- Sulutnews.com - https://sulutnews.com -

Kapolda Irjen Pol Yudhiawan Buka Kegiatan Pelatihan Pra Operasi Ketupat Samrat 2024

Manado,Sulutnews.com – Para Kabag Ops, Kasat Samapta dan Kasat Lantas polres/ta jajaran mengikuti pelatihan pra operasi (Latpraops) Ketupat Samrat 2024, di aula Tribrata Polda Sulut, Kamis (28/3/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Yudhiawan, dan dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi dan para PJU Polda.

Menurut Kapolda, Operasi Ketupat Samrat digelar dalam rangka pengamanan perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

“Jelang perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024 telah memberikan dampak terhadap berbagai aspek masyarakat khususnya di Sulawesi Utara yaitu meningkatnya mobilitas masyarakat baik di bidang perdagangan, transportasi dan pembangunan serta pelayanan jasa,” jelasnya.

Hal ini katanya dapat menjadi peluang bahkan kesempatan bagi para kriminal untuk melakukan aksi-aksinya dan pemicu meningkatnya angka kecelakaan baik melalui transportasi darat, laut serta udara.

“Oleh karena itu, kita sebagai aparat negara perlu bekerja ekstra dalam menjalankan tugas sehingga perasaan aman dan nyaman dalam perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024 boleh dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” kata Kapolda.

 

Sebelum pelaksanaan operasi, perlu digelar pelatihan kepada personel yang akan bertugas dalam Operasi Ketupat Samrat nanti.

“Pelatihan ini bertujuan menyamakan pola pikir dan pola tindak, meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel, menyinergikan seluruh personel Polri yang bertugas agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama serta mengevaluasi perlengkapan, apakah masih efektif atau tidak untuk digunakan dalam kegiatan pengamanan Idul Fitri 1445 H,” jelas Irjen Pol Yudhiawan.

Iapun berharap personel dapat memaksimalkan pelatihan tersebut dengan sebaik- baiknya.

“Laksanakan tugas secara profesional dan proporsional serta menjunjung tinggi HAM. Bangun sinergitas dengan stakeholder terkait, hindari arogansi personel di lapangan dengan memberikan arahan sebelum dan setelah pelaksanaan operasi,” pesannya.(*/Merson)

Bersama Rakyat Serdadu Mafia Tanah Gebuk, Gebuk, Gebuk Mafia Tanah di Sulut

Posted By Josh Tinungki On In Manado,Sulut | No Comments

MANADO, Sulutnews.com – Serdadu Mafia Tanah Sulawesi Utara terus melakukan gerakan untuk mengungkap dan memberangus para pelaku mafia tanah di Sulut. Terbukti pada Rabu (27/3/2024) Serdadu Mavia Tanah Sulut menggelar dialog publik dengan Menghadirkan pembicara Rahmad Topik “Gebuk, Gebuk, Gebuk Mafia Tanah di Sulut bertemoat di Hotel Lion Manado.

“Kami sudah mendapatkan dokumen terkait luasan tanah yang tidak sesuai dan peruntukannya kami curigai dan sedang kami pelajar, yang kami duha melibatkan pejabat. Nanti beberapa waktu ke depan akan kami rilis untuk kemudian dilaporkan,” ungkap Risat Sanger Koordinator Serdadu Mavfa Tanah Sulut.

Sementara itu terkait upaya mengungkap dan memberangus para mafia tanah di Sulut, Kepala bidang pengendalian dan penanganan sengketa Kanwil ATR/BPN Sulut Rachmad Nugroho. SH menjelaskan sudah dimulai sejak tahun 2018 dan berkat koordinasi bersama pihak Kepolisian dan Kejaksaan maka sejumlah kasus yang mandek berhasil di tuntaskan.”Terbukti dari target 1 tahun 2023 bisa menuntaskan 3 dan berhasil menuelamatkan kerugian Rp.32 Miliar dengan 7 tersangka,” kata Rachmad.

Dalam mengungkap para mafia tanah di Sulut akan terus dilakukan oleh Serdadu Mafia tanah Sulut dengan tidaj memandang bulu.” Kami berkomitmen untuk terus melakukan gerakan melawan praktek nafia tanah di Sulut,” tegas Richad. Sambil menambahkan akan terus membangun komunikasi aktif dengan penegak hukum.(josh tiningki)

GTI Sulut : E2L Tidak Layak Dipilih Jadi Gubernur Sulut

Posted By Josh Tinungki On In Manado,Sulut | No Comments

MANADO, Sulutnews.com – Munculnya nama Elly Engelbert Lasut (E2L) sebagai Calon Gubernur yang akan bertarung di Pilkada serentak 27 November 2024, dianggap tidak layak karena mantan Narapidana yang saat ini sebagai Bupati di Kabupaten Talaud justru menjadikan Kabupaten yang juga sikenal dengan sebutan Bumi Porodisa tersebut tidak berkembang. Hal ini disampaikan Plt Ketua Garda Tipikor Indonesia (GTI) Sulut, Efan Runtukahu didampingi Jubir Inka Ruru kepada sejumlah wartawan, Rabu (27/03/2024). Menurutnya, praktek korupsi yang mengerogoti APBD diduga melibatkan Bupati menjadi isu yang berhembus kencang di wikayah yang berbatasan langsung dengan negara Piliphina tersebut.

“Bagi kami Sosok E2L tidak layak. Dia mantan Napi, bahkan kepemimpinan E2L di Talaud ada Aroma dugaan korupsi. Dari informasi yang kami terima ada pergeseran anggaran yang diduga dilakukan oleh Bupati Talaud Elly Lasut untuk kepentingan tertentu,” ujar Efan dan Inka.

Dugaan korupsi yang saat ini marak menjadi perbincangan, menjadikan pegiat anti Korupsi ini mendorong dan menantang Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Sulut melakukan audit terhadap APBD Kabupaten Kepulauan Talaud tahun 2023. “Salah satunya adalah anggaran gaji tenaga kesehatan (nakes) yang dialihkan untuk membiayai kegiatan tak sesuai peruntukannya,” ungkap keduanya

Tak hanya BPK, GTI juga mendorong aparat penegak hukum baik Kejati ataupun Polda Sulut untuk melakukan penyelidikan. “Kami tantang Polda dan Kejati Sulut ikut lakukan penyelidikan. Penegak hukum tidak boleh tutup mata akan hal ini,” tegas mereka. (josh tinungki))

Dit Resnarkoba Polda Sultra Musnahkan BB Narkotika Hasil Pengungkapan Periode Januari – Maret 2024

Posted By Muhammad Irwansyah On In Sultra | No Comments

Kendari, SulutNews.com Direktorat Reserse Narkoba (Dit Resnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Kegiatan Pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika yang merupakan Hasil dari Pengungkapan Tujuh (7) Kasus pada Periode Bulan Januari hingga Maret 2024 , Kamis (28/03/2024).

Kegiatan Pemusnahan BB Narkotika ini dipimpin langsung oleh Dir Narkoba AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, SH, S.IK., MH yang turut didampingi oleh Perwakilan Kejaksaan Tinggi Sultra, BNNP Sultra, Pejabat Utama Polda Sultra serta Balai POM Kendari.enis BB Narkotika yang berhasil disita yakni Shabu dan Ekstasi serta Barang Temuan Ganja hasil pengungkapan kami Dit Resnarkoba dan Sat Resnarkoba Polres Kendari, ungkap AKBP Ardiyanto.

Adapun Jenis BB Narkotika yang akan dimusnahkan yakni Shabu dengan berat total 2.717,06 Gram, Ekstasi 465 Butir serta 425 Gram Ganja.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Ardiyanto menyampaikan Pesan dari Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto bahwa Kapolda secara khusus berharap pencapaian Pengungkapan Kasus Narkotika agar dapat terus dipertahankan di Masa yang akan datang sebagai komitmen nyata Polda Sultra dalam menciptakan situasi Kamtibmas.

“Terima kasih kepada Stakeholder dan Masyarakat yang turut membantu dan mendukung Polda Sultra dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya dalam Pemberantasan Narkoba,” pungkas Dir Narkoba.  (*/Muh.Irwansyah)

Kemenag Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1445 H Di Wilayah Bolmut

Posted By Gandhi Goma On In Bolmut | No Comments

Bolmut, Sulutnews.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf menetapkan besaran Zakat Fitrah, Infaq dan Sedekah Tahun 1445 H/2024 M.

Penetapan ini berdasarkan keputusan bersama antara Kemenag dengan Pemerintah Kabupaten Bolmut dalam rapat bersama yang digelar di Kantor Kemenag Bolmut, Selasa (26/03/2024), yang dihadiri oleh Kepala Kantor Idrus Sante, Kepala Bagiam Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Camat Se-Bolmut, Kepala KUA Se-Bolmut, dan ketua Ormas Islam.

Tahun ini ditetapkan Zakat Fitrah dibayarkan berupa makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari, yaitu sebanyak 1 sha’ (2.7 kg) per jiwa.  Namun pembayaran zakat dapat dikonversi dalam bentuk uang dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Beras Kelas I (Premium), Rp. 16.000/kg x 2.7 kg = 43.200
2. Beras Kelas II (Pilihan dan sejenisnya), Rp. 15.000/kg x 2.7 kg = 40.500

Kepala Kantor Kemenag Bolmut Idrus Sante menjelaskan bahan penetapan zakat fitrah ini berdasarkan harga beras di pasaran, sesuai dengan hasil survey yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan  Pangan. 

Demi tertibnya adminitrasi dan pengelolaan dana zakat fitrah ini, pengumpulan zakat hanya dapat dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang memegang Surat Keputusan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bolmut. Dan pengumpulan zakat dilakukan di masjid setempat. GG

Warga Mokdale Meninggal di Toilet Warga Rote Tengah, Ini Kisahnya

Posted By Merson Simbolon On In NTT | No Comments

Rote Ndao,Sulutnews.com – Sebuah kejadian tragis mengguncang keluarga besar tolasik di kelurahan Mokdale, Kabupaten Rote Ndao, ketika Aris Arnoldus Toulasik, seorang karyawan honorer berusia 44 tahun, ditemukan meninggal dunia di toilet rumah seorang tetangga di Kecamatan Rote Tengah. Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu, tanggal 27 Maret 2024.

Kronologis kejadian dimulai sekitar pukul 12.35 Wita, ketika anggota Piket Siaga Polsek Rote Tengah menerima laporan dari Randi Pelloedon, seorang warga sekitar, tentang seorang laki-laki yang tergeletak di lantai ruang tamu rumah Mercy Lorendi Adu, seorang tetangga di Dusun Olalain, Desa Daifadin. Setelah pemeriksaan TKP, polisi memastikan bahwa Aris Arnoldus Toulasik telah meninggal dunia.

Menurut Kapolsek Rote Tengah IPDA Charles Rihi Pati, hasil pemeriksaan medis menyatakan bahwa korban tidak mengalami tanda-tanda kekerasan pada tubuhnya. Keluarga korban telah menerima kematian sebagai takdir, menolak autopsi, dan tidak berniat menuntut pihak manapun terkait peristiwa tersebut.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, diketahui bahwa sebelum kejadian, korban menyampaikan keinginannya untuk pergi ke Pelabuhan Pantai Baru dengan maksud menjemput istrinya yang tiba dengan kapal ASDP. Namun, korban tiba-tiba jatuh di ruang tamu rumah Mercy Lorendi Adu tanpa sebab yang jelas.

Dugaan sementara menyebutkan bahwa kematian korban kemungkinan disebabkan oleh serangan jantung, mengingat riwayat kesehatan korban yang pernah mengalami stroke ringan dan sering mengeluh sakit dada.

Jenazah korban telah dikebumikan di rumahnya di Lingkungan Nusaklain, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Keluarga korban menerima kematian ini sebagai musibah dan telah menyatakan kesediaan untuk tidak menuntut atau melakukan autopsi terhadap jenazah korban.

Kematian mendadak Aris Arnoldus Toulasik menjadi pengingat akan pentingnya kewaspadaan akan kesehatan dan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat di lingkungan sekitar.

Reporter : Dance Henukh

Pemkab Mitra Gelar Pasar Murah di Kecamatan Tombatu Timur

Posted By IR On In Mitra | No Comments

Mitra, Sulutnews.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus berupaya menekan Inflasi dengan menggelar Pasar Murah di kecamatan Tombatu Timur, rabu 27 Maret 2024.

Kepala Disperindagkop Mitra, Helga Mosey mengatakan Pasar Murah kali ini selain dalam rangka bulan suci Ramadhan juga upaya Pemkab Mitra untuk menekan Inflasi dengan menjual bahan pokok seperti beras, minyak dan gula.

” hari sebelumnya juga kami melakukan pasar murah di plaza Ratahan yang di buka langsung Pak Bupati Ronald Sorongan dan hari ini dilanjutkan dikecamatan Tombatu Timur di Masjid At Taqwa Molompar dua Utara dan pasar Murah ini kerja sama pemkab Mitra lewat Disperindagkop bersaama pihak Bulog,” terang Mosey.

lebih lanjut dikatakakan Mosey , Instansi yang dipimpinnya senantiasa menindaklanjuti setiap program dari Pemkab Mitra bahkan program pemerintah Pusat dan Provinsi dalam rangka penanganan inflasi.

 

Polda Sulut Peringati Nuzulul Qur’an 1445 H, Dihadiri Kapolda dan Penceramah Syeikh Muhammad Husein Qadafi

Posted By Merson Simbolon On In Kepolisian,Manado | No Comments

Manado,Sulutnews.com – Polda Sulawesi Utara menggelar peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H di Masjid Nurul Jihad Polda Sulut, Rabu (27/3/2024).

Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan usai Salat Isya, dirangkai dengan Salat Tarawih dan Salat Witir berjamaah ini, dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, para PJU Polda, personel muslim Polda Sulut dan jamaah sekitar, dengan pembawa hikmah Nuzulul Quran, pimpinan Ponpes Al Khalifah Cibubur Syeikh Muhammad Husein Qadafi.

Dalam ceramahnya, Syeikh Husein Qadafi mengatakan Al Qur’an itu adalah sebagai obat ampuh yang dibawa Nabi Muhammad SAW untuk menyembuhkan segala penyakit dan selesaikan masalah.

“Sesungguhnya akhlak Nabi adalah Al Qur’an. Al Qur’an itu maslahat untuk kita. Jadi orang belajar Al Qur’an itu tidak ada kata terlambat. Bacalah Al Qur’an, karena Al Qur’an itu akan menjadi pembela dan penolong kita di Hari Kiamat,” kata Syeikh.

Ia juga mengajak jamaah untuk terus meningkatkan ibadah di sisa Ramadhan ini. “Konsentrasi terus dalam ibadah salat, zikir dan doa, gunakan sebaik mungkin waktu supaya kita mendapatkan karunia di bulan Ramadhan. Mari kita bertobat, serahkan diri kita kepada Allah,” pesannya.

Sementara itu dalam sambutannya, Kapolda Irjen Pol Yudhiawan mengatakan, peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan Pimpinan Polri dan Commander Wish Kapolda Sulut.

“Ini upaya untuk peningkatan profesionalisme anggota untuk melaksanakan tugas selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, dan membangun Polri yang mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab serta berkeadilan yang selalu didambakan oleh masyarakat,” katanya.

Kapolda mengajak momentum Nuzulul Qur’an sebagai momen untuk memperbaiki diri agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Saya mengharapkan kiranya semua pihak senantiasa dapat memelihara keutuhan dan jalinan silahturahmi yang telah kita bangun dan wujudkan selama ini, guna terlaksananya visi dan misi Polri, sebagaimana yang dicanangkan oleh Pimpinan Polri,” pungkas Irjen Pol Yudhiawan.(*/Merson)

Kasdam XIII/Mdk Hadiri Acara Peringatan Nuzulul Quran 1445 H Bersama Prajurit dan Keluarga

Posted By Merson Simbolon On In Manado,TNI | No Comments

Manado,Sulutnews.com – Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si Hadiri acara Peringatan Nuzulul Quran 1445 H bersama Prajurit dan Keluarga yang  dilaksanakan di Masjid Nurul Birri Makodam XIII/Merdeka, Teling Atas, Manado, Sulawesi Utara, seusai salat tarawih. Rabu (27/3/2024).

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka, Mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Quran mengingatkan kembali sejarah turunnya Kitab Suci Al-Quran sebagai mukjizat terbesar dari Nabi Muhammad Saw.

“Oleh karena itu sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah seharusnya jika seluruh umat Islam mampu memaknai peringatan Nuzulul Quran ini secara mendalam, antara lain dengan mem-bumi-kan Al-Quran, misalnya dengan mensyiarkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari secara sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, baik dalam hubungan transendental antara makhluk dengan penciptanya, maupun dalam konteks kehidupan sosial bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelasnya.

“Dengan demikian, tidak berlebihan kiranya jika saya mengharapkan semua umat Islam mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, serta dapat memahami isinya secara utuh, tidak hanya sekedar melalui terjemahan tekstual, melainkan juga tafsir kontekstualnya,” sambungnya.

Di akhir sambutannya Mayjen TNI Candra Wijaya, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Ustadz H. Rizal Kasim, atas waktu dan kesediaannya untuk hadir dan memberi tausiyah kepada Prajurit TNI, PNS beserta keluarga Kodam XIII/Mdk.

Semoga apa yang disampaikan dapat menambah ilmu dan wawasan kami tentang Al-Quran sebagai bekal untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai bahan introspeksi diri atau muhasabah bagi kita semua.

Apresiasi yang sama juga Pangdam tujukan kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur Forkopimda serta Ketua MUI, PHBI dan Tokoh Agama lainnya yang turut memeriahkan acaraPeringatan Nuzulul Quran 1445 H di Masjid Makodam XIII/Merdeka.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Irdam XIII/Merdeka beserta segenap PJU Kodam XIII/Merdeka serta para Prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka.(*/Merson)

Masna Pioh Mewakili Walikota Caroll Senduk Hadiri Serah Terima Administrasi dan Aset Pejabat Sekretariat Daerah Kota Tomohon

Posted By Merson Simbolon On In Tomohon | No Comments

Tomohon,Sulutnews.com – Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Masna J. M. Pioh, S.Sos. menghadiri Serah Terima Administrasi dan Aset Pejabat Sekretariat Daerah Kota Tomohon, bertempat di Ruang Rapat lantai 3 Sekretariat Daerah Kota Tomohon. Rabu,(27/03/2024).

Adapun Serah Terima ini meliputi :

  1. Bagian Kesejahteraan rakyat Setda kota Tomohon : Pejabat lama Drs. G. E. M. Tangkawarouw kepada Pejabat yang baru Fransiskus Ferdinand Lantang S.STP.
  2. Bagian Pemerintahan Setda Kota Tomohon: pejabat yang lama Jureyke Pitoy, S.H., M.Si. kepada pejabat yang baru Nyoman Yosi Andhika Nirmala S.H., M.H.
  3. Bagian Organisasi Setda Kota Tomohon pejabat yang lama Paula Vera Pontoh, S.P., M.A.P. kepada Inggrit Palit S.Pt, M.M.

Sambutan Walikota yang disampaikan Masna Pioh menyampaikan bahwa rotasi merupakan salah satu bentuk pengembangan potensi pegawai yang efektif. Selain berperan sebagai sarana evaluasi, rotasi juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Dengan rotasi, kita dapat mengidentifikasi potensi terbaik dari pegawai dan menempatkannya sesuai dengan potensi yang dimiliki. Selain itu, pegawai juga akan mendapatkan pengetahuan baru yang sesuai dengan potensi mereka.

“Terima kasih kepada Kabag Kesra, Kabag Pemerintahan dan Kabag Ortal yang lama untuk dedikasi dan pengabdian yang sudah di berikan di Sekretariat Daerah Kota Tomohon Tuhan Yesus memberkati”, ujar Masna.

Selamat datang pada Kabag Kesra, Kabag Pemerintahan dan Kabag Ortal yang baru mari kita berkinerja bersama di Sekretariat Daerah Kota Tomohon.

Acara serah terima dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O.D.S Mandagi, M.A.P., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dra. Lili Solang M.M., Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia Ronald Kalesaran, S.E., Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Royke A Roeroe, S.P. dan jajaran Pemkot Tomohon.(*/Merson)