[Keterangan Foto: Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa. [Keterangan Foto: Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa.

DLH Minahasa Dituding "Kongkalikong" Operasional BBM

Written by  Adrianus Apr 27, 2022

Minahasa,Sulutnews.com-Anggaran Bahan Bakar Minyak atau disingkat BBM Jenis Solar di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa diduga telah terjadi kongkalikong.

Bahkan belakang terungkap, ternyata praktik kongkalikong atau kecurangan  ini sudah cuku lama terjadi di Dinas DLH, namun belum pernah tersentuh hukum.

"Apa lagi  anggaran BBM yang bersumber dari APBD untuk DLH terbilang cukup besar.

Sebut saja BBM untuk alat besar jenis Buldoser yang saat ini sudah rusak namun anggaran solarnya per bulan masih keluar, dan praktik ini sudah berjalan selama 2 tahun.

Belum lagi BBM untuk alat besar lainnya, seperti Eksavator yang digunakan di Danau Tondano untuk mengangkat eceng godok.

Ternyata jam kerjanya telah di atur sangat-sangat terbatas, atau hanya beberapa jam saja.

Otomatis penggunaan bahan bakarnya juga terbatas dan tak sesuai dengan anggaran yang ada, ungkap sumber terpercaya yang minta namanya agar tidak disebut.

Beber sumber tersebut, DLH mempunyai 6 alat berat yaitu terdiri dari empat exkavator besar, satu exkavator kecil, dan satu bulldozer yang sudah dua tahun rusak.

Untuk dozer dan satu Eksavator besar  di gunakan di TPA Kulo, sementara sisanya digunakan untuk mengangkat eceng gondok di Danau Tondano.

Sementara pekerjaan didanau setelah disurvei media ini, hanya 2-3 jam sehari, dan kadang tidak ada pekerjaan, urai sumber tersebut yang siap membuktikan sejumlah praktik permainan yang di lakukan oleh DLH Kabupaten Minahasa.

Terkait tudingan (sumber.red) tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Vicky Kaloh saat di konfirmasi media ini, Selasa (26/4/2022) membantah keras bila telah terjadi permainan kongkalikong anggaran untuk operasional BBM di dinas yang di pimpinnya itu.

Itu tidak benar tegas Kaloh,  "cuma tudingan oknum - oknum yang tidak senang dengan DLH Minahasa, saya tau siapa mereka singkatnya.

Penulis: ARP