Beri Inspirasi Peduli Lingkungan, Sualang: Turun Tangan, Jangan Cuma Tunjuk Tangan

Written by  May 10, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Aksi bersih-bersih sampah dilakukan oleh pemerintah dan perangkat Desa Munte, Kecamatan Tumpaan di sepanjang jalan trans Sulawesi sebagai pintu masuk Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Senin (10/5/2021).

Kepada wartawan SulutNews.com, saat dihubungi lewat telepon, Hukum Tua Michael Kandou mengatakan aksi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan jalan trans Sulawesi yang melintas di desanya.

"Saya menghimbau kepada para pengguna jalan, untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan", himbauannya.

Ia pun berpendapat dengan menjaga lingkungan tetap bersih, suasana akan semakin nyaman dan indah.

"Ke depan, aksi seperti ini akan kami laksanakan 2 (dua) minggu sekali. Untuk terus menjaga kebersihan lingkungan di jalan trans Sulawesi", ungkap Kandou.

Aksi ini, ternyata mendapatkan dukungan dari Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minsel, Altin Sualang. Dimana saat melintas, dirinya yang mengendarai mobil bak terbuka menawarkan untuk mengangkut sampah tersebut ke TPA Minsel.

"Turun tangan, jangan cuma tunjuk tangan. Negeri ini jauh dari beres, jika para pemuda hanya tau memaki bukan beresolusi", kata Sualang.

Dirinya mengaku salut untuk pak Kumtua Munte Michael Kandou dan perangkat desa berinisiatif membersihkan ruas jalan trans Sulawesi.

"Semoga semakin banyak yang sadar, jalan raya bukan tempat sampah. Jaga dan rawat bumi ini, karena hak kita pada bumi bukan hak sekali pakai, tetapi untuk diwariskan pada anak cucu", pesan Sualang. "Jalan raya bukan tempat sampah", pungkasnya.

(TamuraWatung)