Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat memberikan sambutan HUT ke-60 PKB Sinode GMIM Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat memberikan sambutan HUT ke-60 PKB Sinode GMIM

Gubernur Olly Dondokambey Berharap PKB GMIM Terus Menjaga Kerukunan dan Persatuan

Written by  Fanny Waworundeng Oct 14, 2022

Minsel, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap semua elemen masyarakat Sulut termasuk warga Gereja didalamnya Pria Kaum Bapa ( PKB) GMIM untuk terus menjaga kerukunan,  kedamaian dan persatuan. Serta harus bekerjasama membangun dan mendukung program Pemerintah daerah dalam berbagai bidang untuk kemajuan daerah Bangsa dan negara." Jadi peran PKB GMIM sangat penting dalam menjaga kerukunan, kedamaian dan persatuan "kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat acara HUT ke-60 Pria Kaum Bapa (PKB) GMIM di Lapangan Sam Ratulangi  Di Motoling 2 Kabupaten Minahasa Selatan ( Minsel) Jumat (14/10).

Ibadah HUT yang dirangkaian dengan Lomba Paduan Suara PKB dan Baca Mazmur  diawali Ibadah yang dipimpin Ketua Sinode GMIM Pdt Dr Hein Arina MTh dihadiri Ketua PKB Sinode GMIM Pnt Ir Maurits Mantiri MM yang juga Walikota Bitung, Bupati Minsel Frangky Wongkar SH MH yang juga sebagai Ketua Panitia,   Forkopinda Sulut, Minsel Ketua WKI Sinode GMIM Pnt Dra Fenny Roring-Lumanauw dan sejumlah Bupati Walikota dan Angota DPR - RI, DPD dan DPRD Sulut dan Kabupaten Minsel. Panglima Yosua GMIM James Sumendap SH MH yang juga Bupati Mitra.

Sementara ribuan angota PKB se-GMIM hadir dalam acara dan juga panji Yosua sekaligus membuat jel jel. Sementara peserta lomba sekitar ratusan kelompok paduan suara dari ratusan Jemaat se - GMIM dan dilaksanakan disejumlah Gereja dibeberapa Jemaat hinga Minggu (16/10) nanti.

Menurut Gubernur mengatakan dengan kita menjaga kerukunan dan kedamaian maka daerah ini banyak investor ingin masuk .Bahkan menurut pak Gubernur beberapa waktu lalu sejumlah investor  dari Singapura datang ke Sulut mereka tertarik melihat kondisi alam dan potensi dengan naik sepeda." Kalau daerah aman dan damai maka Investor masuk akan berdampak positif bagi  pembangunan ekonomi daerah kita" katanya.

Memang selama ini daerah Sulut kerukunan sudah berjalan baik.Kita pertahankan dan tingkatkan. Gubernur mengatakan banyak program pemerintah yang kita laksanakan baik penanganan Covid 19 dan juga pembangunan ekonomi sangat baik. Peran Gereja termasuk PKB sangat baik sehinga penanganan Pandemi mulai membaik. Dan juga Pertumbuhan Ekonomi ( PE) kita mencapai 5,93 persen itu karena juga peran kita semua. Kedepan diharapkan terus berperan karena kebersamaan kita penting mengahapi tantangan sangat berat termasuk masalah harga pangan.

Ba Kobong

Gubernur berharap PKB GMIM untuk mengalakan sektor pertanian dengan menanam atau " Ba Kobong". Ini penting. Memang pangan kita cukup untuk daerah kita tapi kedepan harus kita terus tingkatkan karena pengaruh luar. Lahan kita subur dan luas jadi PKB harus menjadi teladan di Jemaat untuk " Ba Kobong"

PKB GMIM juga harus menjadi pelayan di Jemaat terutama dikeluarga agar harmonis dan rukun dan harus ada komunikasi yang baik. Kalau perlu malam mematikan Hanphon  untuk waktu komunikasi dengan Istri dan anak anak.

Gubernur menyampaikan selamat HUT PKB  GMIM Ke-60  dan dengan lomba paduan suara.diharapkan agar tercipa suasana yang harmonis dengan adanya lomba paduan suara. 

Sementara Ketua PKB Sinode GMIM Pnt Ir Maurits Mantiri MM mengatakan, kegiatan lomba ini bertujuan untuk kebersamaan dan menyalurkan bakat dalam bernyanyi.Pasca Pandemi Covid 19 PKB GMIM sudah melakukan berbagai kegiatan dan program PKB untuk menanam dan yang masih produktif bisa menambah anak karena kekurangan warga Sekolah Mingu dan anak sekolah saat ini.

Ketua Panitia Bupati Minsel Frangky Wongkar SH MH  mengatakan HUT PKB GMIM ke 60 dilaksanakan di Sejumlah Jemaat. Dukungan Jemaat dan semua warga di Motoling sangat besar sehinga sukses acara pembukaan. Pantauan Sulutnews.com hinga Jumat (14/10) malam jam 22.30 wita ratusan Paduan Suara mulai berlombah dibeberapa Gereja.(Fanny)