Tori Joseph : BMKG Pasang 3 Alat Deteksi Dini Gempa Bumi dan Tsunami di lokasi Bencana Pantai Amurang

Written by  Marsel Tiow Jun 25, 2022

Minsel, Sulutnews.com -- Pasca Bencana pantai Amurang Pemerintah kabupaten Minahasa selatan (Minsel) terus berupaya melakukan penanganan terkait masalah bencana saat ini. Demikian juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terus berupaya.

Dimana untuk mendeteksi gempa bumi dan tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memasang 3 alat sistem peringatan dini tsunami Dan Gempa Bumi di Lokasi bencana Pantai Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.

Pernyataan tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Tori Joseph SH,MH , saat di temui media, Sabtu (25/06/2022) Malam, mengatakan pemasangan alat tersebut cukup penting, dimana BMKG memasang shelter gempa bumi yang memiliki sensor seismograf untuk mengukur getaran pada permukaan bumi.

“Peralatan terpasang untuk memberikan informasi gerakan ,gempa bumi dan tsunami serta menunjang sistem peringatan Dini, "jelasnya.

Lanjut kaban katakan, Untuk sementara Kabupaten Minahasa Selatan sendiri memiliki lshelter gempa bumi dengan rincian 3 shelter, 3 tempat yang terinstal sensor seismograf, terdapat Dua alat sementara, yang berlokasi di dua lokasi yaitu, Dipantai Amurang lokasi Bencana, dan Satu berlokasi di belakang Kantor Bupati Minahasa Selatan, dan alat yang terpasang memberikan tanda bahaya bila terjadi Gerakan Bumi ( Gempa Bumi ).

Selain ketika terjadi gempa, sehingga langkah penanganan terhadap informasi bencana yang diberikan akan semakin cepat, dan informasi untuk sementara masih lewat BNPB Sambil menunggu Beberapa Alat Yang akan datang Dari Jakarta mudah mudahan setelah tanggap Darurat,” Tutupnya.

 (Sel)