Sejumlah Elemen Masyarakat Gelar Aksi Bersih dan Himbauan Buat Pengguna Jalan

Written by  May 21, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) merupakan daerah utama yang dilalui kendaraan yang melintas di jalan trans Sulawesi.

Namun sayang para pemilik kendaraan yang melintas di jalan ini ternyata masih kurang menyadari akan pentingnya kebersihan dengan membuang sampah sembarangan.

Situasi ini menyebabkan sejumlah masyarakat pecinta lingkungan yang ada di Kabupaten Minsel, yang terdiri dari Manguni Rondor Indonesia, Tagana Indonesia Kabupaten Minahasa Selatan, Mahasiswa, PNS dan Wartawan serta pemerhati lingkungan hidup menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik di ruas Jalan Trans Sulawesi tepatnya di daerah Maruasey, pada Jumat (21/5/2021).

Altin Sialang sebagai inisiator digelarnya kegiatan ini menyampaikan bahwa ini sebagai bentuk kepedulian berbagai elemen masyarakat yang ada di Minsel.

"Kami terpanggil, melihat banyak sekali pengguna jalan yang tanpa melihat kondisi lingkungan, tanpa rasa peduli membuang sampah sembarangan", tutur Sualang.

"Kami berharap kepedulian masyarakat akan kelestarian lingkungan, karena hakim kita saat ini bukanlah hal sekali pakai. Kita mempunyai hak untuk menjaga dan merawat dan kita turunkan kepada anak cucu kita", katanya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Manguni Rondor Indonesia Kabupaten Minsel, Donnie Tutu menyampaikan bahwa Ormas yang dipimpinnya mengapresiasi program Jaga Bumi.

"Kami akan mendukung dan menjaga kelestarian lingkungan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan", ujar Tutu.

Untuk diketahui, kegiatan yang mengambil hastag #JagaBumi dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Giat ini bertujuan mengajak para pengemudi dan pengguna jalan trans Sulawesi untuk tidak membuang sampah sembarangan dari dalam kendaraan.

Selain memunggut sampah di sepanjang jalan daerah Maruasey, aksi ini juga dilakukan dengan memasang sejumlah baliho himbauan.

Berikut sejumlah kalimat keren yang ada di baliho:

"Naik Mobil Keren, Tapi Buang Sampah Sembarangan!! Situ Sehat...?"

"Ngoni Pernah Sekolah? Kiapa Buang Sampah Sembarangan Dang?"

"Torang Samua Berharap Pandemi Covid19 Berakhir. Mar, Kiapa Torang Ndak Brenti Bekeng Kotor Bumi Dang!! Jangan Buang Sampah Sembarangan Kwa Neh"

"Jalan Raya Bukan Tempat Sampah"

Aksi ini akan dilanjutkan secara rutin dan berharap mendapat dukungan nyata dari masyarakat pecinta lingkungan.

(TamuraWatung)