LKS-LU Sapa Lalum Lelema Siap Salurkan Bansos Lansia

Written by  Jan 06, 2022

Minsel, SulutNews.com -- Sejumlah warga lanjut usia (Lansia) di Desa Lelema Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) di penghujung tahun 2021 melakukan pencairan dana bantuan sosial (Bansos) Lansia.

Dana Bansos Lansia yang pencairannya bervariasi ini, disalurkan kepada anggota kelompok Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) Sapa Lalum Desa Lelema.

Informasi yang diterima wartawan SulutNews.com beberapa waktu lalu mendapati bahwa proses pencairan, ada di 2 Bank, yakni BRI dan Mandiri. Nilainya pun mulai 1,6 juta, 1,7 juta dan yang paling banyak kabarnya berkisar di angka 2,3 juta.

Ketua LKS Sapa Lalum Desa Lelema, Deice Walukow-Moga yang dijumpai wartawan di kediamannya menjelaskan kalau yang diusulkan awalnya ada 158 orang, tapi yang lolos baru 58 orang penerima.

"Untuk daftar penerima langsung dari Minaula Kendari, dimana 23 orang di Bank Mandiri, sedangkan 35 orang di BRI. Pencairannya bervariasi, ada 2,035 juta 1,8 juta, 1,7 juta dan 1,6 juta," terangnya.

Dirinya memastikan kalau penyaluran di LKS-LU Sapa Lalum Desa Lelema akan dilakukan dalam bentuk barang.

"Uang yang ditarik dari masing-masing anggota kami kumpulkan untuk nantinya dibelanjakan barang, berupa bahan sembako, lemari, alat dengar, kasur dan lain-lain," kata Deice.

"Di bulan Desember, kami sudah membagikan beras dan telur. Sedangkan bahan lainnya akan dibagi dalam waktu dekat sesuai dengan rencana pembelanjaan yang sudah disusun kelompok dan sesuai permintaan anggota," tambahnya.

Ia menjelaskan, perjalanan panjang pembentukan kelompok LKS-LU Sapa Lalum sudah dimulai dari bulan Maret dan ada beberapa biaya yang diupayakan pengurus seperti biaya transportasi dan Notaris untuk pembuatan akte, pembuatan SIUP, Nomor Daftar dan Surat Domisili.

Di kesempatan terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Selatan, Sofie Sumampow yang ditemui wartawan di ruang kerjanya pada Selasa (4/1/2022) membenarkan ada sejumlah kelompok LKS-LU di Minsel yang mendapatkan bantuan dana bansos.

"Ada 21 dari 23 LKS-LU yang ada di Kabupaten Minsel yang menerima dana bansos yang disalurkan Kementerian Sosial lewat Loka Lansia Minaula Kendari," tukas Sumampow.

Dirinya pun berpesan agar penyaluran bahan bantuan dilakukan dengan sebaik-baiknya dan transparan kepada anggota.

(Tamura)