[Keterangan Foto:  Kegiatan donor darah Lapas IIB Tondano] [Keterangan Foto: Kegiatan donor darah Lapas IIB Tondano]

Gelar Donor Darah, Lapas IIB Tondano Tuai Apresiasi

Written by  Adrianus Pusungunaung May 13, 2022

Minahasa,Sulutnews.com  - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Kanwil Kemenkumham Sulut, menggelar aksi donor darah sebagai wujud kepedulian sosial guna membantu memasok darah untuk Unit Transfusi Darah RSUD Sam Ratulangie Tondano.

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kepedulian jajaran Lapas Tondano kepada masyarakat," kata Kepala Lapas Tondano Margono, A.Md.IP., SH., MH. Kepada awak media, Jumat (13/05/2022)

Dijelaskan Margono, kegiatan donor darah dilakukan atas kerja sama dengan Unit Transfusi Darah RSUD Sam Ratulangi Tondano, yang dilaksanakan di aula Lapas Tondano merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin untuk membantu memasok kebutuhan darah bagi masyarakat melalui Unit Transfusi Darah RSUD Sam Ratulangi Tondano.

"Kami berharap Komitmen ini diharapkan bisa sedikit membantu mengatasi kekurangan darah yang sering dialami RSUD Ratulangi Tondano, ujarnya.

Lanjut dijelaskan Kalapas, Berdasarkan ketentuan, setiap pendonor bisa mendonorkan darahnya setiap tiga bulan jika kondisi mereka dinilai memenuhi syarat.

Sedangkan Untuk Jumlah pendonor darah berjumlah 39 orang dengan hasil  39 kantong darah, dari 39 orang pendonor 2 orang pegawai Lapas dan 37 orang WBP.

Menurutnya Donor darah yang dilakukan secara rutin di Lapas Tondano, juga dirasakan manfaatnya oleh WBP Lapas Tondano, di samping terjaga kesehatannya, WBP juga mendapat Remisi Tambahan dari donor darah. WBP yang melakukan donor darah 4 (empat) kali dalam setahun sebelum hari kemerdekaan 17 Agustus, mendapat  remisi tambahan sebesar 1/2 dari remisi umum pada tahun yang bersangkutan.

"Kami Lapas Tondano selalu berupaya untuk tetap menjaga integritas dan selalu berbenah dalam peningkatan pelayanan terhadap WBP sesuai apa yang di menjadi arahan kepala kantor wilayah kementerian hukum dan HAM Sulawesi Utara Bapak Haris Sukamto, dan selalu berupaya melakukan Kerjasama dengan pihak instansi / pemerintah daerah terkait meningkatkan kualitas pelayanan Pemasyarakatan yang semakin PASTI, sesuai arahan Direktorat jenderal pemasyarakatan Reynhard Silitonga, urai Margono.

Disisi lain, Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Sam Ratulangi Tondano  dr. Novita Roring, menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas Tondano yang telah mendonorkan darahnya kepada masyarakat melalui RSUD RATULANGIE Tondano, pastinya hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan karena setetes darah Anda, nyawa bagi sesama," ujarnya.

Penulis: ARP