Muhammad Sofwan Efendy : Diharapkan Kedepan Semua Kampus PTN Bangun PLTS

Written by  Fanny Waworundeng Jun 10, 2022

Tondano, Sulutnews.com - Direktur Sumberdaya Ditjen Diktiristek Kementrian Pendidikan Nasional dan Ristek  Dr Muhammad Sofwan Efendy M.Ed mengatakan kedepan diharapkan semua Kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bisa membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS). Karena sangat baik dengan adanya PLTS di Kampus- Kampus.

Hal itu dikatakan Dr Muhammad Sofwan saat Ground Breaking PLTS 0,4  WMp di Kampus Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano Kabupaten Minahasa Jumat (10/6).

Hadir dalam acara tersebut  Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Sulut Dr Frangky Manumpil yang mewakili Gubernur Sulut, Rektor Unima Prof Dt Detje Katuuk MPd, Pejabat Bupati Sangihe, dr Rini Tamuntuan dan Juli Sasmiharto Perwakilan dari PLN Sulutenggo, Oky Setiawan dari PT Surya Utama Nuansa (SUN) Energy, Mulyady dari PT Wijaya Karya Energy (Persero) tbk dan para Guru besar dan Mahasiswa dan ratusan undangan.

Menurut Dr Muhammad saat ini baru ke-9 Kampus termasuk di Unima yang dibangun PLTS. Pentingnya dibangun PLTS dikampus karena ini juga akan membantu dosen mahasiswa dan Unima secara keseluruhan. PLTS ini menjadi tempat praktek bagi mahasiswa pada jurusan tertentu." Jadi Mahasiswa dapat teori dan praktek di PLTS" katanya.

Bahkan Dr Muhammad tambahkan bisa saja mengambil beberapa staf di PT Wika Energy dan PT SUN Energi menjadi dosen karena mereka lebih tau prakteknya karena teknis sudah dikuasai karena pengalaman.

Dr Muhammad apresiasi Unima membangun PLTS karena  ini pertama dikampus di Sulut. Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutan yang disampaikan Kadis Penanaman Modal PTSP Sulut Dr Frangky Manumpil mengapresiasi langka Unima membangun PLTS bekerja sama dengan dua perusahaan baik PT Wika Energy dan PT SUN Energi." Ini langkah maju bagi Unima " kata Gubernur.

Menurut Gubernur PLTS  ini akan bermanfaat bagi Unima dan Sulut kedepan  Saat ini ada 550  WM potensi energi listrik sekitar 23 8WM itu dari PLTS. Dr Frangky menambahkan 6Pemda Sulut sangat terbuka untuk investasi dibidang kelistrikan. Banyak kemudahan dalam mengurus listrik.Sementara dari General PT PLN  Suttengo Juli Sasmiharjo mengatakan diwilayah kerjanya ada dua PLTS yakni di Likupang Kabupaten Minahasa 15 MWp dan di Isimu Gorontalo 15 MW.

PLTS itu sangat baik, karena terkait energi baru terbarukan yang memang penting kita lakukan..Sementara Oky  Setiawan dari PT SUN Energy mengatakan sudah 9 Kampus kami bangun PLTS di Indonesia. Bahkan mereka sudah bangun dibeberapa negara termasuk Australia dan Thailand. Senentara Mulyadi dari PT WIKa Energi mengatakan banga atas kerjasama bangun PLTS. (Fanny)

Last modified on Sunday, 12 June 2022 22:29