Foto : Kakanwil Hukum dan HAM Sulut  Haris Sukamto SH MH Saat meyerahkan bantuan kepada 112 KK Korban abrasi di Amurang Kabupaten Minsel Sabtu (23/7). Foto : Kakanwil Hukum dan HAM Sulut Haris Sukamto SH MH Saat meyerahkan bantuan kepada 112 KK Korban abrasi di Amurang Kabupaten Minsel Sabtu (23/7).

Kakanwil Hukum dan HAM Sulut Serahkan 20 Jenis Bantuan Bagi 112 KK Korban Bencana Abrasi di Amurang

Written by  Fanny Waworundeng Jul 23, 2022

Amurang, Sulutnews.com - Kakanwil Hukum dan HAM Sulut Haris Sukamto SH.MH, menyerahkan 20 jenis bantuan makanan minuman dan keperluan mandi cuci kakus (MCK) serta alat masak dan lainnya untuk 112 Kepala Keluarga ( KK) warga korban bencana alam Abrasi pantai di Amurang Kabupaten Minsel, Sabtu (23/7).

Captiion : Bupati Minsel Frangky Wongkar SH saat meninjau pemukiman sementara untuk 112 warga korban bencana

Penyerahan dilakukan di posko kawasan pemukinan sementara di Desa Uwuran Dua Kecamatan Amurang Kabupaten Minsel. Bantuan diterima posko bidang bencana disaksikan oleh Bupati Minsel Frangky Wongkar SH dan staf.

Sementara Kakanwil didampingi Kepala Imigrasi Manado M Akmal dan  puluhan staf Kanwil Hukum dan HAM yang datang kelokasi dari Manado mengunakan sepeda motor termasuk Kakanwil Hukum dan HAM serta pejabat lainnya.

Foto Kepala Imigrasi M Akmal ( tengah) bersama rombongan Kanwil Hukum dan HAM

Kepedulian

Kakanwil Haris Sukamto disela sela pemberian bantuan kepada Sulutnews.com mengatakan penyerahan bantuan ini berkaitan dengan rangkaian acara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Kementrian Hukum dan HAM 2022. Bantuan  ini juga karena rasa kepedulian jajaran kami untuk warga korban bencana" Jadi kami saling membantu sesama termasuk di Amurang  Kabupaten Minsel yang ditimpa bencana" kata Kakanwil Haris Sukamto yang turut didampingi Kepala Imigrasi Manado M Akmal dan Kalapas Amurang Bpk  Fence.

Dikatakan Sukamto jenis bantuan itu ada 20 jenis bantuan yang kami berikan sesuai kebutuhan para warga korban bencana. Memang  bantuan ini kami berikan sesuai kebutuhan warga.

Haris Sukamto menjelaskan 20 jenis bantuan yang diberikan antara lain  kebutuhan makan seperti 1.867 kg beras, 247 liter minyak goreng, 326 kg gula pa sir,  167 karton mie instan,  296 dos air mineral, 252 Pcs detergen, 316 Pcs sabun mandi, 9  Pcs wajan, 9 Pcs Dandang, 58 baki telur ayam, susu kental manis 50 kaleng, ikan kaleng isi delapan 20 pack, sabun cuci piring 66 Pcs, pasta gigi 66 Pcs, sampooh sachet 66 rancang, wadah air 9 Pcs,  sendok makan 11 lusin, serok pengorengan 7 Pcs, es Krim  500 Pcs dan plastik besar jumbo 23 Pcs. Menurut Sukamto semua jenis bantuan itu sangat dibutuhkan" Karena itu kami langsung bawa karena rasa peduli sesama warga terutama yang terkena bencana, kata Kakanwil yang saat kembali tetap mengunakan motor bersama puluhan staf.

Foto 112 penginapan sementara warga terkena bencana di Amurang Kabupaten Minsel

112 Tempat Tingal

Bupati Minsel Frangky Wongkar SH kepada Sulutnews.com usai penyerahan bantuan mengatakan banga atas bantuan dari Kananwil Hukum dan HAM Sulut." Atas nama Pemkab Minsel dan warga korban bencana menyampaikan terima kasih" kata Bupati Minsel.

Bersamaan dengan itu Bupati Misel juga sudah menyerahkan sekitar 112 tempat tingal sementara kepada warga korban. Kepada Sulutnews.com. Sejumlah warga senang karena Kakanwil Hukum dan HAM memberikan bantuan" Saya senang karena kami memang butuh makan dan minum dan keperluan mandi cuci kakus (MCK)." Kata salah satu Ibu namun engan menyebutkan namanya. Menurut warga korban bencana mereka kemungkinan lama tingal dilokasi pemukiman sementara sekitar 6 bulan .Karena menungu rumah baru selesai dibangun di Desa Romoong Amurang yang akan menjadi tempat tingal selamanya." Kami puas selama ini karena bantuan makan dan minum terus dilakukan" kata warga yang lain namun engan menyebutkan namanya.

Hadir dalam penyerahan 112 peginapan sementara yakni Wakil Bupati Minsel Pdt Petra Rembang, Sekda Minsel Gledy Kawatu SH MSi , Kepala Badan Bencana Sulut Drs Joy Oroh, Kadis PUPR Sulut Alex Watimena,  Kapolresta Minsel AKBP Bambang  dan jajaran Forkopinda Minsel dan Kadis Pendidikan Minsel Arthur Tumipa SE dan pejabat terkait. (/Fanny)