Dipecat Penjabat Hukum Tua, 12 Perangkat Desa Sinisir Menang di PTUN Manado

Written by  Nov 04, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado mengabulkan gugatan 12 (dua belas) mantan perangkat Desa Sinisir Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Para mantan perangkat Desa Sinisir ini, selama proses persidangan di PTUN Manado, diwakili serta didampingi oleh Kuasa Hukum mereka yaitu Wensi Richter, SH dan Supratman Baluntu, SH.

Informasi ini diperoleh wartawan SulutNews.com, dari Wensi Richter, SH, salah seorang pengacara yang mendampingi para perangkat Desa Sinisir, pada Kamis (4/11/2021).

"Gugatan ke-12 perangkat Desa Sinisir dengan Nomor Perkara; 25/G/2021/PTUN. Mdo ini dikabulkan seluruhnya melalui putusan PTUN Manado, pada hari Senin (1/11/2021) secara E Court oleh Mejelis Hakim yang terdiri dari Ketua Majelis Hakim Sri Listiani, SH, Mkn dan anggota Majelis Hakim Ida Faridha, SH dan Warisman Simanjuntak, SH," terang Wensi.

"Majelis Hakim telah memutuskan menyatakan Batal Surat Keputusan Pemberhentian Perangkat Desa Sinisir No : 301 B/SK-PPD/DS/V-2021 tanggal 11 Mei 2021 yang diterbitkan oleh Hukum Tua Desa Sinisir," katanya.

Ia pun menjelaskan Majelis Hakim juga dalam putusannya mewajibkan Tergugat Penjabat Hukum Tua Desa Sinisir untuk mencabut Surat Keputusan pemberhentian perangkat Desa Sinisir tersebut serta mewajibkan Tergugat Penjabat Hukum Tua Desa Sinisir untuk merehabilitasi kedudukan, harkat dan martabat para penggugat, para mantan perangkat Desa Sinisir.

"Saya menghimbau kepada para Penjabat Hukum Tua ataupun para Hukum Tua agar tidak sewenang-wenang dalam memberhentikan perangkat Desa dan selalu memperhatikan dan memahami peraturan perundangan yang berlaku dalam mengambil keputusan sebelum memberhentikan perangkat desa," ujar Wensi.

Di kesempatan terpisah, Viska Tumipa (mantan Prades Sinisir) saat dihubungi wartawan lewat telepon membenarkan telah menerima putusan ini.

"Kami telah dikirimkan file-nya lewat e-mail terhadap hasil keputusan ini. Saat ini kami menunggu selama 14 hari, sebelum menindaklanjuti putusan," tukasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan, Efer Poluakan saat dijumpai di kantornya berpendapat pihaknya akan melihat dulu apa yang menjadi putusan PTUN.

"Saya belum mendapatkan informasi resmi kalau sudah ada putusan PTUN, apakah pengacara mereka yang akan datang menyampaikan ke kami ataukah siapa, saya belum tau," ujar Poluakan.

"Kalau harus kembalikan, ya kembalikan. Cuma terserah Hukum Tua, kan kami tidak bisa masuk," pungkasnya.

Untuk diketahui, ada 12 perangkat Desa Sinisir yang menang gugatan di PTUN Manado, yakni:

1. Sekretaris Desa, Steifi J. Palandi

2. Kepala Seksi Pemerintah, Jerry Langkun

3. Kepala Jaga I, Berthin A. Mamahit

4. Staf Jaga 6, Melky J. Manampiring

5. Kepala Urusan Perencanaan, Steven J. Lahe

6. Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, Yanwarius Ponamon

7. Kepala Jaga II, Alboyn Singal

8. Kepala Jaga X, Novie Y. Mamahit

9. Kepala Seksi Pelayanan, Viska M. Tumipa

10. Kepala Urusan Keuangan, Hesry Walean

11. Kepala Jaga IV, Fatly R. Muaya

12. Kepala Jaga III, Theddy J. F. Lahe

(Tamura)