Tinni Runtunuwu Sosok perempuan Minsel dapat penghargaan di bidang sosial budaya Pada Hari Kartini

Written by  Marsel Tiow Apr 25, 2022

Minsel, Sulutnuws.com ---  Prestasi membanggakan yang diraih Tinni Marta Runtunuwu asal desa Karimbow Talikuran, Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, pada peringatan Hari Kartini.

Dimana Tinni Marta Runtunuwu baru saja menerima penghargaan sebagai perempuan berprestasi di bidang sosial budaya utusan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, dan dampingi langsung oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH pada kegiatan yang di gelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, pada Kamis (21/04/2022).

Dimana Tinni menerima penghargaan karena pernah menjadi Pendamping PNPM Generasi Sehat Cerdas di Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahun 2012-2018.

Saat media menemui di rumahnya, Tinni mengatakan bahwa penghargaan itu adalah pemberian dari Tuhan dan mensyukurinya sebagai kasih Tuhan.

"Penghargaan itu sungguh luar biasa bagi pribadi dan keluarga saya. Pekerjaan yang saya lakukan saat itu, memang berkaitan dengan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata Tinni.

Sebagai Fasilitator di Kepulauan Sangihe, Tinni  bertugas memberikan pemahaman kepada masyarakat agar ketika akan melahirkan sebaiknya ditangani oleh tenaga kesehatan.

"Kami di sana banyak memfasilitasi kegiatan Posyandu, memotivasi ibu dan anak agar datang ke Posyandu dan juga berupaya mengurangi Stunting di Kabupaten Sangihe. Juga di bidang Pendidikan, kami berusaha mengurangi anak putus sekolah," ujar Tinni.

Selain bertugas di Kecamatan Tabukan Tengah, Tinni mengaku sempat memberikan pelayanan sampai ke Kepulauan Marore di perbatasan Indonesia-Philipina.

Sementara, Camat Motoling Timur, Syultje Mamarimbing merasa bangga ada warganya berhasil meraih penghargaan diperingatan Hari Kartini Tahun 2022.

"Dirinya pantas menerima penghargaan, karena sempat melayani di perbatasan. Ini menjadi motivasi bagi masyarakat lain, karena walaupun ada di daerah lain, warga Minsel mampu memberikan pelayanan yang baik dan berprestasi," ujar Syultje.

(Sel)