Jelang HUT RI ke-77, Bawaslu Sulut bersama Komunitas Genesis Patanean, Gelar Turnamen Volly Ball Tewasen Cup 2022.

Written by  Marsel Tiow Jul 25, 2022

Minsel, Sulutnews.com --- Jelang HUT RI ke-77, Pemerintah Desa Tewasen bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut dan kelompok Genesis Pataneyan menggelar Turnamen Volly Ball Tewasen Cup tahun 2022.

Pertandingan Bola Voli Tewasen Cup berlangsung di Desa Tewasen, KecamatanAmurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan.

Saat di temui media selaku Ketua dari kelompok Genesis Pataneyan Jecky Agonta S.pd, mengatakan bahwa  pelaksana kegiatan Trunamen di buat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT RI) Ke-77 Tahun, Yang di sponsori oleh Bawaslu Sulawesi Utara bersama Genesis Pataneyan, dimana Genesis Pataneyan adalah masyarakat desa towasen yang berada di luar desa towasen.

"Kegiatan ini di ikuti oleh 12 tim yang ada, 10 Tim dari Minahasa Selatan dan 2 Tim dari Minahasa tenggara, kegiatan Pembukaan hari ini, Sabtu (23/07/2022) dan nantinya berakhir sampai 17 Agustus, karena lapangan saat ini di laksanakan di oddor, Ujarnya.

Dan untuk Kategori usia Umum bebas, tetapi ada aturan-aturan yang berlaku dalam pertandingan ini. Di tanya keterlibatan Bawaslu ia mengatakan bahwa keterlibatan Bawaslu dalam Kegiatan ini karena desa towasen adalah salah satu desa pengawasan dari Bawaslu.

Di tempat terpisah juga Penjabat Hukum Tua Desa Tewasen, Meyti Pulingkareng menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Sulut dalam hal ini, Ketua Kenly Poluan dan Komunitas Genesis Patanean dan kami pemerintah mendukung penuh kegiatan ini.

"Kami juga sebagai pemerintahan mendukung penuh sportifitas di desa tewasen khusus olahraga, dimana juga pemuda-pemuda yang ada di desa tewasen sangat membantu kegiatan turnamen voli Ball saat ini, ucap Pejabat Hukum tua desa towasen.

Selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Fiber Raco, mewakili Bupati Minsel Franky Donny Wongkar juga mengatakan bahwa dalam kegiatan saat ini kita harus lihat dahulu yang pertama partisipasi masyarakat di bidang olahraga.

"antusias dari masyarakat desa Tewasen dalam pelaksanaan kegiatan olahraga voli Ball ini sangat luar biasa, dan saya berharap nantinya desa ini menjadi desa modern untuk pengembangan olahraga di desa ini, Ucap Kadis Raco.

Bendahara PBVSI Minsel, Elvira Waroka juga mengatakan bahwa terkait pertandingan bola voli ini, adalah salah satu inisiasi dari komunitas Genesis Pataneyan bersama Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Karena desa Towasen sudah di canangkan sebagai desa kampung pengawasan oleh Bawaslu.

Oleh karena itu menindak lanjuti dari kegiatan pengawasan partisipatif di desa towasen saat ini maka kami sangat-sangat mensuport kegiatan olahraga pada malam hari ini, karena nilai-nilai sportifitas, integritas yang di laksanakan oleh komunitas ginesis pertanian dalam pentuk towasen Cap saat ini merupakan nilai-nilai juga yang di junjung oleh Bawaslu dalam pengawasan pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah.

"Untuk itu kami mengharapkan kiranya apa yang sudah di inisiasi oleh desa towasen ini, dalam bentuk towasen Cap serta penanaman pohon, bisa juga di inisiasi oleh 7 desa pengawasan yang tersebar di seluruh provinsi Sulawesi Utara, yang di harapkan nantinya itu bisa berdampak memberikan kesadaran hukum kepada masyarakat memberikan pengetahuan terkait pentingnya pengawasan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum, karena patut kita sadari bersama bahwa kegiatan pemilihan umum itu bukan hanya tugas Bawaslu, dan KPU saja tetapi itu tugas seluruh stakeholder," tegasnya.

Kami sangat mengapresiasi kegiatan pada malam ini, junjung tinggi sportifitas, bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu kita tengakan keadilan pemilu, pungkas Waroka.

Hadir dalam acara pembukaan Turnamen Volly Ball Tewasen Cup” 2022, Kapolres Ketua Umum PBVSI (Kapolres) Minsel AKBP. Bambang Cahyanto, SIK, yang di wakili oleh Kabag Ops Kompol. Rahmad Lantemona, Bendahara PBVSI Minsel, Elvira Waroka, Komisioner Bawaslu Sulut, Pengurus Komunitas Genesis Patanean bersama anggota, Camat Amurang Barat Drs. Hanny Kondoj, Penjabat Hukum Desa Tewasen Meyti Pulingkareng SE, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, BPD dan undangan lainnya.

 (Sel)