Dinas PPA Minahasa Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Written by  Adrianus Pusungunaung Sep 10, 2022

Minahasa,Sulutnews.com - Dalam rangka Mengimplementasikan program perlindungan terhadap anak secara khusus di Kabupaten Minahasa. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Kabupaten Minahasa menggelar Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap anak yang melibatkan para pihak lingkup Daerah  Kabupaten. Kegiatan ini digelar bertempat di kantor Dinas PPA Minahasa, Kelurahan Wewelen Tondano Barat, Jumat (9/9/2022).

Tampak hadir sebagai Pembawa Materi Kepala Dinas PPA Kabupaten Minahasa Dra. Ria Suwarno,  Kanit PPA Polres Minahasa Ipda Yuli Oraile dan Fasilitator PATBM Kupaten Minahasa Ireine Rumagit, SE,M.Si

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PPA Kabupaten Minahasa Dra. Ria Suwarno mengatakan,  dengan digelarnya Kegiatan Sosialisasi ini ia berharap para peserta dapat meningkatkan kepedulian, Apabila ada tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di mana pun berada, serta dapat berperan aktif dalam melakukan  pencegahan dan Penanganan khusus kekerasan terhadap anak.

Apalagi yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini ada dari kepala desa dan lurah atau yang mewakili, “Sehingga saya mengajak mari kita bersama-sama harus  bekerja keras, fokus dan konsisten untuk dapat mencegah kekerasan terhadap anak, serta mewujudkan "Generasi EMAS 2045" berkualitas di Kabupaten Minahasa untuk menjadi kabupaten layak anak, serta mendukung Provinsi layak anak  menuju Indonesia yang layak anak, “Ungkap Suwarno.

Dijelaskan Suwarno, Perkembangan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Minahasa dalam rangka meningkatkan kualitas, dalam kurun waktu 8 bulan dari Januari sampai dengan bulan Agustus terakhir ini, yang cenderung mengalami tren kenaikan adalah pelecehan seksual, penganiayaan terhadap anak dan anak berhadapan dengan hukum sudah sekitar 50-an

"Sementara khusus anak di bawah umur telah semakin diakui sebagai sesuatu yang sangat merusak bagian anak perlindungan anak merupakan sebuah target kita bagaimana kedepan perempuan dan anak benar-benar terlindungi agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik karena anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga dengan baik, Ucap Suwarno.

Selain itu Sambung Suwarno, dalam kenyataannya perempuan juga sering menjadi korban psikis maupun objek perdagangan, sehingga saya minta kepada kita semua yang hadir saat ini dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat luas agar dapat mengurangi menghindarkan segala bentuk gangguan ancaman kekerasan yang menimpa anak, sehingga dengan demikian hak anak dapat bebas dari ancaman, dapat tumbuh dan berkembang sesuai bakat, dan kemampuannya juga dapat terpenuhi, tutup Suwarno. (**/ARP)