[Foto Keterangan: 4 Narapidana Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas  yang mendapat Integrasi dan  Asimilasi di Rumah] [Foto Keterangan: 4 Narapidana Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas yang mendapat Integrasi dan Asimilasi di Rumah]

4 Orang WBP Lapas Tondano Jalani Integrasi dan Asimilasi di Rumah

Written by  Adrianus Pusungunaung May 11, 2022

Minahasa,sulutnews.com- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Kanwil Kemenkumham Sulut, Rabu (11/5/2022) menyerahkan 4 (Empat) orang  Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ke Balai Pemasyarakatan Kelas IIA Manado untuk pembinaan lebih lanjut di luar Lapas.

4 orang  WBP Lapas Tondano yang dikeluarkan  antara lain,  1 orang program Asimilasi di Rumah, 3 orang Program Pembebasan Bersyarat.

Pengeluaran WBP tersebut dari lapas sebagai bentuk pemenuhan hak mereka karena telah menjalani masa pembinaan dengan baik dan memenuhi persyaratan Administratif dan Substantif.

Saat memberikan SK Asimilasi Rumah  dan SK PB kepada 4 orang  WBP. Kepala sub seksi registrasi dan bimbingan kemasyarakatan Lapas Tondano Wendy Meyer Mongdong berpesan, bahwa  program Asimilasi rumah dan Pembebasan Bersyarat ini bukanlah bebas sepenuhnya.

Ada syarat dan ketentuan yang wajib diketahui. bahwa kalian yang mengikuti program ini, ada pihak Bapas, Kepolisian dan masyarakat sekitar yang akan mengawasi.

"Hal yang tidak kalah penting adalah jangan berbuat tindakan yang melanggar hukum dan meresahkan masyarakat, pungkasnya

Disisi lain, Kepala seksi Pembinaan Narapidana / Anak Didik dan kegiatan kerja I Made Budana mengatakan, kami selaku  insan Pemasyarakatan berupaya memberi pelayanan terbaik, memenuhi hak-hak WBP selama mereka memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai apa yang di amanahkan bapak Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto terkait bersama-sama berbenah untuk memaksimalkan pelayanan kepada WBP maupun masyarakat, ucapnya.

Salah seorang WBP yang memperoleh Asimilasi rumah An. Stely Hardi,  menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pembinaan selama berada di Lapas.

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti program ini tanpa pungutan biaya.

"Saya juga berterima kasih atas pembinaan yang telah diberikan kepada kami selama ini.

Saya berharap ilmu yang saya miliki saat ini bisa saya gunakan untuk memperbaiki citra saya saat kembali ke tengah lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Kalapas Tondano Margono, A.Md.IP., SH , MH. menyampaikan, dalam memberi pelayanan maupun program pembinaan kepada WBP, kami berpegang teguh pada 3+1, yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics sesuai apa yang di amanahkan  Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, sebagai strategi lapas Tondano dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pemasyarakatan yang semakin PASTI.

Margono juga mengajak seluruh pejabat Eselon IV, V, JFT dan JFU Lapas Tondano untuk berkomitmen, dalam melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh rasa tanggung jawab yang tinggi, penuh integritas, disiplin dan barakhlak, untuk menjaga marwah institusi, sesuai apa yang di amanahkan bapak Sekjen Kemenkumham Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H harap Margono.

Penulis: ARP