[Keterangan Foto: Tampak Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis didampingi Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Ircham Effendy saat berada di Kediaman Serda Fredrik Lumowa, Jumat 13 Mei 2022] [Keterangan Foto: Tampak Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis didampingi Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Ircham Effendy saat berada di Kediaman Serda Fredrik Lumowa, Jumat 13 Mei 2022]

Serahkan Bingkisan dari Kasad Dudung, Danrem Mukhlis: Saya Terharu Lihat Kondisi Joana & Jofelin

Written by  Adrianus Pusungunaung May 13, 2022

Minahasa,Sulutnews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis didampingi Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Ircham Effendy kembali mengunjungi tempat kediaman bayi kembar  bernama Joana dan Jofelin Lumowa anak dari Serda Fredrik.

Tiba Pada Pukul 15: 00 Sore di Kelurahan Tataaran Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa, Jumat (13/5/2022).

Sejumlah bingkisan tampak diturunkan dari dalam Kendaraan Dinas milik Danrem.

"Ini ada titipan berupa bingkisan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman,  ucap Danrem Mukhlis sambil menyerahkan bingkisan tersebut.

Kiranya hadiah dari Pak Kasad dapat diterima, "Ucap Danrem sambil mengajak Joana dan Jofelin  untuk  membuka bingkisan tersebut.

"Sontak saja saat bingkisan di buka bayi kembar Joana dan Jofelin langsung melompat - lompat kegirangan.

Ternyata bingkisan yang diberikan oleh Kasad Dudung semuanya berisikan  mainan  dan makanan.

Danrem Mukhlis saat di wawancarai  mengatakan bahwa dirinya secara pribadi sangat terharu melihat kondisi  bayi kembar Joana dan Jofelin yang sudah membaik.

Apa lagi sudah bisa bermain layaknya anak - anak normal yang lain, tuturnya.

Untuk itu kami sampaikan banyak terima kasih kepada Pak Kasad dan Pak Pangdam XIII/ Merdeka yang telah memberikan dukungan kepada bayi kembar Joana dan Jofelin.

Juga kepada 30 orang dokter dan 40 orang Tim medis yang sama - sama telah berjuang memisahkan bayi kembar siam ini lewat operasi saya sampaikan banyak terima kasih, ungkap Danrem Mukhlis sambil berharap agar dimasa pertumbuhannya, bayi kembar Joana dan Jofelin Lumowa boleh bertumbuh sempurna, sehat dan bahagia, tandasnya.

Diketahui sebelumnya Fredrik Lumowa yang merupakan anggota Kodim 1302/Minahasa memiliki bayi kembar siam bernama Joana dan Jofelin Lumowa yang selama dua tahun empat bulan dalam kondisi dempet dan atas inisiatif Pangdam XIII/Merdeka dicarikan solusi pemecahannya  melalui operasi pemisahan pada 21 April 2022 lalu dan dinyatakan berhasil.

Sebelumnya saat kunjungan Kasad ke Kodam XIII/Merdeka, kondisi Joana dan Jofelin yang belum dioperasi dilaporkan Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh kepada Kasad Jenderal Dudung langsung merespons siap membantu operasi pemisahan kedua balita tersebut.

Selanjutnya pelaksanaan operasi pemisahan Joana dan Jofelin dilakukan oleh Tim Dokter RSUP Prof. Kandouw Manado bekerja sama dengan Tim Dokter dari RSPAD Gatot Soebroto.

Penulis: ARP