenaga Ahli Bupati,” kunci Longdong.

 

Inilah kedelapanbelas TAB dibawah pemerintahan Bupati Joune Ganda, SE., dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung SH., MH:

  1. Ir. A. Lucky Longdong, MEd., Bidang Pengembangan SDM Unggul
  2. Jantje Rumambi, Bidang Tata Kelola Pemerintahan
  3. Johan Malonda, Bidang Pengembangn SDA Terbarukan
  4. DR Magdalena Wulur, SE., MM., Bidang Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah
  5. Bobby Hamenda, SE., MSi., MintDevt., Bidang Kerjasama Antar Daerah dan Internasional
  6. Boyke Henky Rompas, Bidang Pengembangan Smart Tourism
  7. Louis Carl Schramm, SH. MH., Bidang Advokasi Hukum
  8. Koba Kalengkongan, SH., Bidang Pembinaan Pemuda dan Olah Raga
  9. Jopie J.A. Rory, SH., MH., Bidang Percepatan Investasi dan Promosi
  10. Djemmie Karongkong, S.Sos, MPd., Bidang Komunikasi dan Informasi Publik
  11. Bernadette Longdong, SPd., MPd., Bidang Pendidikan Merdeka Belajar
  12. Sadrak Tairas, Bidang Pengembangan Agribisnis Berkelanjutan
  13. Shandy CH Kaunang, SH., Bidang Pemberdayaan Generasi Milenial
  14. Christian Edison Laotongan, MSi., Bidang Infrastruktur dan Tata Ruang
  15. Pieterson Tasiam, ST., Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman
  16. Sammy Dondokambey, Bidang Pembinaan Agraria
  17. Ruddy Umboh, Bidang Pelestarian Seni dan Budaya Daerah
  18. Patrice Suwu, SE., MM., Bidang Pembinaan PUMD dan Bumdes

(/Mercys)

Himbau Patuhi Prokes dan Jaga Kamtibmas

Likupang, Sulutnews.com – Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran covid-19, Bhabinkamtibmas Likupang Aiptu R. Lalensang bersama Babinsa Likupang Serma Danes Tuwonaung melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama, Kamis (18//3/2021) kemarin.

Kedua petugas dari TNI dan Polri itu memberikan imbauan tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak guna mengantisipasi tertularnya virus covid 19.

Keduanya juga mengingatkan para pelajar agar tidak mengendarai kendaraan bermotor secara ugal-ugalan, apalagi tidak memiliki SIM.

Sementara itu Kapolsek Likupang Iptu Iwan Toani mengatakan, imbauan terus dilakukan setiap harinya kepada warga.

“Mari bersama kita jaga situasi kamtibmas di Likupang ini agar tetap aman dan kondusif, serta bersama mencegah penyebaran virus covid-19,” ujar Iptu Iwan Toani.(Adrian)

Minut,Sulutnews.com- Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan, Polsek Airmadidi terus meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan.

Tampak dipimpin langsung oleh Kapolsek Airmadidi AKP Mardy FC Tumanduk, SH,

Operasi Yustisi kali ini menyasar sejumlah pusat pertokoan dan kawasan pemukiman yang terkenal di wilayah Kecamatan Airmadidi, Kamis (18/3/2021) siang kemarin.

Alhasil, sejumlah warga pun terjaring dalam pelaksanaan Operasi Yustisi Polsek Airmadidi. Sebagian besar dari mereka tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah. 

Karenanya, tanpa pandang bulu mereka pun diganjar dengan menerapkan teks Pancasila hingga push up dan squat jump.

Kapolsek Airmadidi AKP Mardy FC Tumanduk, SH, mengatakan bahwa Polsek Airmadidi secara tegas akan menegakkan protokol kesehatan demi terciptanya keselamatan bagi masyarakat luas.

“Tanpa meninggalkan sikap humanis, tindakan tegas akan kami berikan bagi para pelanggar protokol kesehatan. Salus Populi Suprema Lex Esto, keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi dan prioritas utama kami, ”tegasnya. (Adrian)

Minut, SulutNews.com - Polres Minahasa Utara  melalui  Polsek Airmadidi terus mengintensifkan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) yang dirangkaikan dengan Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan.

Selain untuk menjamin stabilitas Kamtibmas, hal ini sebagai upaya proaktif Polri dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Dipimpin oleh Ka SPK Aiptu Bambang Sutikno, personel Polsek Airmadidi kemudian menyisir wilayah Kecamatan Airmadidi dan Kalawat, Kamis (11/03/2021) malam.

Dalam kegiatan ini, warga diimbau untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, mulai dari yang tengah beraktifitas di lingkungan pemukiman hingga para pelaku usaha yang masih melakukan aktivitas perekonomian.

Selanjutnya, untuk mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas, para pemuda yang tengah ‘nongkrong’ dan berkerumun pun segera dibubarkan dengan tegas, namun tetap mengedepankan rasa humanis.

Kapolsek Airmadidi AKP Mardy F.C Tumanduk menegaskan bahwa Polsek Airmadidi akan selalu menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat, dengan terus meningkatkan pelaksanaan berbagai kegiatan kepolisian.

“Kami berkomitmen menghadirkan pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.(Adrian)

MINUT,Sulutnews.Com -  Dalam upaya menindak lanjuti aspirasi masyarakat petani  di Sulawesi Utara   yang   mengeluhkan   banyaknya kendala guna peningkatan produktifitas hasil pertanian,   Komisi II DPRD Sulut menggelar kunjungan  kerja  lapangan.   Pada   kunjungan    yang dilaksanakan Selasa (7/3/2021) dan dipimpin langsung  Ketua  Komisi   Pricylia Cindy Wurangian tersebut mengunjungi Gudang Prosesing Benih Jagung JH37  di Desa   Suwaan, Kabupaten Minahasa Utara dan mendapati ada kelompok tani lokal  yang mampu mendistribusikan ratusan ton benih jagung.

“Berkat usaha dan kerja keras proses benih jagung ternyata hanya diproduksi oleh kelompok tani lokal Anugerah dan sudah berhasil mendistribusikan ratusan ton benih ke daerah yang ada di Sulawesi Utara maupun provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia,” Ungkap Wurangian

Juga menurut politisi Partai Golkar ini, keberhasilan kelompok tani Anugerah perlu mendapatka perhatian dalam rangka pengembangan yang lebih besar.“Bukti keberhasilan, perlu mendapat tunjangan yang lebih dari pemerintah, apakah dari APBN maupun dari APBD. Itu untuk menambah fasilitas-fasilitas yang mereka butuhkan,” ujarnya.

Selain di Minut, Komisi II juga melakukan kunjungan kerja ke kelompok tani di Desa Senduk, Minahasa.“Evaluasi penyaluran bibit jagung hibrida tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Sulut, akan terus dilaksanakan agar kebutuhan benih unggul tetap ada” ujar Wurangian. Pada kunjungan tersebut hadir juga Wakil Ketua DPRD Sulut Bictor Mailangkai sebahai koorsinator komiso.(josh tinungki).

Minut, SulutNews.com -- Berhembus kabar sejumlah pendukung petahana Olly Dondokambey-Steven Kandow (ODSK) mulai mengalihkan dukungannya kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan).

Seperti keberadaan Tim Laskar OD Minahasa Utara (Minut) yang telah menyatakan diri mengalihkan dukungan mereka ke pasangan calon (Paslon) CEP-Sehan, sebagai Paslon yang melambangkan kebangkitan rakyat kecil ini.

Kepada wartawan SulutNews.com, pada Kamis (17/9/2020), Fanny Mandagi selaku mantan sekretaris Laskar OD Minut menyatakan dirinya dan sejumlah mantan anggota telah mengalihkan dukungan mereka.

"Dalam Pilkada kali ini, kami mendukung CEP-Sehan bisa meraih kemenangan di Sulut, khususnya di Minut. Kami kecewa pemberian diri kami dalam memenangkan OD di Pilkada lalu seakan-akan tidak dihargai," tukas Mandagi.

"Saya pun saat ini menyatakan diri mendukung Sompie Singal-Jopie Lengkong di Pilkada Minut," katanya.

Bergabungnya Fanny Mandagi dan mantan Laskar OD Minut mendapatkan apresiasi dari pengurus Partai Golkar Sulut, Noldy Pratasis.

"Terima kasih buat Laskar OD Minut yang mau bergabung dengan CEP-Sehan. Bagi saya, rakyat sudah sadar mana yang terbaik, mana yang harus diperjuangkan untuk memimpin Sulut," terang Pratasis, selaku Biro Hubungan Lembaga Politik di Partai Golkar Sulut.

"Rakyat mulai sadar dengan keterpurukan ekonomi di Sulut saat ini. Dimana Kopra dan Cengkih saat ini harganya murah, itulah yang menjadikan banyak masyarakat Sulut mengalihkan dukungan mereka ke CEP-Sehan," tambahnya.

Untuk diketahui, Paslon CEP-Sehan maju bertarung di Pilkada Sulut setelah sebelumnya kedua Paslon ini sukses membangun Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur selama 2 periode.

(TamuraWatung)

Airmadidi, Sulutnews.com - KPU Kabupaten Minahasa Utara (Minut) membuka dan menerima pendaftaran 3 pasangan calon (paslon) usulan partai politik (parpol), sejak dibuka pada Jumat 4 Sepetember 2020 ada satu paslon yang mendaftar pada hari itu, dan pada Sabtu 5 September 2020 tida ada paslon yang melakukan pendaftaran. Untuk jadwal pendaftaran sesuai tahapan yaitu 4-6 September 2020, dan pada Minggu 6 September ada 2 paslon yang mendaftar. Minggu (06/09).

Dalam proses pendaftaran di kantor KPU Minut, diterapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19 dengan ketat. Areal kantor KPU pun di jaga oleh personel Polres Minut secara berlapis, agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

Ketua KPU Minut Stella Runtu bersama jajaran komisioner, terkait penerapan prokes pihaknya terus melakukan imbauan agar tetap disiplin dan di lokasi pendaftaran sudah ada petugas medis dan gugus tugas pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran covid 19.

Paslon pendaftar di hari pertama JG-KWL Calon Bupati dan Wakil Bupati yang didampingi pimpinan partai pengusung diantaranya partai Gerindra, Perindo, PKPI, PBB, PSI dan Demokrat.

Hari kedua pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Minut, situasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) tampak lengang.Sampai batas waktu pendaftaran, pukul 16.00 WITA, tidak ada bakal calon yang mendaftar.

Pendaftar di hari ketiga ada dua pasangan calon. pasangan Drs.Sompie Singal MBA dan Ir. Joppy Lengkong (Kiss Jo) tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut), minggu (6/9/2020). Pasangan dengan Jargon Kiss Jo tiba di kantor KPU menggunakan busana Adat Minahasa ini, mengisi buku tamu pukul 11.37 Wita yang sebelumnya mengikuti pemeriksaan suhu tubuh dan Wajib Menggunakan APD berupa sarung tangan. Ketua KPU Minut Stella Runtu dalam sambutannya menyebutkan pembatasan kehadiran pendukung didalam ruang pendaftaran wajib diterapkan mengingat penerapan protokol kesehatan.

Pukul 16.47 pasangan Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Netty Agnes Pantow (NAP), dihadiri VAP, Sarhan Antili dan LO. Steivy Dacosta selaku LO pasangan SGR NAP dalam ruang confrence pers mengapresiasi pihak penyelenggara dan semua pihak dalam proses pendaftaran SGR NAP.

Sampai hari terakhir, sudah dapat dipastikan tiga bapaslon yang akan bertarung di pilkada serentak kabupaten minahasa utara yang akan berlangsung 9 desember mendatang yaitu JG-KWL, SS-JO dan SGR-NAP.(/MS)

Download File Pengumuman Nomor: 942/PL.02.2-Pu/7106/Kab/VIII/2020

Berdasarkan ketentuan pasal 38 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota,  Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan  Pemilihan  Gubernur  dan  Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 serta Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 Tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, serta Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, maka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara mengumumkan bahwa:

I.  PERSYARATAN PENCALONAN

Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara Nomor 195/PL.03.2Kpt/7106/Kab/VII/2020 tentang Penetapan Persyaratan Pencalonan Untuk Partai Politik Atau Gabungan Partai Politik Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Tahun 2020; Memperoleh Paling Sedikit 6 (enam) Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara atau Memperoleh  Suara  Sah  paling  sedikit  32.406  (tiga puluh dua ribu empat ratus enam) dan berlaku bagi Partai Politik yang  memperoleh  kursi  di  Dewan Perwakilan  Rakyat  Daerah  Kabupaten Minahasa Utara Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019. 

II. TANGGAL DAN WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran Pasangan Calon dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan rincian:

  1. Tanggal   : 4 s/d 6 September 2020.
  2.  Waktu  : 1) Tanggal 4 dan 5 September 2020 pukul 08.00 s.d. 16.00 WITA.  

2) Tanggal 6 September 2020 pukul 08.00 s.d. 24.00 WITA.

III.  TEMPAT PENDAFTARAN

Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara, Jalan Worang By Pass, Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi.

IV. DOKUMEN PERSYARATAN

A.  PERSYARATAN  PENCALONAN

NO. JENIS DOKUMEN
1. Formulir MODEL B-KWK PARPOL
2. Formulir MODEL B.1-KWK PARPOL
3. Keputusan Pimpinan Partai Politik tentang Kepengurusan Partai Politik Tingkat Kabupaten Minahasa Utara.
4. Keputusan Pimpinan Partai Politik tingkat Pusat tentang pengambilalihan  wewenang dalam pendaftaran pasangan calon   Catatan  :  diisi  bagi Pasangan  Calon  yang pendaftarannya  tidak  dilakukan  oleh  Pimpinan Partai  Politik  tingkat  Kabupaten

B.  PERSYARATAN  CALON

NO. JENIS DOKUMEN
1. Formulir MODEL BB.1-KWK
2. Formulir MODEL BB.2-KWK
3. Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.
4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik
5.

Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal Calon yang menyatakan bahwa :

  1. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap
  2. Tidak sedang memiliki tanggungan hutang secara perseorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara
6. Surat  keterangan  catatan  kepolisian  yang  menerangkan  Bakal  Calon pernah/tidak pernah melakukan perbuatan tercela dari Kepolisian.
7. Surat  tanda  terima  penyerahan  laporan  harta  kekayaan  penyelenggara  negara dari instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara
8. Surat  keterangan  tidak  sedang  dinyatakan  pailit  berdasarkan  putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dari pengadilan niaga atau pengadilan tinggi yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal calon
9.

Dokumen  yang  dikeluarkan  oleh  Kantor  Pelayanan  Pajak  tempat  calon  yang bersangkutan terdaftar sebagai wajib pajak:  

  1. Fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama calon;
  2. Tanda  terima  penyampaian  Surat  Pemberitahuan  Tahunan  Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi atas nama bakal calon, untuk masa 5 (lima) tahun terakhir atau sejak calon menjadi wajib pajak; dan
  3. Tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak
10. Surat  keterangan  tidak  pernah  sebagai  terpidana  berdasarkan  putusan pengadilan  yang  telah  berkekuatan  hukum  tetap  karena  melakukan  tindak pidana  yang  diancam  dengan  pidana  penjara  5  (lima)  tahun  atau  lebih  dari pengadilan negeri yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal calon
11.

Bagi Bakal Calon yang berstatus sebagai Terpidana yang tidak menjalani pidana di dalam penjara:

  1. Bukti iklan Pengumuman di media massa harian lokal  sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers 
  2. Surat dari pemimpin redaksi media massa harian lokal sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers;
  3. Salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  4. Surat keterangan dari kejaksaan  yang menerangkan bahwa terpidana tidak menjalani pidana dalam penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap
12.

Bagi Bakal Calon yang berstatus sebagai Mantan Terpidana :

  1. Bukti iklan pengumuman di media massa harian lokal  sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers ;
  2. Surat dari pemimpin redaksi media massa harian lokal sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers.
  3. Salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap
  4. Surat keterangan telah selesai menjalani pidana penjara dari kepala Lembaga permasyarakatan.
  5. surat  keterangan  telah  selesai  menjalani  pembebasan  bersyarat,  cuti bersyarat  atau  cuti  menjelang  bebas  dari  kepala  lembaga  pemasyarakatan, dalam hal bakal calon mendapat pembebasan bersyarat, cuti bersyarat atau cuti menjelang bebas. 
     
13. Surat  keterangan  yang  menyatakan  bahwa  Bakal  Calon  yang  bersangkutan bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang-ulang dari Kepolisian bagi Bakal Calon yang berstatus sebagai Terpidana atau Mantan Terpidana.
14. Keputusan  pemberhentian  sebagai  penjabat  Gubernur,  penjabat  Bupati  atau penjabat Walikota bagi calon yang berstatus sebagai penjabat Gubernur, penjabat Bupati atau penjabat Walikota
15. Keputusan  pemberhentian  dari  pejabat  yang  berwenang  apabila  Calon  adalah Anggota  KPU,  KPU  Provinsi/KIP  Aceh,  KPU/KIP  Kabupaten/Kota,  Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota.
16. Surat  keterangan  dokter  yang  merawat  pemakai  narkotika  yang  bersangkutan bagi Bakal Calon Pemakai Narkotika karena alasan kesehatan
17. Surat  keterangan  dari  institusi  penerima  wajib  lapor  yang  menyatakan  bakal calon  yang  bersangkutan  telah  melaporkan  diri  dan  selesai  menjalani  proses rehabilitasi  bagi  Mantan  pemakai  narkotika  yang  karena  kesadarannya  sendiri melaporkan diri dan telah selesai menjalani proses rehabilitasi.
18.

Bagi Mantan pemakai narkotika yang terbukti sebagai korban yang berdasarkan penetapan/ putusan pengadilan diperintahkan untuk menjalani rehabilitasi dan telah dinyatakan selesai menjalani proses rehabilitasi:

  1. Salinan penetapan/ putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap; dan
  2. Surat Keterangan dari Institusi Penerima Wajib Lapor yang menyatakan bakal calon telah selesai menjalani proses rehabilitasi.
19.

Pasfoto Terbaru, dengan ketentuan:

  1. foto berwarna  ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar;
  2. foto hitam putih ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar;
  3. foto calon ukuran 10.2 cm x 15.2 cm (4R) sebanyak 2 lembar; dan
  4. Softcopy Foto sebagaimana huruf a, huruf b, dan huruf c.
20.

Dokumen  bagi  bakal  calon  yang  berstatus  sebagai  Anggota  DPR,  DPD,  DPRD, Anggota TNI, Polri, PNS, atau Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota yang mencalonkan diri di daerah lain, serta pejabat atau pegawai  BUMN  atau  BUMD,  serta  Kepala  Desa  dan  perangkat  desa,  adalah sebagai berikut :

  1. Keputusan Pemberhentian  (dapat diserahkan paling lambat 30 hari  sebelum hari pemungutan suara)
  2. Surat Pengajuan Pengunduran diri Bakal Calon yang berstatus sebagaimana dimaksud di atas  atau surat pernyataan berhenti dari jabatan pada BUMN atau BUMD
  3. Tanda  Terima  dari  pejabat  yang  berwenang  atas  penyerahan  surat pengunduran diri atau pernyataan berhenti
  4. Surat keterangan bahwa pengunduran diri atau pernyataan berhenti sedang dalam proses oleh pejabat yang berwenang (dokumen sebagaimana huruf b, huruf c, dan huruf d dapat diserahkan paling  lambat 5 hari sejak penetapan pasangan calon)
21. Hasil Pemeriksaan Kesehatan dari Tim Pemeriksa Kesehatan.

C. DOKUMEN BERSAMA

NO. JENIS DOKUMEN
1. Naskah visi, misi dan program Pasangan Calon mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah yang ditandatangani Pasangan Calon
2. Daftar nama Tim Kampanye tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan/atau kecamatan

Dokumen Persyaratan Pencalonan, Persyaratan Calon dan Dokumen Bersama sebagaimana dimaksud di atas, dibuat dalam 2 (dua) rangkap yaitu 1 (satu) rangkap asli dan 1 (satu) rangkap salinan dan dimasukkan ke dalam map kertas dan ditulis dengan huruf kapital nama Bakal Pasangan Calon dan Partai   Politik   atau   Gabungan   Partai Politik kemudian dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap zat cair.

V.   LAIN-LAIN

  1. Petugas Penghubung/LO Bakal Pasangan wajib membawa surat tugas/mandat yang ditandatangani oleh Bakal Pasangan Calon untuk mengambil ID Card Pendaftaran sehari sebelum Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.
  2. Formulir-formulir Pendaftaran Bakal Pasangan Calon dapat diambil di Helpdesk Pencalonan setiap hari kerja jam 08.00 – 16.00 WITA, di Kantor KPU Kabupaten Minahasa Utara, Jalan Worang By Pass, Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi dan/atau dapat diunduh pada laman KPU Kabupaten Minahasa Utara dengan alamat https://kab-minahasautara.kpu.go.id (Narahubung: Jeane  085299111704) 

Demikian, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.